in

Damin Sada, Jawara Bekasi yang Tegasnya Bikin Nyali Ciut

Percayalah nggak ada sedikitpun keuntungan dari terjadinya bentrokan. Tapi yang namanya menghadapi realita, mau bagaimana lagi? Sejak dulu kita sudah belajar bahwa bentrokan tak menghasilkan apa-apa, yang ada malah memperkeruh suasana. Seperti yang terjadi di Bandung beberapa waktu silam. Kali ini ‘perang kecil’ terjadi antara massa GMBI dan FPI.

Namun, kita nggak membahas detail peristiwa tersebut. Yang lebih menarik adalah kehadiran sosok Damin Sada di tengah-tengah medan perang FPI dan GMBI. Ia adalah seorang tokoh dari Bekasi yang berani memanggil ketua GMBI, Mochamad Fauzan Rachman, untuk ketemu muka. Dengan jumawa ia menantang Fauzan duel satu lawan satu di Alun-alun Bekasi.

Alasan ajakan duel ini karena Damin Sada tak terima dengan kelakuan GMBI terhadap ulama.yang dipukuli. Damin Sada menjelaskan bahwa protesnya ini bukan lantaran ia anggota FPI, tapi ia sangat tak berkenan jika ada ulama yang diperlakukan secara kasar. Melihat tingkah polah Damin Sada ini, jadi penasaran siapa sebenarnya sosoknya?

Damin Sada Sang Jawara Bekasi

Damin Sada [image source]
Tantangan Damin Sada untuk berduel dengan Fauzan bisa jadi bukan gertak sambal belaka. Ditilik dari latar belakangnya, Damin Sada memiliki darah seorang jawara atau jagoan. Ia lahir pada tahun 1965  di Bekasi dari rahim seorang wanita bernama Enyak Sini. Ayahnya sendiri, Babe Sada juga merupakan seorang Jawara. Gelar ini rupanya disematkan secara turun-temurun hingga ke saudara kandungnya Drahim Sada.

Aktif Dalam Kegiatan Kemasyarakatan

Damin Sada mengenakan peci [image source]
Bagi orang Bekasi, nama Damin Sada sudah tak asing lagi. Ia sangat aktif dalam kegiatan kemasyarakatan. Menyandang gelar sebagai jawara, dirinya merasa berkewajiban untuk membela hal-hal yang berhubungan dengan agama, kesenian, budaya, lingkungan, dan pemuda. Untuk melancarkan misinya itu, Damin Sada pernah menjabat sebagai kepala Desa Sriamur Tambun Utara periode 1990 sampai 2006. Tak berhenti di lingkungan desa, ia sempat mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI. Namun sayangnya gagal mendapat kursi di tingkat negara.

Sempat Membuat Kehebohan di Bekasi

Gelar Jawara yang melekat pada nama Damin Sada membuatnya semangat dalam berjuang. Sebelum tantangan duel ini, ia sempat membuat heboh Kota Bekasi dengan melakukan pembakaran patung lele yang dijadikan maskot daerah asalnya. Sebelum melakukan pembakaran, Damin Sada sudah melayangkan surat protes pada Walikota Bekasi.

Patung lele Bekasi [image source]
Menanti surat balasan dari walikota yang tak kunjung datang, Damin Sada mulai gatal. Ia kemudian menghimpun massa untuk membakar patung lele yang baginya adalah simbol keserakahan. Akibat ulahnya tersebut ia harus mendekam di penjara selama 10 bulan. Kapok? Tentu saja tidak. Malah ia merancang simbol untuk Kota Bekasi yaitu golok dan bambu kuning. Simbol tersebut dibangun di Desa Srimahi Tambun Utara.

Sudah banyak riwayat preman atau tokoh Jawara di Indonesia yang tak sebengis kelihatannya. Nyatanya, banyak orang yang ingin membangun negeri ini meski bergerak di jalur kanan maupun kiri. Menyelesaikan sebuah masalah lebih baik dengan menggunakan kepala dingin. Nggak perlu juga sebenarnya kekerasan dibalas dengan kekerasan. Yang lebih gentle adalah duduk bersama mencari solusi.

Written by Sastranagari

Leave a Reply

Kisah Shiro Ishii, Dokter Asal Jepang yang Kejahatannya Luar Biasa

Ini yang Akan Terjadi Bila Seluruh Negara di Dunia Memboikot Amerika