Saat ini produsen ponsel baik dari dalam maupun luar negeri berlomba-lomba menawarkan ponsel canggih dengan berbagai fitur yang menarik dan lengkap. Harganya pun sangat kompetitif, ada yang setara dengan satu sepeda motor dan ada yang hanya ratusan ribu saja. Nah, beberapa smartphone malah memiliki bentuk dan fungsi yang terlihat serupa. Kalau dilihat sekilas,  hanya berbeda harganya saja.

Sudah barang tentu masyarakat akan suka dengan harga yang lebih miring. Tapi tunggu dulu, agar tidak salah pilih kita perlu tahu dengan detail spesifikasi komponen di dalam smartphone. Biar nggak asal murah tapi juga memiliki kemampuan yang oke. Nah, kali ini Boombastis.com akan membahas komponen-komponen yang harus dicek sebelum membeli ponsel android murah. Biar nggak asal murah tapi juga memiliki performance yang kece. Yuk simak berikut ini.

CPU (Central Processing Unit)

Melihat CPU smartphone [sumber gambar]
CPU atau prosesor merupakan perangkat hardware  yang  berfungsi sebagai pengendali jalannya sistem dari sebuah ponsel. Ukuran prosesor pun sangat bervariatif, mulai dari single core, dual core, quad core, hexa core sampai octa core dengan kecepatan yang berbeda-beda, mulai dari MHz sampai GHz. Semakin bagus sebuah prosesor kecepatan proses ponsel juga akan semakin lancar saat digunakan. Pilih proses yang ternama agar ketika menggunakan ponsel tidak akan terasa lemot dan sering nge-lag, seperti Qualcom, MediaTek, Intel, OMAP, Nvidia Tegra, dan Exynos.

RAM (Random Access Memory)

RAM [sumber gambar]
Fungsi dari RAM pada ponsel sebagai pengatur keseimbangan berbagai macam perangkat yang memungkinkan penggunanya untuk multitasking, artinya kita bisa berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi yang lain dengan lancar. Semakin besar kapasitas RAM pada ponsel semakin bagus kinerja dari perangkat ponsel tersebut.

GPU (Graphic Processing Unit)

Tampilan keren menunjukkan kualitas GPU [sumber gambar]
GPU dalam sebuah ponsel sangat penting karena mampu mengolah data grafis seperti image, video, aplikasi, dan game yang memiliki resolusi rendah atau tinggi. GPU dengan kualitas baik akan memperlancar performa ponsel. Pilihlah GPU dengan kualitas baik seperti Qualcom Adreno, NVIDIA Ge Force Tegra, PowerVR, dan ARM Mali.

Layar

Layar ponsel [sumber gambar]
Tampilan layar pada ponsel juga harus diperhatikan ketika ingin membeli ponsel. Pilihlah ponsel yang memiliki layar dengan resolusi tinggi karena akan memengaruhi tampilan pada saat digunakan. Semakin tinggi resolusi layar maka tampilan akan semakin jernih. Banyak pilihan layar yang digunakan pada ponsel saat ini seperti LCD, TFT, IPS, OLED, AMOLED, Super AMOLED, dan Corning Gorilla Glass. Tapi perlu diingat juga, semakin tinggi resolusi layar artinya konsumsi daya baterai juga akan makin besar.

Sistem Operasi (OS)

OS [sumber gambar]
Sistem operasi yang digunakan pada ponsel pintar saat ini beragam, salah satunya adalah Sistem Operasi Android. Pemilihan sistem operasi  juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Selain pemilihan jenis, versi terbaru sistem operasi juga harus diperhatikan agar dukungan aplikasi pada ponsel lebih luas dan banyak. Sistem operasi terbaru untuk android saat ini adalah Oreo.

Memori internal

memori internal [sumber gambar]
Memori internal pada ponsel sangat berpengaruh untuk menyimpan data yang didapat dari mengunduh atau yang lainnya. Data yang disimpan dapat berupa file musik, video, gambar, arsip, dokumen, dan sebagainya. Selain untuk menyimpan data memori internal juga bisa menyimpan banyak aplikasi. Jadi dengan memori internal minimal 16 GB kita akan dengan leluasa menyimpan banyak aplikasi dan data.

Jaringan

Jaringan [sumber gambar]
Jaringan pada ponsel yang beredar minimal bersignal 3G. Untuk mengakses internet jaringan ini sudah cukup baik, tetapi signal yang diterima harus stabil agar tidak terputus. Signal 4G atau LTE saat ini sedang menjadi andalan di Indonesia karena kecepatan yang dimiliki lebih cepat daripada signal 3G.

Kapasitas baterai

Kapasitas baterei [sumber gambar]
Kapasitas baterai menjadi salah satu penilaian penting dalam pemilihan ponsel bagi para konsumen. Memilih baterai dengan ukuran yang besar dapat membuat ponsel bertahan lama tanpa harus mengecharge berkali-kali. Bukan hanya ukuran baterai, fitur fast charging  juga harus diperhatikan agar saat pengisian, baterai terisi dengan cepat dan tidak membuang waktu.

Kamera

kamera [sumber gambar]
Saat memilih kamera pada ponsel harus disesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan kita. Usahakan memilih kamera dengan ukuran minimal 5MP karena hasilnya masih cukup mumpuni. Untuk yang suka berswafoto pilihlah kamera depan yang dilengkapi dengan beauty mode dan flash. Tidak hanya kamera, dukungan perekaman video sebaiknya minimal  1080p atau Full HD.

Itulah beberapa hal yang wajib banget kita perhatikan sebelum membeli ponsel android murah. Jangan sampai tertipu dengan harga murah tetapi hasilnya mengecewakan. Mending bersusah-sudah dahulu dengan cek sana sini untuk hasil yang membahagiakan. Setuju nggak nih guys?