in

Durian, Raja Buah yang Jadi Idola di Indonesia namun Dibenci oleh Para Bule Luar Negeri

Buah durian memang anugerah tersendiri untuk orang Indonesia, pasalnya buah dengan bau dan rasa khas ini dipastikan hanya tumbuh di wilayah Asia Tenggara saja. Bahkan Indonesia pernah disebut sebagai surganya durian. Dari 13 jenis durian yang ada di dunia, 8 di antaranya hidup di bumi kita ini. Tak heran, ketika musimnya tiba, semua orang rela merogoh kocek demi membeli buah berduri ini.

Namun, sudah menjadi hukum alam jika sesuatu yang dicintai pasti ada saja yang membencinya. Di Indonesia sendiri, ada yang tidak begitu menyukai buah legit ini. Lalu bagaimana kalau di negeri orang? Ternyata, respon mereka tambah lucu dan sedikit unik. Nah, untuk mengetahui penyebab mengapa banyak yang membenci durian, simak ulasannya berikut.

Pendapat para bule terkait bau durian yang sangat menyengat

Kalau Saboom semua dimintai pendapat, kira-kira akan berkata apa saat ditanya mengenai bau dari buah durian? Penulis tebak pasti kebanyakan akan menjawab wangi, menggiurkan, atau juga akan ada yang yang bilang manis dan nikmat. Ternyata, pendapat ini sangat bertentangan dengan para bule yang menyamakan durian dengan berbagai bau busuk.

Bule menilai durian sebagai buah berbau busuk [Sumber gambar]
Dalam sebuah ulasan di mediaThe Hufington Post yang bermarkas di Amerika, para bule berpendapat jika bau durian ini sama dengan bau kaos kaki yang sudah lama tidak dicuci alias busuk. Selain itu mereka menyamakannya dengan bau telur busuk, bawang busuk, atau bahkan bau kotoran babi. Sangat luar biasa bukan?

Rasa yang terlalu legit dan menjadi tantangan

Actor sekelas Soong Jong Ki serta beberapa seleb Korea lain bahkan lari terbirit-biritsaat disuruh mencicipi rasa durian. Ya, bisa ditebak apa penyebabnya. Saat mereka sudah berpendapat jika durian memiliki bau yang tak sedap, maka memakannya juga menjadi tidak mungkin bukan. Durian bahkan mendapat predikat sebagai makanan ‘menjijikkan’. Kalau ukuran lidah orang Indonesia tentu menjadi anugerah terbesar yang harus disyukuri jika bisa mencicipi buah super manis satu ini, apalagi kalau diberi secara cuma-cuma alias gratisan, penulis pun tak akan menolak.

Ekspresi saat mau makan durian [Sumber gambar]

Dalam sebuah pendapat di majalah The Guardian pun, kebanyakan para bule memberikan testimoni rasa jika setelah memakan durian napas akan berbau seperti kamu habis mencium mayat nenek-nenek. Setelah makan durian kebanyakan dari mereka juga mengalami mual dan muntah-muntah.

Kejadian unik karena mencium gas durian

Kemarin (29/4/18), sebuah berita mengejutkan datang dari benua tetangga, Australia. Bau durian menghebohkan perpustakaan pusat kota Melbourne, Australia karena sempat diduga sebagai gas beracun yang bocor. Karena hal tersebut, pemadam kebakaran mengevakuasi sejumlah 500 mahasiswa dan dosen yang sedang berada di dalam gedung tersebut. Bau yang diyakini sebagai gas beracun yang bocor dan tercium dari Air Conditioner (AC) gedung tersebut ditelusuri dan dicari tahu asal mulanya. Ternyata oh ternyata, bukan gas bocor, bau menyengat tersebut adalah gas dari durian busuk yang tersimpan di dalam lemari.

Dievakuasi karena bau durian [Sumber gambar]
Tak hanya di Melbourne saja, tahun lalu kejadian yang sama juga terjadi dalam sebuah gedung di Manchester University, England sehingga menyebabkan mereka mnegevakuasi sejumlah orang. Lagi-lagi ternyata bau yang sempat dikira gas beracun berasal dari durian yang tak tau entah dibawa oleh siapa. Sebegitu hebohnya ya bau buah satu ini?

Walaupun doyan, durian memang tidak boleh dikonsumsi berlebihan

Hanya ada dua faktor yang membuat durian diburu oleh para penikmatnya, yaitu bau yang khas dan rasa yang manis. Namun, di balik kenikmatan tersebut durian bisa berbalik membahayakan saat dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terlalu matang. Durian yang sangat matang akan mengandung alkohol yang bisa mendatangkan berbagai penyakit, seperti kolesterol (karena ia banyak mengandung gula), jantung berdebar, memicu obesitas, diabetes, serta membuat lelah pankreas karena kandungan alkoholnya.

Durian bisa berbahaya untuk ibu hamil [Sumber gambar]
Tambahan, bagi ibu hamil, memakan durian juga bisa menyebabkan bahaya hingga bisa membuat kandungan keguguran. Hal tersebut berdasar pada pernyataan dokter kandungan, Benny Marpaung yang mengatakan bahwa durian mengandung gula yang dapat memicu mual dan muntah jika terlalu sering dikonsumsi selama masa kehamilan.

Bagaimana? Ternyata buah yang menjadi idola di Indonesia ini memang banyak dibenci oleh orang asing ya. Menurut mereka, bau dan rasa khas durian malah merupakan hal aneh yang harus dihindari. Nah, kalau Saboom semua adakah yang juga tidak menyukai buah durian?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Dilarang Memotong Obat Sembarangan Kalau Tidak Ingin Hal Buruk Ini Terjadi Padamu

Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Patut Berbangga Hati Jadi Fans Berat Via Vallen