in

Sangarnya Harpy, Salah Satu Elang Terbesar yang Wujudnya Bak Monster di Dunia Nyata

Beberapa waktu lalu sempat viral sebuah foto yang menunjukkan gambar seekor elang Harpy. Pada gambar tersebut sang elang nampak begitu besar daripada sejenisnya. Bahkan seorang pria yang duduk di sebelahnya terlihat seperti sama tingginya. Belum lagi cakar-cakarnya yang seolah bisa membawa manusia terbang dengan cengkeramannya.

Meskipun terlihat seperti editan, namun foto-foto mencengangkan soal tubuh elang Harpy yang besar bukanlah hoaks. Ia memang disebut-sebut sebagai salah satu elang paling bongsor di dunia yang masih hidup saat ini. Sayangnya, diketahui ia termasuk hewan yang terancam karena populasinya ternyata tidak terlalu banyak.

Masih penasaran dengan hal-hal sangar terkait hewan ini? Simak ulasan menariknya berikut.

Ukuran tubuh elang Harpy yang bikin geleng-geleng

Ukuran tubuh elang Harpy [sumber gambar]
Hal yang paling menarik tentang hewan ini tentu adalah ukuran tubuhnya yang lebih besar dibanding elang pada umumnya. Diketahui Harpy bisa berbobot sampai sembilan kilogram dengan panjang tubuhnya bisa mencapai satu meter. Hal lain yang tak kalah sangar adalah bentangan sayapnya yang bisa selebar 2 meter. Selain tubuh yang besar, ciri khas lain elang Harpy adalah corak dan kombinasi warnanya yang khas, serta jambul di belakang kepalanya.

Elang besar yang makanannya tidak kecil

Ilustrasi elang Harpy berburu [sumber gambar]

Lantaran ukurannya yang lebih besar, tentu elang Harpy berburunya hewan-hewan yang setara dengan dirinya. Diketahui elang satu ini memangsa hewan yang lumayan besar untuk ukuran elang, seperti monyet hingga kukang. Namun demikian, Harpy juga tetap memangsa makanan-makanan kecil seperti kadal, ular, hingga burung-burung lain yang lebih kecil.

Sang Apex

Elang Harpy sang Apex [sumber gambar]
Harpy merupakan apex di lingkungannya, dalam arti ia adalah pemuncak rantai makanan. Masuk akal kenapa ia jadi yang tertinggi mengingat superioritasnya yang tak ada lawan ini. Harpy adalah predator paling buruk bagi mangsanya. Ia tak hanya besar saja, tapi juga dilengkapi kemampuan mematikan khas elang. Entah untuk kecepatan terbang atau penglihatan super yang fenomenal itu. Walaupun jadi pemuncak, tapi kadang kala Harpy juga bisa diburu oleh kucing-kucing besar. Tapi hal tersebut jarang terjadi mengingat rumah sang elang biasanya adalah di pucuk-pucuk pohon tertinggi.

Harpy kecil pun sudah greget

Elang Harpy dan anaknya [sumber gambar]
Jika Harpy besar begitu menakutkan, lalu bagaimana untuk yang versi kecilnya? Walaupun bayi, elang Harpy bisa dibilang greget. Hal ini tak lain karena perilaku yang disebut Siblicide, alias pembunuhan yang melibatkan kerabat dekat. Umumnya Harpy hanya akan bertelur dua biji saja selama musim kawin, dan hanya satu yang akan sukses jadi dewasa. Lalu bagaimana dengan yang lain? Kemungkinannya dua yakni dibunuh oleh saudaranya sendiri atau orangtuanya.

Termasuk hewan yang terancam punah

Sang elang yang terancam punah [sumber gambar]
Dengan segala hal mencengangkan yang dimilikinya, siapa sangka elang Harpy termasuk spesies yang potensi punahnya besar. Hal tersebut tak lain karena ulah kita sendiri. Selain karena pemburuan, perusakan hutan jadi alasan utama kenapa elang yang berhabitat di Amerika Selatan ini berangsur-angsur sedikit. Ketika hutan dirusak atau dieksploitasi, maka hewan-hewan buruan juga akan berkurang. Hal ini pun berdampak pada kelangsungan hidup sang elang anggun ini.

BACA JUGA: Ngerinya Megabats, Kelelawar Berukuran Raksasa yang Sekilas Mirip Seperti Siluman

Bisa dibayangkan ya betapa sangarnya burung dengan berat sembilan kilogram ini. Namun demikian, sebenarnya ada lho spesies elang yang lebih besar lagi dari Harpy. Namanya adalah Elang Laut Stellar. Beratnya sebenarnya kurang lebih sama dengan Harpy, hanya saja ukuran bentangan sayapnya lebih lebar sedikit yakni sekitar 2,5 meter.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Jadi Single Mother, 5 Artis Ini Sering Diterpa Badai Gosip Miring

Hal-hal Buruk yang Siap Menghantui Donald Trump Saat Nanti Ia Tak Lagi jadi Presiden AS