in

Sangat Mudah! Inilah 5 Cara Sembuhkan Gondongan dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

Siapa yang tidak tahu dengan gondongan? Penyakit yang sering diderita oleh anak-anak ini membuat para orangtua pusing tujuh keliling. Ya bagaimana tidak, demam yang disertai dengan pembengkakan di bawah telinga membuat anak rewel semalaman. Jadi mau tak mau orangtua harus siap siaga jika gondongan tiba-tiba menyerang buah hatinya.

Biasanya orang-orang mengobati gondongan dengan cara menempelkan blau di bagian yang terkena gondongan. Namun sayangnya blau kini agak susah didapat karena jarang sekali yang menjualnya. Akan tetapi, ternyata gondongan bisa disembuhkan dengan bahan alami yang mudah untuk didapatkan. Jadi, apa sajakah bahan-bahan yang dimaksud?

Dapat disembuhkan dengan tanaman jahe

Jahe yang sudah kita kenal sebagai tanaman obat, ternyata dapat menyembuhkan gondongan lho. Ini disebabkan jahe memiliki antivirus dan anti inflamasi yang penting untuk mengatasi gondongan. Tak hanya itu, kandungan dalam jahe dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang diakibatkan dari gondongan.

Dapat disembuhkan dengan jahe [Sumber Gambar]
Jika kalian tertarik untuk menggunakan jahe sebagai obat penyembuh, caranya mudah kok. Cukup hancurkan jahe menjadi bubuk dan campurkan dengan sedikit air. Kemudian aduk sampai jahe menjadi pasta. Jika sudah, oleskan pasta jahe tersebut ke bagian tubuh yang terkena gondongan dan biarkan sampai kering. Kalau telah kering, bersihkan pasta jahe dengan lap basah. Hal ini dilakukan secara teratur sebanyak satu atau dua kali dalam sehari.

Air hangat juga bisa mempercepat penyembuhan

Siapa sangka jika air hangat ternyata mampu untuk mengobati gondongan. Air hangat dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh gondongan. Selain itu, bengkak juga dapat terkurangi berkat air hangat tersebut.

Bisa juga dengan air hangat [Sumber Gambar]

Metode penyembuhan dengan air hangat ini juga sangat mudah lho Sahabat Boombastis. Cukup kompres air hangat di bagian tubuh yang terserang gondongan. Kira-kira dikompres selama 5 sampai 10 menit setiap harinya. Nah, tapi hal yang dilakukan tidak itu saja ya harus ditambah dengan istirahat dan mengonsumsi air putih secara teratur. Supaya gondongan bisa pergi dari tubuh.

Es batu dapat mengobati penyakit gondongan

Selain air hangat, es batu juga bisa jadi pilihan untuk menyembuhkan gondongan. Hal ini bisa terjadi karena es batu dipercaya mampu untuk meredakan pembengkakan kelenjar. Nah, dengan cara ini kalian tidak perlu bingung lagi mengobati pembengkakan di area bawah telinga tersebut.

Es batu bisa jadi alternatif [Sumber Gambar]
Cara menggunakan es batu ini adalah terlebih dahulu harus dibungkus dengan kain bersih. Hal ini dilakukan supaya dinginnya es tidak langsung menyentuh kulit. Kemudian kompreskan ke bagian yang terkena gondongan selama beberapa menit.

Bisa juga menyembuhkan dengan menggunakan bawang putih

Bawang putih yang kita kira hanya bisa berfungsi sebagai bumbu dapur, ternyata dapat berguna juga untuk kesehatan. Salah satunya adalah berfungsi untuk menyembuhkan penyakit gondongan. Bawang putih dianggap bisa mengobati gondongan lantaran mengandung flavonoid dan sulfur yang dapat atasi peradangan dan menghancurkan penyebab infeksi dari penyakit tersebut.

Bawang putih dapat mengobati gondongan [Sumber Gambar]
Untuk menggunakannnya bisa hancurkan bawang putih menjadi halus. Kemudian oleskan bawang putih yang sudah hancur tadi ke bagian gondongan. Diamkan beberapa lama dan selanjutnya bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini setiap hari ya untuk memperoleh hasil yang maksimal. Namun jika hal ini dirasa kurang efektif, bisa campurkan bawang putih ke masakan yang akan dikonsumsi oleh penderita gondongan.

Daun belimbing wuluh dapat menjadi obat penyembuh gondongan

Belimbing wuluh tidak hanya berguna pada bagian buahnya saja Sahabat Boombastis. Daunnya pun juga dapat bermanfaat untuk pengobatan penyakit gondongan. Jadi, untuk kalian yang punya pohon belimbing wuluh bisa banget untuk diterapkan.

Daun dari belimbing wuluh dapat menyembuhkan gondongan [Sumber Gambar]
Cara mengolah daun belimbing wuluh menjadi obat sangatlah mudah. Ambil daun beberapa helai dan kemudian dicuci bersih. Selanjutnya siapkan bawang putih dan campurkan dengan daun belimbing wuluh tadi. Lalu tumbuk hingga hancur dan kemudian oleskan di bagian yang terserang gondongan. Hal ini harus dilakukan setiap harinya supaya gondongan cepat mengecil dan akhirnya bisa sembuh.

Cukup mudah kan mengobati gondongan dengan cara di atas? Selain gampang penerapannya juga tidak perlu untuk membuang-buang uang. Namun, selain cara di atas, para penderita gondongan juga wajib untuk beristirahat secara teratur. Kemudian jangan lupa juga untuk mengonsumsi air putih lebih banyak. Agar para penderita gondongan bisa cepat pulih.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengintip Keadaan Para Janda Zaman Batavia yang Lebih Diperebutkan Ketimbang Perawannya

Ngeri! Gara-gara Hal Sepele 4 Artis Korea Selatan Ini Dituntut Petisi Mati oleh Netizen