Meskipun di rumah, kita tidak bisa sepenuhnya aman dari yang namanya hewan-hewan liar. Salah satunya adalah tokek. Hewan yang kerap dibilang cicak besar ini terkadang suka nyempil di rumah warga. Tanpa bilang permisi, ia biasanya langsung bersuara sehingga menakuti orang-orang yang ada di dalam rumah.

Seperti halnya yang terjadi pada salah seorang warga di Vietnam ini. Ia mengunggah foto di sebuah grup facebook bahwa di belakang pintu rumahnya terdapat banyak sekali tokek. Bahkan, ada juga telur yang masih belum menetas. Waduh, kalau sudah begini, bagaimana cara mengusirnya ya?

Cairan pembasmi nyamuk yang bisa bikin tokek mabuk

Cairan pembasmi nyamuk [Sumber Gambar]
Apa Sahabat Boombastis punya obat pembasmi nyamuk di rumah? Hmm.. sepertinya enggak mungkin kalau tidak punya ya. Nah, cairan tersebut bisa kalian manfaatkan untuk mengusir hewan ini. Tak perlu dicampurkan dengan apapun, cukup semprotkan saja ke tempat yang kerap dilalui oleh tokek. Cara ini kemungkinan besar ampuh karena tokek sangat tidak menyukai bau menyengat dari obat pembasmi nyamuk.

Lampu terang bisa jadi senjata untuk usir tokek

Memasang lampu terang [Sumber Gambar]
Cara mudah lainnya yang bisa kalian terapkan adalah memasang lampu di tempat tokek berada. Niscaya tokek tidak akan betah karena ia memiliki sensitivitas tinggi terhadap cahaya. Kalau kalian keberatan memasang lampu, bisa manfaatkan sinar senter untuk menakutinya. Hanya dengan mengarahkan sinar ke hewan melata tersebut, bisa dipastikan ia bakal lari terbirit-birit.

Cangkang telur yang membuat tokek enyah dari rumahmu

Cangkang telur untuk usir tokek [Sumber Gambar]
Punya cangkang telur di rumah? Jangan dibuang dulu, gengs. Kalian bisa manfaatkan limbah ini untuk mengusir hewan menakutkan ini dari rumah. Cara menggunakannya pun sangat gampang. Kalian hanya tinggal meletakkan cangkang telur ini di beberapa sudut rumah. Kemungkinan besar, tokek tidak akan berani datang karena ia mengira ada hewan lain menempati sarangnya.

Kapur barus yang juga banyak digunakan untuk menghilangkan tokek

Kapur barus [Sumber Gambar]
Masih ragu dengan cara di atas? Tenang, masih ada trik lainnya kok. Yaitu menggunakan kapur barus. Kalian hanya cukup menaburkan kapur barus ke tempat-tempat yang sering didatangi oleh tokek. Tapi, jangan lupa juga untuk menyebarkannya di pintu masuk dari binatang satu ini. Langkah ini mampu mengusir tokek selamanya karena hewan tersebut sangat tidak suka dengan bau menyengat dari kapur barus.

Bawang merah juga ampuh lho menakuti tokek

Bawang merah [Sumber Gambar]
Terakhir, kalian dapat memakai bawang merah untuk senjata pengusiran tokek. Bumbu dapur ini terbukti ampuh karena bawang merah mengandung senyawa yang membuat badan tokek terasa perih. Aromanya yang menyengat juga tidak akan membuat tokek bertahan. Apabila kalian tertarik menggunakannya, cukup letakkan irisan bawang merah di sebuah tempat kecil. Kemudian taruh di tempat-tempat yang sekiranya sering dilalui tokek. Namun, perlu diingat, bawang merah harus diganti satu minggu sekali ya.

BACA JUGA : Dibeli dengan Nilai Miliaran, Ini Loh Alasan Mengapa Tokek Harganya Super Mahal

Itulah cara-cara yang bisa digunakan untuk mengusir tokek. Ada cara instan dan juga alami untuk mengusirnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan penulis doakan supaya tokek enggak mampir ke rumah kalian.