in

Wajib Tahu! Inilah Tanda-tanda Helm yang Sudah Memasuki Masa Kadaluarsa

Kalian semua pasti setuju kalau semua barang yang diproduksi pasti ada kadaluarsanya. Bahkan, barang-barang yang tak pernah kita duga pun ada masanya untuk dihentikan pemakaiannya. Salah satunya adalah helm, benda pelindung kepala pengendara motor. Pasti kalian juga baru mengetahui kan kalau helm ada masa kadaluarsanya?

Berbicara soal kadaluarsa helm, mungkin banyak di antara kalian yang bertanya-tanya bagaimana cara mengetahuinya. Padahal biasanya, benda pelindung kepala tersebut tetap awet meski sudah digunakan bertahun-tahun lamanya. Sehingga banyak pengendara motor yang ogah menggantinya karena masih layak pakai.

Logam berkarat [Sumber Gambar]
Bagi yang belum tahu, masa kadaluarsa helm mencapai lima tahun lamanya. Kalau kalian lupa sudah berapa lama helm ini dipakai, coba lihat di jahitan kain bagian busa belakang. Biasanya para produsen mencantumkan tahun pembuatannya di sana. Tapi kalau tidak ada, bisa buka bagian busa dan lihat bagian batok helmnya. JIka masih enggak ada juga ya pasrah saja dan coba ingat-ingat kapan kalian membelinya. Sekiranya sudah 5 lima tahun, ya mohon untuk dipensiunkan saja helmnya.

Selain ditentukan dari estimasi waktu, ada ciri-cirinya juga lho. Pertama, cat pada helm sudah mulai memudar atau retak-retak. Biasanya ini terjadi karena helm sering dipakai di bawah sinar matahari ataupun hujan deras. Kemudian tanda selanjutnya adalah karet lis pada bagian depan dan bawah helm sudah mulai kendor atau lepas dengan sendirinya. Lalu, kaca helm juga sudah mulai buram dan susah untuk dibersihkan kembali. Biasanya para pengendara sih tidak terlalu memikirkan hal ini karena kaca helm bisa diganti sesuka hati.

Karet lis lepas [Sumber Gambar]
Ciri-ciri lainnya yaitu sterefoam atau busa di dalam helm sudah mulai mengeras. Hal tersebut ditandai dengan helm yang kurang nyaman dipakai. Selanjutnya ciri yang terakhir yakni tali pengikat sudah lepas dengan sendirinya karena logamnya sudah mulai berkarat. Kalau sudah seperti itu, helm sudah tidak aman untuk dipakai dan tingkat kekerenan kalian pasti sangat berkurang. Jadi lebih baik ganti aja dengan yang baru.

Kadaluarsa helm ini juga tergantung dari pemakaian dan penyimpanannya juga lho. Jika kalian memakai dan menyimpannya secara sembarangan, bisa dipastikan umur helm akan semakin pendek. Nah, supaya helm kalian tidak cepat kadaluarsa, bisa menyimpannya di tempat yang bersih dan terbuka. Kemudian, untuk penggunaannya juga jangan sampai teledor ya. Jika helm basah karena hujan, harus segera dikeringkan dengan cara yang benar. Lalu hal terakhir yang perlu diingat adalah helm jangan sampai jatuh karena itu bisa mengurangi kekuatan dari helm.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Selain Warga Surabaya, Perilaku Biadab Teroris juga Hampir Hancurkan MU saat di Indonesia

Jarang Tampil di Televisi Sehari-hari, tapi 5 Artis Ini Selalu Ditunggu Saat Ramadan Tiba