in

Heboh Isu Gaji dengan Tukang Parkir, Inilah Prestasi Dokter Indonesia yang Diakui Dunia

Ramai pemberitaan pidato Prabowo Subianto yang menyinggung gaji dokter lebih rendah dari tukang parkir, banyak menuai komentar di sana-sini. Yang jadi pertanyaan, benarkah profesi dari tenaga kesehatan itu tidak menjanjikan kesejahteraan bagi para pekerjanya? Padahal, Indonesia nyatanya memiliki talenta-talenta yang bagus di bidang kedokteran.

Tak hanya terkenal, mereka juga dinilai hidup berkecukupan dengan profesinya sebagai dokter. Salah satunya adalah Dr. dr Terawan Agus Putranto yang dikabarkan telah dilirik oleh Jerman berkat teknik cuci otak miliknya. Bukan hanya soal gaji semata, para dokter sukses di bawah ini juga membuktikan bahwa profesi mereka sangatlah menjanjikan.

Dokter Arthur Bing, ahli bedah plastik top Amerika asal Indonesia

Tak banyak sosok ahli kesehatan seperti Arthur Gan Hok Bing di Indonesia. Sosok peraih Palang Merah AS (American Red Cross) sebagai ‘Humanitarian of the Year 2018’ itu, dikenal sebagai sebagai ahli bedah plastik dan filantropis yang sangat dihormati berbagai kalangan. Selain menjadi seorang dokter, nama pria asal Bandung ini diabadikan di sebuah gedung yang disebut Ohio Health Arthur G. H. Bing, MD, Cancer Center. Sayangnya, ia dan istri telah menjadi warga negara AS pada 1975 lewat program naturalisasi. Tak hanya menjadi dokter, Arthur Bing juga menekuni profesi sebagai pengusaha yang aktif di berbagai organisasi.

Keahlian Dr Terawan Agus Putranto yang dilirik Jerman

https://youtu.be/nB1716mfGOw

Nama Dr dr Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) sempat mencuat beberapa waktu lalu lantaran teknik pengobatan miliknya dinilai kontroversial. Laman pojoksatu.id menuliskan, pria yang menjabat sebagai Kepala RSPAD Gatot Subroto itu tengah berada di Jerman. Para pekerja kesehatan di Negeri Hitler tersebut rupanya tertarik dengan keahlian dokter Terawan. Adalah pihak Rumah Sakit Krankenhaus, Nordwest, Jerman, yang mengundang dirinya untuk memperkenalkan metode cuci otak yang menjadi keahliannya.

Prof. Dr. Eka Julianta Wahjoepramono pemegang rekor bedah otak tanpa kematian

Bedah syaraf otak memang sebuah proses kedokteran yang memiliki resiko kematian yang tinggi. Alhasil, tak banyak dokter di dunia yang menguasai hal tersebut. Namun hal tersebut tak berlaku bagi sosok Prof. Dr. Eka Julianta Wahjoepramono, dr., Sp.BS. Sumber tribunnews.com menuliskan, ia berhasil dalam menangani operasi batang otak (Surgery of Brainstem Cavernous Angioma) kepada 50 pasien tanpa menyebabkan kematian. Tentu saja, hal ini merupakan sebuah prestasi yang diakui oleh dunia.

Dr Endang Widiastuti Handzel jadi peneliti kesehatan terbaik di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, Pusat Pengendalian Penyakit Menular atau Center for Disease Control and Prevention (CDC) di Atlanta, Georgia, merupakan tempatnya para peneliti kesehatan terbaik di negeri tersebut. Salah satunya adalah dokter Endang Widiastuti Handzel. Dilansir dari sains.kompas.com, ia telah menjadi karyawan tetap CDC sejak 2012 dan bekerja di bagian Emergency Response and Recovery. Dokter lulusan universitas Atmajaya, Jakarta, ini juga sempat bekerja pada CARE International, World Vision International, dan juga dengan UNICEF.

BACA JUGA: Fakta Dokter Terawan, Penemu Metode Cuci Otak Terhebat yang Malah Dipecat di Negeri Sendiri

Meski besaran gaji adalah ranah pribadi yang menjadi bahasan sensitif, toh sejatinya profesi kedokteran masih menjanjikan di masa depan. Terlepas dengan kelebihan dan kekurangan yang ada, masalah pendapatan sejatinya bisa dirubah atau dinaikkan sesuai regulasi dan perkembangan ekonomi negara. Namun, alangkah baiknya jika kita sebagai masyarakat awam, tidak terus menerus tenggelam pada isu-isu sensitif seperti di atas. jika mau berkaca pada diri sendiri, sudahkah kita memberikan kontribusi pada negara ini?

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Inilah Hal yang Akan Terjadi Jika Debat Capres 2019 Diganti dengan Musyawarah Mufakat

10 Tweet #SambatPilpres2019 Ini Benar-benar Bikin Mau Ketawa Sekaligus Emosi