in

5 Dunia Paling Tersembunyi di Bumi ini Akhirnya Ditemukan Manusia

5. Gua Son Doong – Vietnam

Gua Son Doong adalah gua memiliki kedalaman hingga 150 meter dan panjang hingga mencapai 9 kilometer. Kawasan ini ditemukan pertama kali pada tahun 1991, namun baru dieksplorasi pada tahun 2009 oleh sekelompok ilmuwan. Gua Son Doong yang sangat panjang ini memiliki keadaan iklim yang sangat berbeda dengan dunia di luar. Itulah mengapa beberapa tanaman yang ada di sini memiliki ciri fisik dan adaptasi yang berbeda.

Gua Son Doong [image source]
Gua Son Doong [image source]
Gua Son Doong memiliki hutan di dalam serta aliran sungai yang sangat deras. Saat angin bertiup dengan kencang, gua akan seperti bersiul dengan sangat nyaring. Kawasan ini hanya terbuka untuk ilmuwan dan tak dibuka untuk umum. Pemerintah Vietnam tak ingin dunia unik di gua ini akan rusak jika diketahui banyak orang.

BACA JUGA: 5 Preman Paling Ganas di Indonesia ini Telah Ada Sejak Zaman Dahulu Kala

Inilah lima dunia tersembunyi yang akhirnya ditemukan di bumi. Di tempat ini flora dan faunanya sangat unik karena terisolasi selama ribuan hingga jutaan tahun. Menemukan tempat tersembunyi ini sama halnya menemukan surga dunia yang sesungguhnya. Semoga tempat ini terus terawat dan tidak dirusak oleh manusia karena menjadi terkenal.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Rahasia di Balik Penerbangan Fenomenal Yuri Gagarin

5 Fakta Gurkha, Pasukan Bayaran Paling Sangar yang Kiprahnya Mendunia