in

4 Catatan Epic Kurnia Meiga di AFF yang Sulit Ditandingi Kiper Timnas Sekarang

Selain pemain bertahan atau penyerang, bisa dibilang penjaga gawang mempunyai peran vital dalam sebuah kesebelasan. Kehadiran mereka layaknya senjata terakhir dalam menghindarkan tim dari kekalahan. Pentingnya sebuah kiper yang baik juga dapat dibuktikan kala Timnas berlaga di AFF Suzuki 2018, kala itu dua blunder Awan Setho menjadikan Tim Merah Putih harus menelan kekalahan kedua di ajang ini.

Ngomong-ngomong masalah tentang pemain yang berada di bawah mistar, ingatkah kalian dengan sosok Kurnia Meiga? Ya betul, kiper yang semasa aktif tidak tergantikan selama pagelaran AFF 2016 lalu. Sebagai penjaga gawang Meiga juga punya catatan bagus. Bahkan bila dibandingkan dengan kiper Timnas sekarang seperti Awan Setho, Andritany dan Ridho, mereka sulit untuk menandingi Meiga. Dan berikut Boombastis berikan ulasannya kepada kalian.

Meiga mempunyai jumlah penyelamat terbanyak

Penyelamat merupakan sebuah elemen terpenting bagi seorang penjaga gawang. Pasalnya, dengan hal tersebut gawang sebuah klub akan terhindar dari kemasukan. Dan lewat hal tersebut sebuah tim juga bisa terhindar dari kekalahan atau malahan berhasil meraih kemenangan. Seperti menjadi gambaran akan hal tadi, Kurnia Meiga juga menjadi sosok di bawah gawang yang mempunyai jumlah penyelamatan terbanyak.

Save Meiga [Sumber Gambar]
Melansir laman Labbola, selama mengawal gawang Tim Merah Putih di AFF 2016, Meiga sukses mencatatkan save sebanyak 23 kali. Jumlah yang membuatnya kini unggul atas kiper-kiper Timnas yang berlaga di kejuaran Asia Tenggara tersebut. Kalau hal tadi mengacu pada satu ajang AFF, M Ridho, Andritany, dan Awan Setho tidaklah ada apa-apanya.

Membawa Timnas masuk ke Final AFF 2016

Selain hal tadi, catatan Kurnia Meiga lain yang mungkin akan sangat sulit untuk disaingi oleh penjaga gawang Timnas sekarang adalah pencapaian mantan Kiper Arema. Ketika berlaga di ajang sepak bola termasyur di Asia Tenggara itu, pria 27 tahun tersebut sukses membawa Tim Merah Putih masuk ke partai pamungkas.

Raih hasil bagus [Sumber Gambar]

Meski dalam laga final harus bertekuk lutut atas Thailand, namun performanya sangatlah baik kala itu. Bahkan bila aksinya yang menawan di bawah mistar, kemungkinan besar Indonesia sudah gugur saat bersua Vietnam di semifinal. Tidak berhenti disitu saja, Meiga juga membawa Timnas Indonesia ke final sebanyak dua kali kali yakni AFF 2010 dan SEA Games.

Masuk nominasi pemain terbaik ajang sepak bola tersebut

Hal lain yang menjadikan capaian Meiga di atas kiper-kiper Timnas di AFF 2018 adalah bagaimana sosoknya masuk dalam nominasi penjaga gawang terbaik. Saat itu namanya mengungguli empat nama kiper beken dari beberapa Timnas negara tetangga, yakni Kawin Thamsatchanan (Thailand) lalu Khairul Fahmi (Malaysia) , Lionel Lewis (Singapura) dan terakhir Duong (Vietnam).

Nominasi Kurnia Meiga [Sumber Gambar]
Dilansir laman Bolasport, terpilihnya Kurnia Meiga sebagai kiper terbaik Piala AFF merupakan hasil jajak pendapat para fans. Voting yang dilakukan lebih dari 200 ribu orang membuat Kurnia Meiga terpilih sebagai kiper terbaik Piala AFF. Selain Meiga saat itu juga nama Stefano Lilipaly dan Boaz masuk kanidat pemain terbaik ajang tersebut.

Torehakn menit bermain dengan jumlah banyak

Seperti yang telah diungkap di awal tadi, Kurnia Meiga juga menjadi pemain yang mempunyai menit bermain banyak dalam satu kejuaraan AFF. Dari penelusuran penulis Meiga menorehkan 660 menit berlaga atau tidak tergantikan dalam tuju laga. Hal ini juga membuatnya mengungguli jumlah bermain kiper Timnas Saat ini.

Kurnia Meiga save [Sumber Gambar]
Sebenarnya catatan ini sangat terbuka peluangnya untuk dipecahkan penjaga gawang Timnas sekarang. Tapi lantaran adanya rotasi dan bayang-bayang kegagalan Timnas lolos ke babak selanjutnya membuat torehan tersebut agak sulit untuk dipecahkan. Kalau menurutmu bagaimana sobat.

BACA JUGA: Belum Juga Kembali ke Lapangan, Beginilah Kabar Kurnia Meiga Sekarang

Melihat catatan tadi memang tidak salah kalau banyak warganet dan insan sepak bola akhir ini merindukannya kembali berada di bawah mistar Timnas. Sebuah hal yang bisa dikatakan wajar, pasalnya, Tim Garuda juga sedang membutuhkan sosoknya. Besar harapan Kurnia Meiga cepat sembuh dan segera membela Timnas.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Gara-gara Kuis, Nindy Ayunda dan Ririn Ekawati Disebut Netizen ‘Uang Tak Bisa Beli Ilmu’

Suka Berteduh di Bawah Fly Over Saat Hujan? Awas Kamu Bisa Kena Jerat Hukum!