in

5 Sosok Dubber Indonesia yang Mengisi Suara Kartun Kesukaan Masa Kecilmu Dulu

Bagi generasi tahun 90-an sampai 2000, tentunya kita semua punya kegiatan wajib di hari Minggu. Yap, menonton kartun favorit dari pagi hingga siang menjelang, kadang aktivitas ini bisa membuat anak-anak lupa waktu dan hanya menunggu di depan televisi. Saking akrabnya dengan tayangan tersebut, setiap kita pasti hafal lagunya, hafal tokoh-tokohnya, bahkan punya judul yang enggak bisa terlewatkan.

Sukses mewarnai masa kecil kita, ada nih yang kadang enggak kita tau, yaitu orang-orang di balik kartun itu, sebut saja seperti pengisi suaranya. Di Indonesia sendiri, para dubber ini memegang peranan penting yang membuat sebuah tontonan menjadi hidup. Siapa saja ya kira-kira mereka, dan suara apa yang mereka perankan? Simak sama-sama yuk!

Hana Bahagiana yang mengisi suara Boots

Hana dan Boots [Sumber gambar]
Buat para pecinta Dora The Explorer, kamu pasti sangat mengenal sahabat Dora yang ikut ke manapun ia pergi bukan? Ya, siapa lagi kalau bukan monyet kecil bernama Boots. Boots sangat khas jika berbicara. Hal tersebut jugalah yang membuat sosoknya terngiang-ngiang di benak kita. Nah, walau dalam kartun Dora, si Boots adalah lelaki, pengisi suaranya ternyata seorang perempuan Koh, namanya Hana Bahagiana. Dalam dunia dubber Indonesia, nama Hana cukup terkenal dan diperhitungkan. Dirinya tak hanya menghidupkan Boots saja, tetapi juga menjadi pengisi untuk Kemumaki di Ninja Hatori, Mocha di Minky Momo, bahkan Naruto Uzumaki di Naruto.

Nurhasanah Iskandar yang mengisi Doraemon

Nurhasanah dan Doraemon [Sumber gambar]

Siapa yang enggak kenal dengan kucing biru yang bisa mengabulkan semua permintaan ini? Sewaktu kecil kamu pasti sangat mengidolakan Doraemon atau mungkin bermimpi bisa punya peliharaan yang sama seperti si Nobita. Tapi apakah kamu kenal dengan sosok di balik Doraemon? Dialah Nurhasanah Iskandar. Nurhasanah sudah menjadi sosok ‘Doraemon’ sejak tahun 1993. Sempat berhenti pada tahun 2006, setahun kemudian kembali menemani masa kecil anak-anak yang mencintai Doraemon.

Ade Kurniawan dan Darmawan Susanto sebagai Spongebob dan Patrick

Spongebob dan Patrick [Sumber gambar]
Spongebob dan Patrick, hingga sekarang mereka masih bisa kita jumpai di layar kaca. kedua sosok ini sudah menjadi pengisi suara kartun Spongebob Squarepants sejak tahun 1995. Di balik Spongebob yang konyol ternyata ada sosok Ade Kurniawan yang cerdas dan seorang dubber berbakat. Untuk tokoh Patrick si Bintang Laut, Darmawan Susanto sepertinya merupakan orang yang enggak bisa dipisahkan darinya. Tak hanya suara yang khas saja, Darmawan juga punya tubuh yang mirip dengan sosok gembul Patrick.

Ony Syahrial yang menjadi pengisi suara Shin-chan

Ony dan Shin-chan [Sumber gambar]
Shin-chan adalah sosok lain yang juga lucu dan menggemaskan tetapi juga kadang menjengkelkan. Ony Syahrial terjun ke dunia per-dubbing-an berbarengan dengan Ade Kurniawan dan Darmawan Susanto, sekitar tahun 1990-an. Uniknya, saat berbicara biasa, suara Ony memang sudah sangat mirip dengan suara tokoh Shin-chan ini. Ony kemudian terjun ke dunia intertainment dan masih aktif hingga kini. Salah satu sinetron ikoniknya yang masih diingat hingga kini adalah Tuyul dan Mbak Yul.

BACA JUGA: 5 Film Kartun Minggu Ini Bikin Kangen Masa Kecil

Selain 5 sosok di atas, sebenarnya masih banyak dubber berbakat yang enggak kalah keren. Ada Jessy Milianty yang menjadi Ibu Nobita, atau Ian Syaibani yang hidup dalam sosok P-Man, atau Jumali Prawirorejo yang menjadi Shaggy-nya Scooby Doo. Mereka adalah sosok yang ikut mewarnai masa kecil kita. Berterimakasih-lah karena pernah membuat hari Minggu kita penuh warna dan bahagia.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Melipat Uang untuk Mahar, Siap-siap Bakal Bulan Madu di Penjara

Perankan Tokoh Besar Indonesia, 10 Artis Ini Ngaku Deg-degan Setengah Mati