in

Mendulang Emas dari HP Rusak dan Barang Elektronik Bekas Lain, jadi Bisnis yang Menggiurkan

Kandungan logam berharga di dalam produk elektronik

Siapa sangka, di dalam rangkaian komponen elektronik, terdapat logam berharga, seperti emas, tembaga, atau timah. Bahan-bahan logam tersebut digunakan untuk membuat rangkaian elektronik di ponsel maupun perangkat elektronik lainnya.

Emas dari sampah elektronik [sumber gambar]
Sebut saja TV layar datar dan monitor komputer, terdapat logam berharga seperti indium. Selain itu juga terdapat logam antimony dan bismuth, yang juga digunakan untuk membuat perangkat elektronik berteknologi canggih. Lalu tembaga dan timah juga memiliki nilai yang tinggi. Seluruh logam yang ada di perangkat elektronik ini merupakan ladang uang yang sangat berharga.

Cara memanfaatkan elektronik bekas

Daripada kamu membuang barang elektronik yang sudah tidak dipakai, lebih baik kamu berikan ke pengepul limbah elektronik. Dengan cara ini, kamu juga turut membantu menjaga lingkungan dari limbah elektronik yang berbahaya. 

Ilustrasi pengepul sampah elektronik [sumber gambar]
Kamu bisa mengumpulkan elektronik bekas ke komunitas EwasterRJ. Komunitas ini menyediakan tempat khusus sampah elektronik. Nantinya limbah elektronik yang terkumpul akan disalurkan kepada perusahaan pengolah sampah, yang telah tersertifikasi dan memiliki izin operasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Sampah elektronik bisa bikin kaya

Shandra Setiawan merupakan salah satu dari sekian banyak pemburu lempengan berharga dari komponen elektronik bekas. Shandra mengeluarkan emas dari komponen, lalu mengumpulkanya di dalam wadah dengan api yang panas. Unsur-unsur logam berharga akan keluar dari limbah elektronik, seperti emas, bahkan tembaga dan juga perak.

Shandra Setiawan [sumber gambar]
Selanjutnya logam berharga akan direndam dengan larutan kimia netrit. Setelah menggumpal, logam tersebut dijual ke toko-toko emas. Shandra sendiri mengaku jika ia hanya menjualnya kepada langganannya, agar mendapatkan harga pasaran yang tinggi. Bahkan sisa komponen elektronik tersebut pernah diekspor hingga ke China dan Korea.

BACA JUGA: Pemulung Kaya, Cuma Modal Pinset Bisa Dapat Belasan Juta dengan Mengais Emas di Jalan

Berkat pengepul elektronik bekas, masyarakat tidak perlu bersusah payah membuang perangkat elektronik yang sudah rusak. Bagaikan simbiosis mutualisme, keduanya saling memberikan keuntungan. Di satu sisi, limbah elektronik akan berkurang. Di sisi yang lain, para pengepul juga akan mendapatkan komponen elektronik dengan lebih mudah.

Written by Hendra Digital

Viral, Aktor FTV Ganteng Ini Banting Setir jadi Penjual Seblak Kaki Lima

Alexander Hare, Raja Zaman Kolonial yang Doyan Membuat Budak Nusantara jadi Selirnya