in

5 Eksperimen Gila yang Hampir Memusnahkan Dunia

Manusia mungkin hanya makhluk biasa setinggi rata-rata 1,7 meter, namun mereka bisa melakukan banyak hal. Ya, berbekal otak cerdas, manusia bisa membuat dunia ini seakan di surga dengan menciptakan perdamaian dan keamanan. Namun di sisi lain, manusia juga bisa berbuat kerusakan fatal yang akibatnya bisa membuat Bumi hancur tak bersisa.

Baca Juga : 5 Bencana Ini Terjadi Andai Serangga Musnah dari Muka Bumi

Perang dan eksperimen adalah hal-hal yang bisa membuat Bumi rusak parah. Perang mungkin hal yang lumrah sebagai penyebab kerusakan walaupun tentu saja hal seharusnya tak terjadi. Namun kalau Bumi hancur lantaran eksperimen sepertinya hal tersebut sangat konyol. Mengingat percobaan biasanya hanya untuk mencari tahu jawaban dari rasa penasaran.

Mirisnya lagi, ternyata eksperimen mematikan tersebut memang pernah dilakukan dan dampaknya luar biasa. Berikut adalah daftar eksperimen yang hampir membuat Bumi ini lenyap.

1. Kola Superdeep Borehole

Pengeboran Bumi mungkin sudah jadi hal yang lumrah untuk beberapa alasan. Misalnya untuk mencari sumber air baru atau tambang. Namun yang dilakukan Rusia ini bukanlah yang seperti itu melainkan lebih gila lagi walaupun sebenarnya alasannya cukup menggelikan. Ya, proyek Kola Superdeep Borehole bertujuan untuk mencari tahu seberapa dalam pengeboran yang bisa dilakukan manusia.

Proyek pengeboran bumi terdalam ini berpotensi memunculkan hal-hal buruk [Image Source]
Proyek pengeboran bumi terdalam ini berpotensi memunculkan hal-hal buruk [Image Source]
Proyek ini dimulai pada tahun 1970an, dan pada tahun 1989 bor mereka sudah mencapai kedalaman 12 ribuan meter. Raihan ini pun jadi pengeboran paling dalam yang pernah dilakukan manusia. Mereka berkeinginan untuk melanjutkan pengeboran ini lagi, setidaknya untuk mencapai lapisan mantel dalam. Sayangnya Bumi bereaksi dengan menciptakan sebuah gaya tekan ke atas yang kuat. Ketakutan, akhirnya pengeboran ini pun dihentikan. Para peneliti khawatir jika akan terjadi sesuatu yang buruk jika mereka meneruskan hal ini.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

6 Benda Kesayangan Tokoh Besar Indonesia yang Konon Menyimpan Kekeramatan

gaya kebule-bulean

5 Tingkah Orang Indonesia yang Ingin Bergaya Kebule-bulean