in

Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Bersamaan dengan Susu, Bisa Bikin Perut Berantakan!

Susu merupakan minuman yang sangat sehat untuk dikonsumsi. Sehingga beberapa orang pasti meminum susu setiap hari bahkan pagi dan malam. Namun, di balik sehatnya susu ada beberapa aturan yang tak boleh untuk dilanggar lho Sahabat Boom. Salah satu aturannya adalah terdapat beberapa makanan yang enggak boleh dikonsumsi bersamaan dengan minuman sehat tersebut.

Nah, oleh karena itu mulai sekarang Sahabat Boom yang suka banget sama susu harus lebih berhati-hati nih. Jangan sembarangan untuk mengkombinasikan susu dengan beberapa makanan. Lalu, apa aja sih makanan yang enggak boleh dikonsumsi bersamaan dengan susu?

1. Susu dicampur buah, bikin protein tidak bisa dicerna

Susu campur buah sangat tidak diperbolehkan [Sumber Gambar]
Makanan yang enggak boleh diminum bersama susu adalah buah. Kenapa begitu? Karena ada zat yang terkandung dalam buah akan mengeras ketika bertemu dengan protein pada susu. Kalau sudah mengeras, maka susu akan semakin sulit dicerna oleh tubuh. Hmm.. sebenarnya mengkonsumsi susu dengan buah sudah sangat sering kita lakukan lho Sahabat Boom. Apa hayo? Yup, minum sup buah. Walaupun rasanya nikmat, itu enggak baik untuk tubuh kita. Pasti enggak mau kan tubuh kita kekurangan protein hanya gara-gara salah kombinasi.

2. Keliatannya enak, susu dengan coklat bisa bikin mules

Coklat tidak boleh dikonsumsi dengan susu [Sumber Gambar]
Minuman susu yang dipadukan dengan makanan manis yaitu coklat rasanya memang enak. Semacam minum susu rasa coklat tapi dengan sensasi yang berbeda. Namun, bagi yang punya kebiasaan mengkombinasi susu dengan coklat lebih baik mulai dihentikan dari sekarang deh. Sebab asam oksalat pada coklat tidak cocok dengan zat kalsium yang terkandung di susu. Kalau mereka dicampurkan, kalsium enggak akan bisa larut Sahabat Boom. Efeknya bisa membuat perut sakit alias diare lho. Selain itu rambut akan mengering dan bisa memperlambat pertumbuhan tubuh.

3. Susu diminum bersamaan dengan daging ikan bikin alergi

Susu tidak boleh diminum setelah atau sebelum makan ikan [Sumber Gambar]
Daging ikan memiliki gizi yang sangat bagus untuk tubuh. Sama halnya dengan susu yang banyak manfaatnya bagi kesehatan badan. Tapi makanan dan minuman ini jangan pernah dikonsumsi bersamaan ya Sahabat Boom. Itu karena susu mempunyai efek pendinginan untuk tubuh sedangkan daging ikan memiliki dampak pemanasan bagi badan kita. Jadi kalau mereka dikonsumsi bersamaan, hal tersebut bisa mengakibatkan timbulnya alergi pada tubuh. Sehingga sebisa mungkin kalau setelah makan ikan ingin minum susu ,tunggu 2 sampai 3 jam sampai daging sudah selesai dicerna.

4. Obat yang diminum bersamaan dengan susu khasiatnya bisa hilang

Susu tidak boleh diminum bersama dengan obat [Sumber Gambar]
Pernah dengar kan kalau setelah mengonsumsi obat tidak boleh minum susu? Ya, hal tersebut memang ada benar dan salahnya. Karena hanya obat-obat tertentu yang enggak boleh dikonsumsi bersama susu. Misalnya adalah jenis-jenis antibiotik. Pengaruhnya kepada antibiotik ternyata cukup besar. Fungsi antibiotik akan berkurang sampai 50% lho Sahabat Boom. Sehingga obat tidak akan dicerna dengan sempurna oleh usus dan bisa dibilang khasiatnya akan menghilang begitu saja.

5. Susu kedelai dengan telur, proteinnya bakal hilang

Dilarang minum susu kedelai bersamaan dengan telur [Sumber Gambar]
Jangan pernah makan telur dibarengi dengan minum susu kedelai ya. Itu disebabkan susu kedelai dapat mengurangi aktivitas zat pada tubuh yang berfungsi untuk menjaga metabolisme protein. Telur yang kaya akan protein seakan percuma untuk dikonsumsi karena secara otomatis telah dinetralisir oleh susu kedelai. Sehingga jangan pernah untuk mengkonsumsi telur dan susu kedelai secara bersamaan.

Itulah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi dengan susu secara bersamaan Sahabat Boom. Ternyata, susu yang fungsinya menyehatkan bisa juga membahayakan tubuh jika cara konsumsinya tidak tepat. Sehingga mulai dari sekarang, harus ingat aturan-aturan ini ya. Jangan sampai lupa..

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Al Samaha, Desa yang Semua Penduduknya Perempuan dan Terlarang untuk Laki-Laki

5 Peraturan Baru Lalu Lintas yang Wajib Diketahui Agar Tak Disemprit oleh Polisi