in

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Akibat Jika Terlalu Sering Pakai Semir Ban Motor

Demi terlihat oke di jalanan, banyak pengendara motor yang rela lakukan perawatan mahal untuk kuda besinya. Mulai dari spion, body dan juga knalpotnya yang dimodifikasi sesuai keinginan hati. Bahkan, bagian bawah juga tak luput untuk diperhatikan. Apalagi kalau bukan tentang ban.

Nah, biasanya para pemilik motor akan menggunakan semir ban. Tujuannya untuk membuat warna ban menjadi kinclong dan lebih hitam. Sehingga roda terlihat keren dan juga enak dipandang mata. Tapi apa Sahabat Boombastis tahu kalau sebenarnya semir ban ini memiliki dampak buruk?

Warnanya akan menjadi lebih kusam dari aslinya

Pada awalnya, warna ban ketika disemir sangatlah bagus. Ia akan menghasilkan warna mengkilap dan lebih hitam dari biasanya. Namun, jika semir digunakan secara berlebih atau terlalu sering akan mengakibatkan dampak buruk bagi ban itu sendiri lho Sahabat Boombastis.

Warna jadi kusam [Sumber Gambar]
Seperti yang dikatakan oleh Jonny Anwar selaku pemilik dari Era Ban Service Station. Menurutnya, ban akan terlihat kusam dan bahkan belang jika tidak rata penggunaannya. Ini disebabkan unsur kimia pada semir memang berbahaya jika digunakan pada roda kendaraan. Sehingga Jonny menuturkan jika pemakaian semir ini hanya boleh dilakukan sesekali saja, jangan terlalu sering.

Ban lebih cepat getas atau mudah retak

Siapa sangka, semir yang kita kira bisa memperindah tampilan ban ternyata punya efek buruk. Salah satunya adalah roda lebih cepat getas atau mudah retak. Hal ini pun juga disampaikan oleh Andreas Aldrin selaku pemilik Rumah Ban Motor.

Ban mudah retak [Sumber Gambar]

Kepada gridoto.com, ia menyebutkan jika ban mudah retak bisa terjadi jika kualitas semir kurang bagus. Oleh karena itu, Andreas menyarankan untuk memilih semir yang mereknya tidak sembarangan. Nah, supaya lebih aman, belilah di toko yang terpercaya atau berkonsultasi dulu kepada ahli otomotif.

Ban menjadi lebih licin daripada biasanya

Efek selanjutnya dari pemakaian semir adalah ban menjadi lebih licin dari biasanya. Menurut Dedi Junaedi selaku salah satu mekanik di Planet Ban Kebayoran, hal ini dapat terjadi ketika si pemilik menggunakan semir dengan asal. Contohnya seperti memakai semir sampai telapak ban.

Motor mudah jatuh [Sumber Gambar]
Padahal, tindakan seperti itu sangat tidak dianjurkan lantaran semir hanya diperuntukkan pada bagian dinding ban saja Sahabat Boombastis. Jika semir diaplikasikan sampai ke telapak ban, maka roda akan kehilangan daya cengkeramnya di jalan. Akibatnya, si pengemudi akan mudah kehilangan keseimbangan dan akhirnya terjatuh.

Jadi, sudah tahu kan apa saja efek dari penggunaan semir ban? Maka dari itu, sebaiknya Sahabat Boombastis tidak terlalu sering menggunakannya. Nah, menurut beberapa ahli, untuk memperindah tampilan ban lebih baik cuci saja memakai sabun colek. Ya meskipun hasilnya tak sebagus semir, tapi ban bisa bertahan lama. Namun, jika kalian masih ingin memakai semir ban, alangkah lebih baik untuk memilih yang kualitasnya bagus. Selain itu, pilih merek semir yang mudah hilang ketika dicuci. Dengan begitu, ban pada motor kalian akan berumur panjang.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Seram! 4 Kisah Misteri di Jalur Kereta Api Ini Bakalan Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Dana White, Pria di Balik Laga Khabib Vs McgGregor yang Kekayaan Mencapai Triliunan