in

Mengenal Catfish, Ikan Lele Raksasa yang Sanggup Telan Manusia Bulat-bulat

Ikan Catfish [Sumber gambar]

Umumnya, ikan lele ternak ataupun yang hidup di perairan Indonesia hanya berukuran 25 cm. tetapi di beberapa negara ada loh ikan lele berukuran raksasa yang ditemukan oleh manusia. Membayangkan tidak jika ada ikan sebesar 1-2,8 meter yang ternyata tertangkap dan masuk dalam jaring? Sedikit mengerikan sih.

Hal tersebut baru-baru ini dialami oleh seorang pemancing asal Italia. Pria 37 tahun bernama Benjamin Gründer ini juga tidak menyangka jika ia berhasil menangkap ‘monster’ raksasa yang ukurannya melebihi buaya dewasa itu. Grunder menyangka kailnya tersangkut pohon, sebelum akhirnya sadar jika ia mendapatkan Catfish.

Bentuk fisik Catfish

Catfish yang ditangkap Benjamin Grunder [Sumber gambar]
Ikan lele raksasa ini memiliki mulut berukuran besar dengan banyak gigi di dalamnya. Ada sungut (kumis) di bagian atas dan bawah mulut. Sungut ini fungsinya untuk mendeteksi lingkungan dan posisi agar mereka tetap bisa bergerak walau di area yang gelap sekalipun. Lele ini memiliki sirip panjang yang menyusuri bagian bawah tubuh dan mendekati sirip ekornya, sirip yang ada di bagian atas dan bawah tubuh, serta sirip pectoral untuk menarik mangsa yang mendekat. Catfish memiliki permukaan kulit yang berlendir dan licin. Warna kulitnya bergantung pada habitat tinggal mereka. Lele akan cenderung berwarna gelap atau hitam jika hidup di air tawar yang jernih dan akan berwarna kecokelatan di air yang agak keruh dan berlumpur, seperti dilansir dari club.iyaa.com.

Habitat dan tempat tinggal

Ikan Catfish [Sumber gambar]

Ikan lele raksasa ini dibagi dalam banyak jenis sebenarnya, setiap negara berbeda penyebutan. Hal ini boleh jadi karena memang bentuknya yang berbeda, atau lain tempat tinggal dan habitat saja. Di Thailand, Catfish ini disebut sebagaiMekong Giant Catfish yang mendiami wilayah Sungai Mekong. Sedangkan di sungai-sungai Amazon, Orinoco, dan Essequibo di Amerika Selatan, mereka hidup dengan nama Red tail catfish. Sedangkan India lebih familiar dengan sebutan Goonch Catfish.

Apakah mereka pernah memakan manusia?

Lele Raksasa [Sumber gambar]
Nah, yang baru saja ditangkap oleh seorang nelayan asal Italia (30/11) lalu adalah jenis Wels Catfish. Ikan ini bisa tumbuh sepanjang 2,5 meter dan berat mencapai 180 Kilogram. Dengan bobot tersebut,  enggak heran deh kalau ia disebut sebagai ‘monster’ air tawar yang bisa menelan manusia hidup-hidup. Nah, mengenai apakah memang ikan-ikan jenis Catfish ini pernah memangsa manusia, belum ada bukti secara dokumentasi sih. Tetapi, konon Catfish jenis Piraiba pernah memangsa manusia dan lebih agresif. Seram juga sih kalau besarnya segitu.

BACA JUGA: Mengenal Arapaima Gigas, Ikan Predator Asli Amazon yang Nyasar ke Perairan Indonesia

Beberapa spesies dari ikan lele raksasa ini juga ada yang sudah di ujung tanduk kepunahan. Pemburuan juga tidak diperbolehkan. Bahkan, ikan Catfish yang beberapa waktu lalu tersangkut di kail Benjamin Gründer dikembalikan lagi ke habitatnya setelah ia mengambil foto dari makhluk raksasa tersebut.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Referensi Buat Para Jomblo, Begini Foto Prewedding Terunik 10 Pasangan Artis Menjelang Hari H

Transformasi Donna Harun, Sudah Nenek-nenek tapi Kecantikannya Enggak Hilang