in

Penting! Kenali 4 Ciri-ciri dari Kerupuk yang Mengandung Bahan-bahan Berbahaya

Dari dulu sampai sekarang, kerupuk selalu menjadi incaran para pedagang culas untuk mendapatkan keuntungan. Bagaimana tidak, makanan ringan satu itu selalu diinovasi dengan berbagai cara supaya terlihat layak konsumsi. Mereka tak peduli pada risikonya, yang penting bisa menghasilkan uang sebanyak-banyaknya.

Mereka memilih kerupuk karena itu adalah makanan yang paling banyak dicari semua orang. Sehingga, oknum-oknum jahat itu rela untuk membuat kerupuk dengan bahan-bahan berbahaya. Nah, supaya kalian tidak tertipu oleh pedagang culas tersebut, simak ciri-ciri kerupuk yang sudah diolah menggunakan bahan tak layak konsumsi berikut ini.

Warnanya sangat mencolok

Warnanya sangat mencolok [Sumber Gambar]
Pasti kalian pernah melihat kerupuk dengan warna mencolok. Kalau sudah seperti itu biasanya kita langsung tertarik untuk membelinya karena rasanya dijamin gurih. Namun, di balik gurihnya ternyata ada bahayanya lho lantaran kerupuk dengan warna mencolok kemungkinan besar ditambahkan suatu zat kimia. Contohnya adalah zat Rhodamin B yang digunakan untuk industri tekstil dan kertas. Sehingga, untuk kalian yang hobi membeli kerupuk dengan warna mencolok lebih baik dihentikan dari sekarang. Belilah kerupuk dengan warna-warna yang tidak begitu mencolok.

Warnanya putih bersih

Warnanya putih [Sumber Gambar]
Untuk ciri yang satu ini hanya berlaku di kerupuk kulit ya. Para produsen kerupuk kulit yang curang biasanya menambahkan hidrogen peroksida atau tawas supaya menjadi lebih putih. Dengan begitu, para pembeli akan tertarik membelinya dan mengira kalau kerupuk kulit putih lebih renyah daripada yang memiliki warna lebih kusam. Jadi, bisa disimpulkan kalau kerupuk kulit yang berwarna putih bersih tidak layak dikonsumsi. Pilihlah kerupuk kulit yang mempunyai warna lebih pucat ya.

Kerupuk tidak akan melempem walaupun dalam wadah terbuka

Tidak mudah melempem [Sumber Gambar]
Makanan ringan satu ini memang rentan dengan yang namanya melempem. Apalagi jika diletakkan dalam wadah terbuka, pasti kerupuk menjadi lebih cepat melempem dari waktu yang seharusnya. Akan tetapi, kalau kerupuk yang dilapisi zat-zat berbahaya tidak akan melempem walaupun ditaruh di wadah terbuka. Kalau kalian punya kerupuk, bisa dites terlebih dahulu tuh. Kalau tidak melempem dalam beberapa hari, harus segera dibuang tuh kerupuknya.

Memilik efek mengkilap

Kerupuk mempunyai efek mengkilap [Sumber Gambar]
Kerupuk yang mempunyai efek mengkilap sangatlah menarik perhatian orang banyak. Karena semuanya pasti mengira kalau kerupuk dengan efek mengkilap itu memiliki rasa yang gurih. Padahal, pemikiran seperti itu sangat salah besar lantaran efek mengkilap didapat dari bahan plastik atau lilin saat menggoreng. Jadi, jangan pernah tertarik dengan kerupuk yang mempunyai efek mengkilap ya.

Kerupuk yang kita kira selama ini menyehatkan ternyata membahayakan bagi tubuh. Kalau kita tetap nekat untuk mengonsumsinya, akan ada dampak buruk kepada kesehatan. Contohnya seperti gangguan pencernaan, merusak organ hati dan ginjal. Akan tetapi, jangan bersedih dulu, ada solusi di balik masalah ini lho. Kalian cukup memilih kerupuk dengan warna putih agak kecoklatan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Minum Tinta Hingga TPS Cosplay, Ini 5 Hal Unik yang Terjadi Selama Pilkada 2018

Hitungan-hitungan Persija VS Persib : Laga Spesial Sarat Gengsi Jagad Sepak Bola Indonesia