in

5 Fakta Tentang Demam Emas California yang Pernah Menggemparkan Dunia

Sudah menjadi sifat bawaan manusia untuk membuat dirinya aman. Tak hanya tentang proteksi secara harfiah, tapi juga hal-hal yang lain misalnya aman secara finansial. Makanya, ketika kesempatan untuk mendapatkan keuntungan terbuka lebar, maka akan banyak manusia yang menyerbunya. Pernah dengar istilah Demam Emas California? Ya, ini adalah gambaran betapa manusia ingin dirinya aman dari kemiskinan.

Baca Juga :  5 Perbedaan Mendasar Sistem Pendidikan di Indonesia dan Luar Negeri

Demam emas ini pernah jadi momen menggemparkan. Bagaimana tidak, rumornya, di sini tersedia banyak sekali emas yang bisa ditambang dengan mudah. Kabar ini pun menyebar ke seluruh dunia. Hingga akhirnya membuat California saat itu di tahun 1848, menjadi sangat penuh dengan orang asing.

Ada banyak kegilaan yang terjadi di saat itu. Bahkan gara-gara ini, Amerika pernah mengeluarkan ultimatum agar orang asing tidak lagi berdatangan. Berikut adalah fakta-fakta unik tentang fenomena demam bikin kaya itu.

1. Diawali Penemuan Bongkahan Emas Besar

Sebuah kejadian besar pastinya dimulai dengan sebuah pemicu. Tentang Demam Emas California, hal ini juga dipicu sebuah kejadian menghebohkan. Suatu ketika seorang tukang kayu bernama James Wilson Marshall pergi ke sebuah tempat di California. Ketika ia menebang kayu untuk membangun sebuah rumah penggergajian kayu milik pria bernama John Sutter, Marshall menemukan sebongkah besar emas.

KIsah ini dimulai dengan penemuan emas yang besar [Image Source]
KIsah ini dimulai dengan penemuan emas yang besar [Image Source]
Kabar ini pun makin meluas dan tersebar sampai seantero dunia. Tak lama akhirnya orang-orang pun berdatangan ke tempat Marshall menemukan emas besar itu. Tiap waktunya makin ramai manusia menuju ke tempat ini. Ada yang memang menemukan banyak emas, tapi banyak pula yang tidak mendapatkan apa pun.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Siap-siap...

Tanda-Tanda Jatuh Cinta yang Bikin Wajahmu Bersemu Merah Muda

fiPendidikan

5 Perbedaan Mendasar Sistem Pendidikan di Indonesia dan Luar Negeri