in

7 Sekolah Kedinasan ini Bisa Jadi Pilihanmu yang Sedang Menunggu Ujian Nasional

STIN [image source]

Bulan-bulan ini sepertinya menjadi saat mendebarkan bagi para siswa-siswi sekolah karena akan segera menghadapi ujian nasional. Apalagi untuk murid-murid SMA dan SMK yang hanya tinggal menghitung hari lagi menjelang jadwal ujiannya. Kalau sampai saat ini kalian masih merasa deg-deg an, alangkah lebih baik untuk mencoba menyingkirkan rasa khawatir itu dengan menyiapkan rencana setelah lulus nanti.

Mungkin ada sebagian dari kalian yang memutuskan melanjutkan ke jenjang universitas atau bekerja. Sementara untuk yang belum tahu akan kemana setelah menyelesaikan sekolah, berikut ini ada beberapa daftar sekolah kedinasan yang telah siap menerima peserta didik baru dan bisa kalian coba.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN [image source]
Sekolah yang satu ini sangat pas untuk kalian yang ingin berkarir di lembaga pemerintahan dalam negeri entah itu di tingkat daerah seperti bupati maupun pusat. Di IPDN kalian akan menyadari behwa menjadi seorang pegawai kepemerintahan tak hanya butuh tingkat intelektual tinggi tetapi juga fisik yang kuat. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi adalah berusia antara 16-21 tahun, tinggi badan 160 cm (pria) dan 155 cm (wanita), memiliki nilai rata-rata rapot 7,00, belum menikah, tidak bertato, tidak berkacamata. Untuk tahun 2017 IPDN membuka penerimaan untuk 1689 orang.

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN-STAN)

STAN [image source]
Sampai saat ini STAN masih menjadi favorit siswa-siswi yang sangat menggemari pelajaran ekonomi maupun akuntansi. Sekolah ini menyediakan banyak jurusan untuk calon peserta didik mulai dari yang berhubungan dengan bea cukai, pajak, kebendaharaan negara, akuntansi, menejemen aset/ pengurusan piutang dan lelang negara, sampai penilai pajak bumi bangunan. Jika kalian tertarik mendalami ilmu keuangan negara ini, persyaratan umum yang harus dipenuhi antara lain memiliki nilai rata-rata 7,00, belum menikah, usia antara 17-20 tahun, sehat, tidak buta warna, tinggi badan minimal 165 cm (pria) dan 155 cm (wanita). STAN menyediakan kursi sebanyak 4920 orang di 2017.

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

STSN [image source]
Sekolah ini adalah satu-satunya tempat pendidikan yang memperlajari segala seluk beluk persandian di Indonesia. Sekolah yang didirikan salah satunya untuk menghadapi ancaman terkait pengamanan informasi rahasia negara ini memiliki dua program studi seperti manajemen persandian dan juga teknik persandian. Sekolah yang berlokasi di Bogor ini memiliki persyaratan awal cukup mudah yaitu berasal dari lulusan IPA dengan nilai matematika dan Bahasa Inggris di atas 8, berusia antara 17 sampai 21 tahun, sehat, serta belum menikah. STSN cocok buat kalian yang senang mengerjakan teka-teki ala Professor Alan Turing. Tahun 2017 ini STSN hanya akan menerima 100 orang.

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

STMKG [image source]
STMKG sangat cocok bagi para pecinta geografi yang selama ini penasaran dengan kondisi iklim dan cuaca yang ada di bumi. Di sekolah ini, para kadernya akan dididik menjadi orang yang dapat membantu kerja BMKG dalam memberi segala informasi terkait meteorologi, klimatologi, geofisika, dan juga kualitas udara. Untuk dapat menjadi bagian dari STMKG, syarat yang harus dipenuhi antara lain berusia 17-23 tahun, sehat, lulus SMA maupun SMK jurusan tertentu, tinggi badan minimal 163 untuk pria dan 156 untuk wanita, serta yang sangat penting adalah memiliki nilai minimal 70 dalam mata pelajaran matematika, Bahasa Inggris, maupun Fisika. Ada 250 kursi sudah disediakan STMKG di tahun ini.

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

STIS [image source]
STIS ditujukan bagi para lulusan SMA jurusan IPA yang menyediakan jurusan statistika (ekonomi dan sosial-kependudukan) serta jurusan komputasi statistik. Karena di sekolah ini kita akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan ilmu statistik, maka nilai matematika akan sangat diperhitungkan di sini. Untuk kalian yang berasal dari jurusan IP minimal nilai matematika yang diminta adalah 7,00 sedangkan dari penjurusan IPS minimal 8,00. Adapun goal dari STIS ini adalah untuk meluluskan tenaga ahli statistik ekonomi, statistik sosial-kependudukan, serta juga komputasi dan sistem informasi. Tahun 2017 ini STIS menyediakan kuota untuk 600 orang.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN [image source]
STIN sangat cocok bagi kalian yang berkeinginan bekerja sebagai seorang analis maupun agen ala FBI maupun CIA. Semua siswa STIN pasti sangat bangga karena mereka disiapkan secara khusus untuk mengembangkan ilmu intelijen demi menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mengemban tugas bergengsi ini adalah memiliki nilai rata-rata rapot SMA minimal 7,0, tidak bertato dan bertindik (pria), tidak pernah patah tulang, tinggi badan putra minimal 165 cm dan putri 160 cm, dan berkacamata maksimal +(plus) atau – (minus) 0,50 8. Hanya 124 orang saja yang akan diterima di STIN tahun ini.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

STTD [image source]
Sekolah Tinggi Transportasi Darat ini biasanya dipilih oleh murid-murid yang menginginkan berkarir di dunia dinas lalu lintas. Sejalan dengan itu, adapaun jurusan yang ditawarkan di STTD adalah Diploma Transportasi Darat, Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Perkeretaapian, Penguji Kendaraan Bermotor, serta Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan. Untuk persyaratan umumnya antara lain belum menikah, berasal dari daerah yang bekerjasama dengan STTD, berusia maksimal 23 tahun, belum menikah, tinggi badan 165 cm (pria) dan 160 cm (wanita), dan yang penting adalah nilah rapot minimal 7,0 untuk pelajaran Matematika dan Fisika. STTD menyediakan 165 kursi di tahun 2017 ini.

Mulai sekarang kalian tidak perlu bingung lagi dalam menentukan rencana selepas SMA karena bisa mencoba perutungan di tujuh sekolah kedinasan di atas. Kenali dulu potensi yang kalian punya agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung dilihat di situs resmi sekolah-sekolah di atas ya. Semoga sukses juga untuk ujiannya.

 

Written by Faradina

Leave a Reply

7 Jurus Jitu Mengubah Mie Instan Menjadi Makanan Sehat dan Berkelas

5 Kisah Para Pendemo yang Tewas Setelah Memperjuangkan Nasibnya