in

5 Cara Berbeda Makan Kurma Buat Buka Puasa

Sajian lezat dari kurma
Sajian lezat dari kurma

Buah kurma memang sudah menjadi menu utama untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis dan legit memang membuat lidah menari-nari saat memakannya. Selain itu, kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat menambahkan energi kita setelah seharian berpuasa.

Namun, bosankah kamu dengan cara memakan buah kurma yang begitu saja? Jika iya, jangan khawatir, karena ada solusinya. Ya, kamu bisa mencoba beberapa kreasi camilan dari buah kurma. Seperti apa yaa? Apakah menjadi lebih nikmat? Kita simak saja yuk dibawah ini.

1. Puding atau Cake Kurma

Kamu pasti sering membuat puding, dimana berbagai jenis buah-buahan sering menjadi campuran kedalamnya. Coba deh, ganti buah-buah biasa dengan buah kurma. Rasanya dijamin sangat nikmat dan cocok banget dimakan saat berbuka puasa.

Puding Kurma yang Nikmat
Puding Kurma yang Nikmat [ImageSource]
Selain untuk campuran puding, buah kurma juga bisa untuk campuran cake atau bolu. Tapi jangan lupa untuk memisahkan biji buah kurmanya terlebih dahulu. Karena jika tergigit biji kurma, tentu akan sangat mengganggu saat kita memakan bolu tadi.

2. Milkshake atau Jus Kurma

Setelah menahan dahaga seharian, saat berbuka puasa tiba tentu kita ingin meneguk minuman yang manis dan segar bukan. Nah, buah kurma ini juga bisa kamu campurkan ke dalam larutan minuman tersebut. Pilihlah kurma yang lembut dan legit agar lebih mudah dicampur ke minuman yang akan dibuat.

Milkshake Kurma yang Menyegarkan
Milkshake Kurma yang Menyegarkan [ImageSource]
Kamu bisa membuat milkshake? Nah tambahkan beberapa buah kurma saat kamu akan memblender bahan-bahan untuk membuat milkshake tadi. Atau untuk ide kreasi lainnya yang lebih mudah, yakni membuat buah kurma menjadi jus kurma. Terbayangkan nikmatnya seperti apa.

3. Koktail atau Salad Kurma

Koktail adalah minuman yang terdiri dari berbagai macam potongan buah-buahan. Buah yang berwarna cokelat cenderung hitam ini ternyata juga nikmat  untuk campuran koktail. Sama seperti buah lainnya, buah kurma ini hanya tinggal dipotong dadu kemudian beri air dan gula atau sirup.

Salad Kurma Menjadi Camilan Yang Sehat
Salad Kurma Menjadi Camilan Yang Sehat [ImageSource]
Buat kamu yang tidak suka manis, kamu bisa mencoba untuk membuat salad kurma. Hampir sama caranya dengan membuat koktail, buah ini dipotong seperti dadu lalu campurkan dengan mayones. Rasa manis dan asam menjadi satu akan membuat lidah kita bergoyang.

4. Kurma Goreng

Kurma juga nikmat nih untuk dijadikan isi dari kulit lumpia. Caranya juga tak kalah mudah, kurma-kurma yang sudah dipisahkan dari bijinya kemudian ditumbuk hingga menjadi seperti padatan. Isikan padatan ini kedalam kulit lumpia, lalu goreng kedalam minyak panas.

Lumpia Renyah Isi Kurma
Lumpia Renyah Isi Kurma [ImageSource]
Kurma goreng ini lebih nikmat jika dinikmati dalam keadaan hangat. Rasanya gurih, manis dan juga renyah. Agar tampilannya semakin cantik, kamu bisa menambahkan cokelat pasta atau gula halus diatasnya. Kamu juga bisa loh menggoreng kurma ini dengan tepung, seperti menggoreng pisang.

5. Cokelat Kurma

Cokelat isi kurma? Hemm mendengarnya saja sudah terbayang nikmatnya. Biasanya cokelat kurma menjadi oleh-oleh dari orang yang baru saja pulang dari Mekkah. Tapi, tidak usah menunggu bulan Haji datang karena kamu bisa membuat cokelat kurma ini sendiri.

Manisnya Kurma Dilapisi Coklat
Manisnya Kurma Dilapisi Coklat [ImageSource]
Caranya sangat mudah loh. Kamu hanya tinggal mencelupkan kurma ke dalam cokelat yang sudah dilelehkan terlebih dahulu. Kemudian taburkan kacang tanah atau kacang mede yang sudah dihaluskan ke atas cokelat kurma ini. Selain nikmat, tampilannya juga sangat cantik dan menggugah selera bukan.

Itulah tadi beberapa kreasi dari buah kurma. Unik namun tetap terasa kelezatannya. Jadi sekarang kamu tidak bosan lagi kan dengan buah kurma yang dimakan dengan cara begitu saja. Kalau kamu sendiri,  punya ide lain tidak untuk membuat camilan yang berbahan dasar kurma?

Written by Rahma Muliani

Leave a Reply

Penyelamatan hewan oleh manusia

10 Hal Luar Biasa yang Dilakukan Manusia Untuk Binatang

Wajah Jagoan TV Era ’90an dan Kabar Mereka Sekarang, Masih Ingat Nggak Ya?