Nama Claudia Emmanuela Santoso mungkin bukan hal yang asing lagi di telinga netizen, apalagi mereka yang merupakan penonton setia The Voice. Yap, gadis asal Cirebon ini merupakan peserta The Voice of Germany yang berhasil memukau penonton dari babak Blind Audition. Membawakan ‘Never Enough’ dengan sangat apik, dirinya mendapat four chair dari para juri.

Bahkan, salah satu coaches yang bernama Alice, menangis karena mendengar suara Claudia saat bernyanyi. Tangisan tersebut tak sia-sia, karena Claudia berhasil masuk ke team Alice dan masih bertahan hingga sekarang, di babak Semifinal. Siapa sih Claudia ini? Mari simak faktanya dalam ulasan berikut ini.

Bakat menyanyi Claudia sejak kecil

Punya suara emas yang adem di kuping, sejak kecil Claudia memang sudah gemar menyanyi. Ia kerap mendapat juara di setiap kompetisi yang ia ikuti di Kota Cirebon. Bahkan, saat duduk di bangku sekolah, ia pernah mewakili sekolahnya di SMA BPK Penabur Cirebon mengikuti kompetisi menyanyi.

Perjalanan karier Claudia juga sudah dimulai sejak ia mengikuti Idola Cilik yang disiarkan di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Namun, saat itu, Claudia hanya lolos di 20 besar saja. Selain Idola Cilik, dirinya juga pernah ikut serta dalam kontes pencarian bakat Mamamia. Sekarang keduanya sudah tak ada lagi gaungnya dan tinggal kenangan.

Mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk Hotman Paris

Sebagai orang Indonesia, ada banyak yang bangga dong melihat tampilnya Claudia di The Voice of Germany. Claudia juga mendapat banyak dukungan dari public figure di Indonesia, mulai dari Baim Wong (yang akhirnya juga ke Jerman), Rossa, bahkan Hotman Paris nih.

Bukan hanya di instagram story, om Hotman Paris mengunggah video Claudia di feed instagramnya. Ternyata, usut punya usut, ibunya Claudia adalah mantan murid Hotman Paris dulu ketika di Fakultas Hukum Untar Jakarta. Kalau Hotman Paris sudah turun tangan, siap-siap kariernya tambah melejit ya~

Claudia yang sekarang berstatus sebagai mahasiswa

Tak hanya mumpuni dalam bidang tarik suara saja, Claudia juga sangat memperhatikan pendidikan. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas Kristen Penabur di Cirebon, ia melanjutkan pendidikannya ke Universitas Munchen.

Claudia Emmanuela S [sumber gambar]
Di Jerman pun ternyata ia tambah mempertajam skill-nya. Claudia tak hanya bisa dalam hal bernyanyi saja, ia juga pandai bermain alat music, seperti gitar dan ukulele. Wah, idaman banget sih ini~

Terus berjuang hingga masuk babak semifinal

Masuk ke dalam team Alice Merton, Claudia berhasil sampai hingga babak semifinal. Setelah blind, ia melanjutkan ke babak Battle melawan Felix & Emma. Lolos di babak battle, Claudia lanjut ke Sing off dan semifinal (membawakan lagu Beyonce) pada Minggu (3/10) kemarin.

Banyak yang bilang kalau penampilan Claudia yang terdebest memang ketika babak Blind Audition, namun bukan berarti yang lainnya tidak bagus ya. Terbukti dari dirinya yang bisa bertahan hingga sekarang, Claudia sudah melakukan yang terbaik. Semoga terus bisa lanjut ya, Claudia.

BACA JUGA: Petjah! 4 Penampilan Peserta The Voice Indonesia Ini Panen Pujian Para Juri

Claudia ini menunjukkan bahwa di belahan dunia manapun kamu berada kalau dasarnya memang punya bakat dan sungguh-sungguh pasti bisa. Semoga terus bisa lanjut ke babak final dan berhasil keluar sebagai juara ya, Claudia.