Setiap hari Raya Idul Adha tiba, sapi-sapi milik Presiden Joko Widodo selalu meninggalkan sebuah kisah yang unik sekaligus menarik. Tak hanya ukurannya yang lebih besar di atas sapi kurban kebanyakan, tapi juga perlakuan spesial yang membuat hewan ternak tersebut terlihat sangat eksklusif.

Mulai dari tidur dengan karpet khusus, rutin mandi agar tidak masuk angin, dan beraneka macam perlakuan lainnya yang terbilang unik. Para sapi yang akan menjadi kurban itu pun benar-benar dijaga ketat oleh pemiliknya sebagai ungkapan rasa syukur dan bangga, karena dipilih oleh orang nomor satu di Indonesia. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Sapi kurban di Tangerang Banten yang senang dipijat terapi

Sapi kurban milik Jokowi di Tangerang Banten yang diterapi pijat [sumber gambar]
Khusus untuk kurban bagi warga Tangerang Banten, sapi berjenis limosin pilihan Presiden Jokowi dimanjakan dengan serangkaian perlakuan khusus. Mulai dari pijatan pada punggungnya agar tetap tenang, hingga kotoran yang selalu dibersihkan agar tidak merusak kulit. Untuk makanan, penambahan nutrisi dan vitamin diberikan agar tetap sehat.

Dimandikan saat siang hari agar tidak masuk angin

Sapi kurban Presiden Jokowi di Gresik, Jawa Timur [sumber gambar]
Sapi Presiden Jokowi yang dibeli di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, merupakan jenis peranakan Ongole yang memiliki bobot hingga 1,04 ton. Uniknya, hewan tersebut kerap dimandikan pada siang hari agar tidak masuk angin. Perawatan tersebut sejalan dengan pemberian pakan seperti tepung kedelai dan rumput segar.

Sapi Upin yang kerap menang kontes

Sapi kurban Upin yang sering menang kontes [sumber gambar]
Berbekal tubuh yang sehat dan bobot luar biasa, sapi bernama Upin yang dibeli Presiden Jokowi di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, ternyata kerap memenangi kontes. Hewan berjenis Ongole ini memiliki berat mencapai 1 ton. Sebelum dijual, sapi Upin tersebut sering keluar sebagai juara kontes bersama sapi lainnya yang bernama Ipin.

Diberi makan ampas tahu

Sapi kurban yang diberi makan ampas tahu di Samarinda, Kalimantan Timur [sumber gambar]
Makanan yang tepat juga menjadi salah satu perlakuan istimewa pada sapi Presiden Joko Widodo. Salah satunya pada sapi berjenis Limosin dengan bobot 968 kilogram di Samarinda, Kalimantan Timur. Sang pemilik yang bernama Subroto mengatakan, dirinya membeli enam karung ampas tahu untuk makanan sapi-sapi miliknya, di samping pemberian rumput secara rutin.

Tidur di karpet eksklusif

Sapi Puang Tedong yang dimanjakan dengan karpet [sumber gambar]
Perlakuan istimewa juga diberikan pada sapi kurban milik Presiden Joko Widodo di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Dengan bobot mencapai 1,2 ton, sapi bernama Puang Tedong itu bahkan diberi alas tidur berupa dua lembar karpet hitam seharga Rp2 juta agar tidak kedinginan dan bisa tidur nyenyak.

BACA JUGA: Mulai dari Mantan Juara Sampai Harga Melejit, Inilah Kliwon Si Sapi Kurban Jumbo Milik Jokowi

Berat sapi kurban Presiden Joko Widodo yang berjenis Limosin rata-rata memiliki bobot satu ton dan bertubuh besar dibanding hewan sejenis lainnya. Perlakuan istimewa tersebut tak lepas dari upaya pemilik untuk memberikan yang terbaik karena telah dipercaya oleh Presiden RI, hingga menghadirkan kisah-kisah unik seperti di atas.