Kebanyakan para atlit basket memang punya tubuh yang tinggi. Namun, apa jadinya kalau ternyata tinggi yang dimaksud sangat mencolok dan tampak lain dari yang lain, alias terlalu tinggi. Lha memang ada? Nah, hal ini dialami oleh salah satu pemain Timnas basket Indonesia, Derrick Michael Xzaviero.

Jika mau dibandingkan dengan teman-temannya yang lain, postur tubuh Derrick sangat jangkung, tingginya 203 cm. Waw, aktor Chris Hemsworth pun masih kalah tinggi guys. Tapi, keuntungannya, postur tubuh Derrick ini menjadi keuntungan tersendiri untuk masa depan basket Indonesia.

Ia pertama kali mencuri banyak perhatian saat menjadi skuat Timnas Basket Indonesia jelang SEA Games 2019 lalu. Derrick merasa sangat bahagia karena dirinya dipanggil untuk menjadi bagian dari Timnas Basket Indonesia. Setelah itu, ada banyak sekali pertandingan yang ia ikuti, mulai dari turnamen Williams Jones Cup di Taiwan (2019), hingga ASEAN Schools Games di Semarang (2019). Tak heran, kalau kemudian ia menjadi anggota yang banyak mencuri perhatian. Para pelajar, terutama remaja putri yang antusias berfoto bersama dengan Derrick.

Usut punya usut, tinggi menjulang remaja dengan nama lengkap Derrick Michael Xzavoerro itu diturunkan dari ayahnya, Lazare. Pria keturunan Kamerun itu menikahi wanita Batak bermarga Simanjuntak asal Sumatra Utara. Dari pernikahan keduanya, lahirlah Derrick. Padahal, usia Derrick ini baru 16 tahun.

Melansir dari republika.co.id, di Jakarta, Derrick bergabung dengan klub Generasi Muda Shark di Jakarta Timur. Berkat keunggulan tinggi badan, Derrick pun menjadi andalan pelatih Rifky Antolyon untuk menjaga pertahanan di bawah ring. Meskipun punya postur tubuh tinggi, Derrick mengaku bahwa belum ada klub Indonesia Basketball League (IBL) yang meliriknya.

Melansir bolaskor.com, kemampuan bermain yang cukup bagus dan postur tubuh Derrick selaras dengan misi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) menuju FIBA World Cup 2023. Demi memuluskan langkah ke ajang empat tahunan tersebut, Perbasi bakal membentuk tim yang berisi pemain muda. Derrick merupakan contoh pemain yang dibutuhkan tim nasional basket Indonesia agar bisa lolos ke FIBA World Cup 2023.

Derrick Michael [sumber gambar]
Belum lama, pelatih tim nasional basket Indonesia senior, Wahyu Widayat Jati, sempat memanggilnya ke pemusatan latihan nasional. Derrick menjadi pemain termuda yang ada di tim tersebut. Tujuannya untuk penyaringan dan pencarian bakat para pemain yang memang punya potensi mencerahkan masa depan basket Indonesia.

Meskipun sekarang Derrick aktif dalam bermain basket dan kemungkinan akan punya peluang bagus ke depannya, ia mengatakan bahwa dirinya tetap ingin melanjutkan kuliah setelah ia lulus sekolah SMA nantinya. Saat ini, Derrick tengah duduk di kelas XI SMA Ragunan.

BACA JUGA: 10 Manusia Hebat Dengan Kekuatan Super Sungguhan

Semoga kehadirannya bisa membuat basket Indonesia lebih baik ya. Karena, dibanding dengan cabang olah raga lain, basket di Indonesia masih butuh terus dikembangkan.