in

5 Dinosaurus Paling Mematikan ini Bakal Bikin Kamu Bersyukur Gak Hidup di Zaman Mereka

Dinosaurus, makhluh hidup ini sudah punah jutaan tahun yang lalu. Namun, ketertarikan kita, umat manusia, terhadap makhluk yang pernah berkuasa di zaman purbakala itu tak pernah surut. Manusia terus mencari sisa-sisa kejayaan makhluk ini melalui temuan fosil-fosil di berbagai tempat di seluruh dunia.

Semakin banyak temuan yang dihasilkan, semakin banyak pula pertanyaan manusia mengenai hewan yang tergolong ke dalam kelompok reptil ini. Seperti apa rupa asli hewan ini? Bagaimana jika umat manusia hidup di zaman yang sama seperti mereka? Apakah akan berakhir bencana? Apakah manusia akan punah dimangsa?

Sebagian pertanyaan masih harus dikaji secara mendalam, dan sebagian lainnya mulai menemui titik terang. Salah satunya adalah pertanyaan, “Dinosaurus mana yang paling mematikan?” Jika pertanyaan tersebut menjadi salah satu perhatian khusus kamu terhadap makhluk ini, maka kamu dapat menyimak jawabannya dalam daftar di bawah ini.

1. Utahraptor

Utahraptor dikatakan memiliki ukuran tiga kali lebih besar dan lebih kejam ketimbang sepupunya, Velociraptor. Dipersenjatai lengan sepanjang 30 sentimeter lengkap dengan kukunya yang tajam. Belum lagi cakar di kakinya yang panjang dan seolah didesain khusus untuk menendang sekaligus merobek mangsanya.

Utahraptor. [Image Source].
Sama halnya dengan Velociraptor, kemungkinan besar spesies ini juga berburu secara berkelompok. Bayangkan saja seperti sekawanan serigala dengan tinggi mencapai tiga meter dan berbobot 500 kilogram yang memburu mangsa dengan ukuran tubuh berkali-kali lipat dari mereka.

Utahraptor hidup 50 juta tahun lebih dulu ketimbang penerusnya, Velociraptor, yang punya ukuran tubuh lebih kecil, namun lebih cepat darinya.

2. Sarcosuchus

Sarcosuchus adalah dinosaurus purba yang diyakini merupakan kerabat dekat buaya. Tak diragukan lagi bahwa spesies ini merupakan salah satu yang paling mematikan di era jurasik. Boleh dibilang bahwa Sarcosuchus merupakan versi lebih raksasa dan lebih kuat dari buaya yang ada saat ini.

Sarcosuchus. [Image Source].

Ia juga mungkin menjadi buaya yang paling besar yang pernah hidup di planet ini. Fosilnya banyak ditemui di benua Afrika. Panjangnya bisa seukuran sebuah bus dan beratnya bisa mencapai 8 ton. Rusuknya juga bisa seukuran pria dewasa.

3. Velociraptor

Salah satu alasan mengapa Velociraptor duduk di peringkat ini adalah… film Jurassic Park. Adegan paling dikenang dan paling memilukan dari film tersebut adalah adegan di dapur. Spesies ini kuat, cerdas, dan lincah serta yang paling menakutkan adalah mereka kerap kali berburu dalam kelompok.

Velociraptor. [Image Source].
Tingginya seukuran pria dewasa, namun beratnya hanya 15 kilogram. Ilmuwan mengatakan bahwa Velociraptor hidup sekitar 71 hingga 75 juta tahun silam atau pada periode Cretaceous. Fosilnya banyak ditemukan di Cina dan Mongolia.

4. Spinosaurus

Spinosaurus diyakini sebagai karnivora terbesar yang penah hidup. Dinosaurus ini menjadi hewan pemangsa daging yang terbesar dan terpanjang di dunia Jurasik. Ukurannya lebih besar dari Tyrannosaurus Rex. Tingginya mencapai 18 meter dan beratnya mencapai 20 ton.

Spinosaurus. [Image Source].
Dinosaurus ini kurang begitu populer. Mungkin tak banyak sineas yang melibatkannya dalam sebuah film. Namun, hewan ini begitu unik dan sungguh menyeramkan. Salah satu yang spesial dari dirinya adalah semacam punduk bergerigi di punggunya.

5. Tyrannosaurus Rex (T-Rex)

Jika singa adalah raja di hutan, maka T-Rex adalah raja pada zamannya. Memang, ada dinosaurus lain yang lebih besar atau lebih cepat ketimbang dirinya. Namun, T-Rex adalah dinosaurus yang paling mematikan. Ia bisa dibilang merupakan versi besar Velociraptor. Dengan kecepatan yang lincah dan kekuatan yang dahsyat, ia pun dinobatkan sebagai penguasa zaman purba.

Tyrannosaurus Rex. [Image Source].
Tyrannosaurus berarti “tyrant lizard,” atau berarti kadal bengis. Tingginya mencapai 12 meter dan bobotnya mencapai 6 ton. Fosilnya biasa ditemukan di bagian utara Amerika. Tangannya yang kecil jarang digunakan untuk memangsa. Ia biasanya hanya mengandalkan paruhnya yang kuat dan gigi-giginya yang tajam untuk menghabisi mangsa atau lawannya.

Itulah urutan dinosaurus paling mematikan. Mengetahui seperti apa kejamnya hewan purba ini, banyak-banyaklah bersyukur, karena kita tidak hidup di zaman yang sama seperti mereka.

Leave a Reply

Taki Takazawa, Tukang Tato Yakuza yang Berubah Jadi Imam Besar Islam di Jepang

Corot 7b, Planet Luar Tata Surya yang Panasnya Biadab