in

Wajib Baca! Ini Caranya Biar COD Nggak Berujung PHP

Mengingat teknologi sudah merambah ke mana-mana, maka istilah COD alias Cash on Delivery pasti tenar juga di telinga banyak orang. Kita semua pasti pernah melakukan itu ketika membeli barang secara online. Sistem COD ini cukup menyenangkan dan sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan, walaupun kenyataannya nggak seenak itu.

Sudah bukan cerita baru soal COD yang berujung pada kekesalan. Mulai dari yang satu pihak nggak datang, sampai penipuan. COD memang memudahkan tapi juga menuntut kehati-hatian. Biar nggak lagi-lagi ketipu, simak tipsnya berikut.

Cari info mengenai partner Transaksi kita

Transaksi [image source]
Kita perlu mencari info yang sangat jelas mengenai partner COD kita. Entah ketika posisinya sebagai penjual maupun pembeli. Cara mengetahui info ini macam-macam, bisa lewat akun sosial medianya, temannya, bahkan kalau perlu pantau lingkungan rumahnya. Berlebihan? Tidak juga karena ini penting, apalagi kalau benda yang diperjualbelikan mahal. Banyak kasus PHP (pemberi harapan palsu) atau penipuan selalu berawal dari salah satu pihak yang tak mengecek terlebih dahulu lawan COD-nya. Jangan dibuktikan ya karena korbannya sudah banyak.

Pastikan tempat Transaksi Aman

Transaksi tempat ramai [image source]
COD bisa di mana pun, tapi akan lebih baik jika melakukannya di tempat ramai seperti mall, pasar dan tempat-tempat  ramai lainnya.  Hal tersebut bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak kasus perampokan dengan modus transaksi COD terjadi di tempat-tempat sepi. Untuk keamanan dan keselamatan, selalu pilih tempat macam begini. Opsi lainnya bisa di rumah sendiri. Cara ini selalu sukses bikin para penipu mikir ribuan kali untuk berbuat yang tidak-tidak.

Pastikan Barang dan Harga sesuai perjanjian

Pastikan barang [image source]
Kadang banyak sekali gambar barang atau harga tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Tentu kamu tidak ingin jadi salah satu korban modus macam begini kan? Makanya, pastikan kamu benar-benar deal mengenai harga sebelum melakukan COD. Sebelum uang diberikan, usahakan untuk meneliti si barang dagangan terlebih dahulu. Tidak perlu segan atau semacamnya. Setelah semua sesuai termasuk dari harga dan fisik barang, maka silakan lakukan pembayaran.

Bila melakukan pembayaran Online atau lewat Bank, periksa dengan seksama

Kini sudah banyak metode pembayaran sehingga orang tidak perlu repot-repot untuk membawa uang dan melakukan transaksi. Bila memang menggunakan jasa online atau bank, periksa kembali apakah uang tersebut sudah benar-benar masuk dalam akun online atau rekening kita. Meskipun  partner transaksi sudah membawa bukti pembayaran, kita harus jeli dan lebih hati-hati karena mungkin saja itu palsu.

Bila janjian di suatu tempat, jangan pernah  pergi sendiri

Transaksi [image source]
Ketika melakukan COD usahakan untuk selalu melibatkan teman. Mereka ada tak hanya untuk memberi bantuan pengetahuan soal si barang, tapi juga membuat kita aman. Kamu mungkin tak percaya, tapi sudah ada banyak orang yang jadi korban ketika melakukan COD sendirian. Bukan cuma PHP lho ya, tapi kekerasan bahkan perampasan. Selagi lawan transaksi bukan tetangga rumah, maka selalu ingat untuk membawa pasukan.

COD memang memudahkan dan menyenangkan, tapi juga harus berhati-hati. Modus dengan teknik semacam ini sekarang sudah marak, jangan sampai kita ada di daftar tunggu untuk mengalami hal tersebut. Alih-alih mendapatkan barang impian, yang ada justru sebaliknya. Waspadalah.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Pangeran Sultan Bin Salman, Anak Raja yang Ternyata Jadi Astronot Muslim Pertama

Para Tahanan Rupawan Ini Dijamin Bikin Kamu Menelan Ludah Ketika Melihatnya