in

Dampak Positif yang Dirasakan Masyarakat dan Negara Meski Harga BBM Tengah Naik

Keberadaan BBM selama ini telah menjadi komoditas utama bagi kelangsungan aktivitas masyarakat dari sektor energi. Sayangnya, kebutuhan minyak yang semakin besar ternyata tidak diimbangi dengan harganya yang cenderung fluktuatif (naik turun) dan kerap berubah-ubah.

Meski demikian, hal tersebut tak melulu memberikan dampak negatif pada masyarakat. Sebaliknya, ada beberapa hal positif yang bakal diterima, baik oleh rakyat jelata maupun pemerintah Indonesia dari fenomena kenaikan harga BBM dan minyak dunia. Seperti apa bentuknya?

Mendorong kreativitas rakyat dan pemerintah untuk menemukan energi alternatif

Biodiesel merupakan salah satu alternatif bahan bakar [sumber gambar]
Dengan naiknya harga BBM, mau tidak mau masyarakat harus bisa menyesuaikan kemampuannya dalam mengkonsumsi bahan bakar. Laman finance.detik.com menuliskan, Harga BBM yang lebih realistis akan mendorong penghematan dan proses konversi ke sumber energi lain yang lebih bersih, terutama gas. Selain itu, masyarakat juga bisa melatih diri untuk mengembangkan energi alternatif dengan menggunakan bahan baku yang mudah didapat seperti biofuel misalnya. Terlebih, minyak juga merupakan sumber energi yang langka dan tidak terbarukan.

Pemerintah dapat menghemat dana hingga triliunan rupiah

Menghemat dana hingga triliunan rupiah [sumber gambar]

Dengan dihapusnya anggaran subsidi untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis RON 88 atau premium, pemerintah dapat melakukan banyak penghematan. Seperti yang diungkapkan Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil yang dikutip dari nasional.kompas.com, pemerintah akan menghemat pengeluaran untuk subsidi BBM sampai Rp 120 triliun. Dana tersebut nantinya akan dialihkan untuk membiayai sektor produktif seperti pertanian, infrastruktur, perikanan, hingga pendidikan dan kesehatan.

Berpengaruh positif pada perekonomian

Mengurangi tekanan terhadap rupiah [sumber gambar]
Selain mendorong masyarakat agar berhemat, kenaikan harga BBM juga memberikan dampak jangka panjang pada perekonomian negara. Selain mendorong masyarakat agar berhemat, kenaikan harga BBM juga memberian dampak jangka panjang pada arus keuangan negara. Menurut Kepala Pusat Kebijakan APBN Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang dikutip dari antaranews.com mengatakan, hal tersebut bisa menurunkan defisit anggaran dan mengurangi tekanan terhadap nilai tukar rupiah.

BACA JUGA: Lima Negara dengan Harga BBM Paling Murah

Meski dirasakan berat, kenaikan BBM sejatinya banyak memberikan perubahan pada masyarakat. Tak hanya menyelamatkan keuangan negara, tapi juga mendorong masyarakat agar berpikir lebih kreatif dan kritis untuk menemukan energi ramah lingkungan. Tentu saja, hal tersebut bisa dilaksanakan jika kita mau mengubah pola pikir dan menyikapi kejadian tersebut secara bijaksana.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Cuma Kaos dan Celana Jeans, Fashion 6 Artis Ini Jika Ditotal Sampai Rp500 Jutaan!

Sangarnya Polisi Dunia Maya yang Sanggup Membungkam Para Netizen Nyinyir di Luar Sana