in

Bikin Roda Gampang ‘Rontok’, Ini Ciri Velg Motor Abal-abal yang Wajib Kamu Ketahui

Velg motor yang sudah menjamur di mana-mana, membuat para pedagang memutar otak. Apalagi kalau bukan untuk melariskan dagangannya. Namun terkadang kesempatan ini digunakan secara tidak bertanggungjawab oleh beberapa pedagang. Mereka menjual velg yang kondisinya sangat buruk alias abal-abal.

Nah, tapi mereka tentu enggak menjualnya dengan kondisi yang apa adanya. Dengan kepintarannya yang hakiki, mereka bisa menyulap velg tersebut menjadi seperti baru. Jadi si pembeli tidak akan tahu kalau yang dijual adalah velg yang abal-abal. Untuk ciri-cirinya kalian bisa lihat seperti ini.

Dari fisiknya sudah terlihat kalau itu abal-abal

Fisiknya yang tidak sebagus asli [Sumber Gambar]
Ciri-ciri dari velg yang abal-abal adalah bisa dilihat melalui finishing-nya. Jika velg asli maka finishing-nya sangat rapi dan juga halus. Warnanya pun juga terlihat rata di seluruh bagiannya. Namun ini berbeda pada velg yang tidak asli. Bagian finishing-nya ada yang tidak rapi di beberapa bagian karena sudah dipakai sebelumnya. Kemudian, warnanya juga tidak rata lantaran dicat ulang. Jadi sebaiknya perhatikan dari sisi finishing ini dulu ya. Meski terlihat remeh, tapi ini yang jadi penentunya.

Bobot velg juga menentukan apakah itu asli atau tidak

Bobot lebih berat daripada yang asli [Sumber Gambar]

Bobot dari pelek juga bisa jadi penentu velg tersebut asli atau palsu Sahabat Boombastis. Sebab, dikutip dari kabaroto.com, velg yang imitasi mempunyai bobot yang lebih berat ketimbang aslinya. Ini dikarenakan velg dibuat dari material yang asal-asalan dan tidak memperkirakan apakah itu cocok jika dipakai untuk berkendara atau tidak. Oleh karena itu, sebisa mungkin kalian mencari tahu terlebih dahulu informasi mengenai bobot dari velg asli. Memang cukup merepotkan, tapi tidak ada salahnya daripada tertipu pada akhirnya.

Tulisan bagian produksinya serupa tapi tak sama

Tulisan produksi yang berbeda [Sumber Gambar]
Selain itu, kita bisa melihat dari kode pembuatan produksi di bagian belakang velg. Nah, biasanya dari sini kita bisa langsung tahu apakah itu velg yang asli atau replika. Jika velg asli dilansir dari viva.co.id, bagian produksinya akan tertulis made in spasi negaranya. Lalu kalau velg yang imitasi, kodenya akan bertuliskan by spasi negara. Tapi sekarang ada juga yang menuliskan design by spasi negara pembuatnya. Cukup mudah kan melihatnya?

Tulisan velg juga bentuknya berbeda jauh

Tulisan velg yang tidak dicetak [Sumber Gambar]
Selanjutnya, cara penulisan velgnya pun juga dapat jadi kunci apakah itu imitasi atau bukan. Menurut Santo selaku Marketing Senior Permaisuri Velg, kalau barang asli pada umumnya tulisannya berbentuk cetak. Sedangkan untuk yang palsu, bentuknya kemungkinan besar hanya berupa tempelan stiker yang mudah sekali dicopot. Lalu di bagian belakang tulisan akan ada nomor seri produksinya. Sedangkan yang imitasi tidak akan ada kode produksinya sehingga polos saja.

Oleh karena itu, sebaiknya kalian tidak tergiur dengan yang namanya harga murah. Ya meski bisa membuat uang lebih hemat namun itu tidak setara dengan kualitasnya. Kalau sudah seperti itu, sama saja kita harus mengeluarkan uang untuk menggantinya dengan yang baru.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengenal Alyssa Carson, Manusia Pertama yang Disebut Akan Tinggal di Planet Mars

Bukan Messi atau Ronaldo, 5 Pemain Inilah yang Memiliki Trofi Terbanyak di Dunia