in

Ini Ciri-Ciri Akun Facebook yang Datanya Tercuri, Cek Milikmu Sebelum Terlambat Guys

Beberapa waktu terakhir Facebook menjadi booming dibicarakan terkait skandal pencurian data penggunanya. Tak main-main, sekitar 87 juta data pengguna Facebook rupanya telah dicuri firma riset analis Cambridge Analytica. Pencurian data ini awalnya menargetkan pengguna Facebook di Amerika Serikat yang bertujuan untuk kemenangan Trump sebagai presiden 2016 lalu.  Sayangnya, pengguna dari negara-negara lain ikut terdampak dan tak ketinggalan di Indonesia pun kebobolan.

Nah, bagaimana kita tahu data kita dicuri atau tidak oleh Cambridge Analytica dan bagaimana untuk mencegah pencurian serupa? Yuk simak uraian di bawah ini, jangan lewatkan satu bagian pun guys.

Facebook memunculkan notifikasi untuk mengatur privasi

Facebook Indonesia [sumber  gambar]
Ternyata tidak sedikit pengguna Facebook Indonesia yang datanya dicuri Cambridge Analytica. Ada sebanyak 1.096.666 pengguna yang keamanan informasi pribadinya dibobol firma AS tersebut. Nah untuk mengetahui data kita dicuri atau tidak, Facebook telah memunculkan sebuah notifikasi di laman pengguna untuk mengubah pengaturan privasi per tanggal 9 April 2018 lalu.

Ini yang muncul saat akunmu telah dicuri

Tampilan Facebook [sumber gambar]
Nah  terkait notifikasi pengaturan privasi yang muncul di Facebook, akan ada perbedaan pengguna yang akunnya telah bobol dan tidak. Jika terindikasi tercuri, akan muncul tombol “See How You’re Affected”. Pilih tombol tersebut untuk mendapat informasi lebih lanjut. Setelah memilih tombol ini, kamu akan tahu aplikasi mana saja yang mereka pakai dan data-data apa saja yang telah diakses aplikasi-aplikasi tersebut. Agar aman, kamu bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak diinginkan.

Tombol yang muncul jika akun aman

Tampilan Facebook [sumber gambar]
Meski aman, Facebook juga memunculkan notifikasi berjudul Protecting Your Information. Bedanya, jika akun dengan data tercuri memunculkan tombol “See How You’re Affected”, akun aman hanya memunculkan tombol “Go to apps and websites” yang mengarahkan ke aplikasi dan website Facebook.

Cara mengecek jika belum muncul notifikasi dari Facebook

Tampilan Facebook [sumber gambar]
Ada akun yang muncul notifikasi dari Facebook, tapi ada juga yang belum. Nah jika akunmu termasuk yang belum dikirim notifikasi oleh Facebook, kamu bisa mengecek sendiri dengan masuk ke halaman akunmu. Setelah itu, pilih pusat bantuan dan ketik “Cambridge Analytica” pada kolom pencarian. Setelah itu akan muncul tampilan “Bagaimana cara mengetahui apakah informasi saya dibagikan ke Cambridge Analytica atau tidak?”, klik tampilan itu. Selanjutnya akan muncul informasi yang menyatakan bahwa informasi Facebook kita pernah dibagikan ke Cambridge Analytica atau tidak.

Langkah-langkah Facebook untuk mencegah pencurian data di kemudian hari

Ilustrasi Facebook [sumber gambar]
Setelah skandal terbesar Facebook in terungkap, tim aplikasi ini terus membuat langkah-langkah antisipasi. Mulai dari membatasi akses data pengguna Facebook melalui application programming interface yang menghubungkan facebook dengan aplikasi lain seperti instagram dan lainnya.  Selain itu pihak Facebook juga akan menghapus secara rutin riwayat telepon secara berkala. Tak ketinggalan, server Facebook kini juga hanya akan menerima data yang dibutuhan untuk menjalankan fitur, bukan informasi pribadi seperti waktu panggilan dan hal sejenis itu.

Kalau melihat informasi di atas, akun kamu termasuk yang tercuri atau nggak nih guys? Cepet cek deh sekarang juga, ketimbang nanti nyesel kalau informasi pribadimu dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Satu lagi, jangan lupa batasi informasi pribadi yang ada di akun media sosial apapun ya. Ketimbang memperbaiki, mencegah akan lebih mudah guys.

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Tidak Hanya Sembuhkan Pasien, Dokter Ini Kembangkan Sepak Bola Indonesia Sampai Berjaya

Kerap Dilakukan Semua Orang, 5 Hal Ini Membuat Makhluk Halus Betah Tinggal di Rumahmu