in

Beli Minum Sendiri Hingga Jalan Kaki, Inilah ‘Cobaan’ Timnas U-22 di SEA GAMES 2019

Timnas U-22 Indonesia tengah menjadi sorotan lantaran torehan prestasinya yang gemilang dalam dua pertandingan di pentas SEA GAMES 2019, Filipina. Saat itu, skuad Garuda muda sukses mengalahkan Thailand dan Singapura dalam skor 2-0. Hasil positif ini pun setidaknya menjadi penyemangat di tengah cobaan yang sempat dialami oleh timnas U-22 sebelumnya.

Diketahui, pemain Timnas Indonesia di SEA Games 2019 dikabarkan tak sengaja makan daging babi di Filipina seperti yang dilansir dari CNNIndonesia.com, Detik, dan juga Kumparan. Hal ini terjadi lantaran tak adanya informasi yang jelas dari pihak panitia. Namun belakangan issue ini telah diluruskan oleh PSSI. Tak hanya itu, skuad Garuda muda juga sempat mengalami beberapa ‘cobaan’ sebagai imbas dari ketidaksiapan tuan rumah Filipina dalam penyelenggaraan SEA GAMES 2019.

Terpaksa jalan kaki saat hendak latihan di stadion Rizal Memorial

Sesi latihan ringan Timnas U-22 [sumber gambar]
Cobaan pertama bagi Timnas U-22 Indonesia adalah saat mereka hendak berangkat latihan di Stadion Rizal, Manila. Menurut jadwal, rombongan seharusnya meninggalkan Hotel Jen, Manila sekitar pukul 05.00. Sayang, bis yang ditunggu terlambat datang hingga pemain beserta official pun memutuskan untuk berjalan kaki sejauh 1,2 kilometer, menuju Stadion Rizal Memorial.

Lampu yang ternyata belum menyala ketika Timnas U-22 tiba di stadion

Ilustrasi stadion gelap karena lampu belum menyala [sumber gambar]
Sesampainya di sana, timnas U-22 juga harus menghadapi masalah lain saat akan melakukan latihan jelang laga melawan Thailand. Dilansir dari Suara.com, suasana di stadion terlihat gelap tanpa adanya penerangan karena lampu belum dinyalakan. Hal ini terjadi lantaran matahari belum terbit saat pemain Timnas U-22 memulai latihan, .

Beli minum sendiri saat sesi latihan karena tidak disediakan panitia

Pemain Timnas U-22 Indonesia saat sesi pengarahan [sumber gambar]
Usai kejadian di stadion, masalah akomodasi dan fasilitas juga menjadi ujian berikutnya bagi punggawa timnas U-22. Diketahui, pihak panitia juga tidak menyediakan air minum untuk rombongan timnas Indonesia hingga mereka terpaksa membeli sendiri. “Saat latihan pertama, minuman tidak ada. Kami kemudian beli sendiri,” kata Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo yang dikutip dari Sportfeat.bolasport.com.

Dikabarkan tak sengaja memakan daging babi karena minimnya informasi yang diberikan

Sesi makan pemain Timnas U-22 [sumber gambar]
Mungkin, kejadian ini merupakan salah satu hal yang paling parah di antara cobaan yang dialami oleh timnas U-22 selama berada di Filipina. Dikabarkan, para pemain Indonesia tak sengaja makan daging babi akibat tidak adanya kejelasan informasi dari panitia. Berita ini pun sempat heboh di kalangan netizen Indonesia yang tentu saja menyayangkan hal tersebut.

Setelah ramai jadi obrolan, issue Timnas menyantap daging babi diklarifikasi oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri. “Kita terus mengawasi dan mengingatkan mereka sejak kedatangan dari Indonesia. Jadi, tidak benar kalau ada yang memberitakan pemain kita makan Babi,” ujarnya. Jadi Bisa dipastikan ya Sahabat Boombastis kalau Timnas kita aman dari makanan non halal tersebut.

Timnas negara tetangga yang juga mengalami nasib serupa dengan Indonesia

Ilustrasi deretan menu makanan di ajang SEA GAMES Filipina 2019 [sumber gambar]
Selain timnas U-22 Indonesia, skuad Gajah Putih Thailand juga merasakan amburadulnya penyelenggaraan SEA GAMES 2019 oleh tuan rumah Filipina. Tim yang dilatih oleh Akira Nishino, sempat terjebak macet hingga tak bisa melaksanakan latihan dengan maksimal. Bahkan, timnas Timor Leste juga sempat terlantar selama beberapa jam di bandara lantaran tak kunjung dijemput oleh bus yang disediakan oleh panitia tuan rumah.

BACA JUGA: Dicap Gagal, Amburadulnya SEA GAMES 2019 Ini Bikin Filipina Menanggung Malu se-ASEAN

Meski diterpa berbagai cobaan yang tidak mengenakkan, skuad Garuda muda ternyata mampu mengatasi hal tersebut dengan baik, dengan raihan 2 kemenangan saat melawan Thailand dan Singapura. Semoga saja, tren positif ini bisa terap berlanjut hingga akhir meski ada ketidaksiapan dari Filipina selaku tuan rumah SEA GAMES 2019.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Jadi Inspirasi Bagi yang Belum Wisuda, Kakek Ini Sukses Jadi Sarjana di Usia 86 Tahun

10 Pesona Karena Vandela, Tunangan Boy William yang Merupakan Anak Konglomerat