in

Mengenal Eibenthal, Desa Indah yang Bebas Pencurian Meski Uang Berceceran di Jalan

Selama ini, kasus pencurian merupakan tindak kriminal yang paling banyak terjadi, terutama di Indonesia. Namun, percaya atau tidak ternyata di dunia ini ada area yang sangat bebas pencurian, salah satunya adalah desa yang bernama Eibenthal.

Eibenthal terletak di Pegunungan Banatului di Rumania Barat. Desa kecil yang indah ini dihuni oleh para penduduk etnis Ceko. Nama Eibenthal menjadi tersohor dan dikenal karena keunikannya tentang tak adanya orang yang berani melakukan pencurian. Agar lebih mengenal Eibenthal, simak uraian berikut ya Sahabat Boombastis.

Asal mula dikenal sebagai desa bebas pencurian

Desa Eibenthal [Sumber gambar]
Eibenthal sudah dikenal aman dari pencuri sejak tahun 1996. Karena berada di daerah pegunungan maka mereka biasa menunggu truk roti yang datangnya setiap dua hari sekali untuk membeli makanan tersebut. Hanya saja, ide kemudian muncul untuk menggantungkan tas berisi uang di sisi jalan, sehingga tak perlu menunggutruk roti tiba dan mereka bisa mengerjakan hal lain. Lazimnya, uang yang ditaruh begitu saja akan hilang dan membuka peluang bagi para pencuri. Namun, selama lebih dari 20 tahun belum ada kasus pencurian yang terjadi di desa ini. Hal tersebut seolah tentu menjadikan Eibenthal tersohor dan dikenal oleh banyak orang.

Tak ada kantor polisi dan minimnya terjadi kejahatan

Tas roti yang berisi uang di pinggir jalan [Sumber gambar]
Selain bebas pencurian, desa ini aman dan damai. Penduduknya sangatbisa menghormati dan tidak mengganggu satu sama lain. Keadaan ini membuat tingkat kejahatan sangat rendah. Bahkan Eibenthal tidak memiliki kantor polisi ya karena memang tidak diperlukan. Selain uang yang tak pernah dicuri, garasi yang dibiarkan terbukapun barang berharganya tak akan hilang. Andai saja Indonesia bisa seaman dan makmur seperti yang terjadi di Eibenthal ya Sahabat Boombastis.

Tak berani menginjakkan kaki di pekarangan orang tanpa izin

Kesopanan penduduk Eibenthal terhadap tetangga [Sumber gambar]
Hidup berdampingan dan tak saling mengganggu sepertinya sudah menjadi cirikhas tersendiri yang berlaku di desa ini. Saking hormatnya pada tetangga, menginjakkan kaki dalam pekarangan tetangga saja harus permisi terlebih dahulu. Jika mendapat izin maka mereka akan masuk, sebaliknya saat tak ada jawaban mereka akan pergi. Sang kepala desa, Victor Doscocil mengatakan bahwa ia mengenal penduduknya punya perangai yang sangat baik.

Yap, begitulah seharusnya kedamaian tercipta di antara tetangga. Eibenthal ini membuktikan jika sebenarnya kita bisa hidup berdampingan tanpa harus mengusik dan berbuat hal yang kurang baik.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Bukan Inggris atau Tiongkok, Bangsa Inilah yang Dipercaya Pertama Kali Memainkan Sepak Bola

Mengenang Harry Moekti, Mantan Rocker yang Kisah Hijrahnya Bikin Kamu Tobat Seketika