Semakin banyaknya negara yang terdampak penyebaran virus corona, membuat setiap orang di dalamnya merasa khawatir jika sampai tertular. Tak terkecuali orang-orang kaya di dunia. Mereka justru punya caranya sendiri demi terhindar dari virus corona, meski pemerintah masing-masing telah memberlakukan serangkaian kebijakan.

Karena keamanan dan kesehatan menjadi prioritas utama, beberapa kalangan jetset ini bahkan rela merogoh kocek hingga Rp68 miliar demi keselamatan diri maupun keluarganya. Bahkan, ada pula pemain sepak bola ternama yang rela membeli pulau pribadi demi terhindar dari wabah virus corona. Berikut ulasan selengkapnya.

Rela bayar 8.000 dolar AS per tahun demi menjaga kesehatan pribadi

Semenjak virus corona ditetapkan menjadi pandemi global, banyak orang-orang kaya yang mulai perhatian dengan kesehatannya. Salah satu bentuk dari hal tersebut adalah dengan cara menyewa jasa kesehatan yang bernama Sollis Health. Hal ini diketahui dari Jurnalis New York Times , Alex Williams dan Jonah Engel Bromwich, dalam laporan panjang berjudul “The Rich are Preparing for Coronavirus Differently” (6/3/2020).

Untuk menjadi anggota Sollis Health, para pesertanya nya dikenakan biaya keanggotaan yang cukup besar. Nantinya, jasa kesehatan yang diberikan antara lain seperti pesan obat yang diantar hingga ke rumah, memanggil dokter, hingga sewa ruang UGD kelas VIP dengan membayar biaya keanggotaan sebesar 8.000 dolar AS per tahun (Rp 129.940.000).

Pilih bepergian dengan menyewa jet pribadi agar tidak kontak dengan banyak orang

Tulisan Tom Metcalf, Thomas Black, dan Anders Melin berjudul “Wealthy Jump to Private Jets to Duck Airlines and Cut Virus Risk”, yang dikutip dari Bloomberg.com (29/02/2020) menyebutkan, banyak orang kaya yang memilih jet pribadi sebagai sarana transportasi saat bepergian. Hal ini diketahui dari tingginya permintaan yang dipaparkan oleh penyedia layanan jet pribadi seperti PrivateFly, JetSet Group, dan Insignia Group.

Ilustrasi jet pribadi [sumber gambar]
Sebagai contoh, biaya terbang pulang-pergi dari New York ke London dengan jet Gulfstream IV 12-kursi mencapai sekitar 140.000 dolar AS (Rp 2.280.250.000). Sangat mahal, tapi cocok bagi mereka untuk meminimalkan risiko infeksi. “Jumlah permintaan jet pribadi telah meningkat – terutama pada penerbangan jarak jauh. Mereka (orang kaya) tidak mau berbagi kursi dengan orang lain.” ucap Richard Lewis, presiden Insignia Group, perusahaan yang mengatur perjalanan via udara untuk para miliarder.

Rela keluarkan biaya hingga Rp68 miliar demi tinggal di sebuah bunker khusus

Upaya lainnya yang ditempuh untuk menghindar dari wabah virus corona adalah, membeli sebuah bunker khusus yang telah dilengkapi berbagai fasilitas kelas atas. Para pengusaha teknologi adalah konsumen terbesarnya. Pendiri LinkedIn, Reid Hoffman kepada The New Yorker pada 2017 silam mengatakan, ada sekitar 50% pengusaha teknologi di lembah silikon AS telah membeli semacam asuransi kiamat, seperti ruangan yang aman, dan bunker.

Karena digunakan untuk tempat tinggal, harganya pun tidak main-main. Gary Lynch, manajer umum Rising S Company bahkan menjual satu unit bunker yang dilabeli sebagai “Presidensial” atau mewah di kelasnya dengan harga 4.200.000 dolar AS (Rp 68.103.000.000). Jelas, pembelian ini digunakan sebagai antisipasi dari ‘kiamat’ yang terjadi. Salah satunya adalah wabah virus corona yang telah menjadi pandemi global.

Pemain sepakbola ternama beli pulau pribadi demi menghindar dari virus corona

Merebaknya virus corona di banyak negara juga membuat pesepakbola Cristiano Ronaldo berjaga-jaga. Bahkan, dirinya disebut membeli pulau pribadi yang bakal ditinggali oleh sanak keluarganya. Dilansir dari Republicworld.com (17/03/2020), Cristiano Ronaldo membeli sebuah pulau adalah sebidang tanah pribadi yang menghadap Samudra Atlantik dekat Madeira.

Rencananya, ia dan keluarga akan berada di sana hingga status soal penyebaran virus corona dianggap telah aman. Ronaldo sendiri telah kembali ke Portugal setelah Pemerintah Italia memberlakukan isolasi secara nasional. Baik dirinya maupun sang istri, Georgina Rodriguez, beserta seluruh keluarganya kini menetap di kediamannya di Funchal, kepulauan Madeira, Portugal.

BACA JUGA: Super Tajir, 5 Orang Penting Indonesia Ini Ternyata Punya Pulau Pribadi

Dengan dana berlimpah, tentu para orang super duper kaya di atas tidak merasa kesulitan mengakses fasilitas kelas atas hanya agar terhindar dari wabah virus corona. Tapi , alangkah baiknya jika mereka mau mendonasikan sebagian kekayaan yang dimiliki guna menekan penyebaran virus corona, seperti yang dilakukan oleh para pesohor dunia beberapa waktu lalu.