in

Cara Kreatif Para Pedagang ini Bikin Kita Ngakak Sekaligus Terharu

Meskipun kesannya sepele, tapi aktivitas berdagang itu sungguh hal yang kompleks. Tak hanya sekedar menjajakan barang dan kemudian dapat untung, seorang pedagang juga harus cari cara agar dagangan bisa dibeli. Nah, cara-cara orang berdagang ini macam-macam. Ada yang begitu-begitu saja, ada juga yang berani berinovasi dengan mengemas cara berdagang yang kreatif nan lucu.

Ada banyak contohnya nih orang berdagang dengan cara seperti ini. Misalnya saja penjual obat kuat di Car Free Day atau tempat-tempat ramai lainnya yang berjualan dengan cara menyampaikan monolog-monolog lucu. Misalnya, “ayo pak biar istrinya nggak marah lagi,” “biar bisa bikin istri pingsan,” dan sebagainya. Pasti pernah menemui yang semacam ini, kan?

Nah, tentu cara berdagang lucu nan kreatif tak cuma dilakukan oleh pak tukang obat kuat. Banyak pedagang lainnya juga melakukan hal yang sama, misalnya beberapa pedagang ini. Meskipun lucu dan menarik, tapi di sisi lain cara yang mereka lakukan juga menyimpan kesan lain yang mengharukan.

Pedagang Es Krim yang Menjajakan Dagangan di Tengah Laut

Pembeli adalah raja, ungkapan ini harusnya memang ditanamkan dalam-dalam kepada setiap pedagang. Tapi, nyatanya tak semua pedagang macam begini. Kadang pembeli malah mirip pengemis. Pedagang seperti ini sepertinya harus malu dengan pria penjual es krim asal Meksiko ini. Ya, ia sangat tahu cara bagaimana memanjakan pelanggannya.

Pedagang es krim [Image Source]
Pedagang es krim [Image Source]
Ya, alih-alih menjual es krim di pinggir pantai. Si bapak ini justru berenang ke tengah laut untuk menjajakan dagangannya. Alhasil, pemandangan lucu sekaligus mengharukan pun tercipta. Dengan membawa box es krim si bapak mendatangi seorang wanita yang nampaknya ingin menikmati dinginnya es krim. Foto ini kemudian cukup menarik perhatian banyak orang yang rata-rata salut dengan sikap si penjual es krim.

Pantun dan Istilah Lucu Ala Pedagang Baju Bekas di Pasar Senen

Berbelanja baju bekas ternyata masih jadi hal yang sering dilakukan banyak orang. Harga yang miring, model oke, dan kualitas bagus jadi alasannya. Pedagang baju bekas juga ada di hampir setiap kota, termasuk Jakarta yang bisa kita jumpai di Pasar Senen. Nah, yang unik dari pedagang pakaian bekas di sini adalah keahlian mereka menarik pelanggan dengan cara yang lucu. Ya, lewat pantun dan istilah-istilah yang bikin ngakak.

Pedagang baju Pasar Senen [Image Source]
Pedagang baju Pasar Senen [Image Source]
“Mak Lampir makan kedongdong. Mampir Dong.” Atau “Pergi ke Bali ketemu Bang Gosal. Beli sekali ga bakal menyesal.” Pantun-pantun macam ini bakal sering kita dengar di sana dan pasti dijamin bakal bikin bibir otomatis melengkung ke bawah. Tak hanya itu, para pedagang ini juga punya singkatan-singkatan lucu. Misalnya PPD yang artinya Pegang-Pegang Doang, Rojali alias Rombongan jarang beli. Unik, ya?

Tukang Rujak yang Bergoyang Cesar

Kreativitas tak hanya milik penjual es dan pedagang baju, tukang rujak pun juga demikian. Ya, seperti kisah seorang penjual rujak yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan sosmed gara-gara ia melayani pembelinya sambil bergoyang ala Cesar Keep Smile yang sempat meledak itu.

https://www.youtube.com/watch?v=bS4ifj2t24c

Lucu ya, melihat aksi si bapak yang mengiris-iris buah sambil berjoget. Kita juga bisa dengar pula para pelanggannya yang tertawa-tawa dengan aksi di penjual ini. Meskipun lucu kelihatannya, tapi miris juga sih kesannya, bahkan bisa dibilang susah dilakukan. Ya, butuh skill khusus untuk menyeimbangkan goyangan dengan gerakan memotong agar jari-jari bisa selamat.

Penjual Kreatif yang Pasti Bikin Kamu Ketawa

Coba search pedagang lucu di Youtube maka kamu bakal mendapatkan video seorang penjual alat unik di hasil paling atas. Ya, si penjual ini begitu unik karena ia menjual semacam terompet yang bisa mengubah output suaranya jadi mirip anak kecil. Tak hanya menjual saja, si bapak juga mempraktikkan cara pakainya. Dan yang terjadi kemudian adalah dialog lucu bapak dengan suara anak-anakan itu, meskipun agak fulgar sedikit.

https://www.youtube.com/watch?v=UgYgL8FftDM

“Pak njaluk adik cilik, saiki” yang artinya “Pak minta adik kecil sekarang” atau “Pak njauk susu sing gede, sing cilik ora doyan” yang artinya pasti bisa kamu terka-terka sendiri. Nah, berkat keunikan serta demonstrasi lucu ini, si bapak pun langsung kebanjiran pembeli. Ia pun makin menggila lagi dengan demonstrasi-demonstrasi yang bakal bikin perutmu sakit.

Asyiknya Para Asongan Berjualan Saat Bom Meledak

Bom Sarinah beberapa waktu lalu jadi berita yang sangat menghebohkan. Bukan hanya karena video detik-detik meledaknya, atau mungkin gara-gara Pak Jokowi langsung datang, tapi juga potret para penjual asongan yang seolah tak peduli dengan bom tersebut, padahal orang-orang di sekitarnya ketakutan.

Pedagang sate Bom Sarinah [Image Source]
Pedagang sate Bom Sarinah [Image Source]
Misalnya foto seorang tukang sate yang sibuk membakar satenya padahal lokasi bomnya sendiri tak sampai 100 meter dari lokasi berjualannya. Ada juga foto seorang pedagang asongan yang malah asyik menjajakan barang dagangannya di situasi genting macam itu. Di satu sisi ini lucu dan menggelitik, tapi di sisi lain hal tersebut jadi bukti jika mereka sangat pemberani.

Unik dan menarik ya cara para pedagang di atas menjajakan barang dagangannya. Ada tukang es krim yang nekat melaut sampai si penjual sate yang seolah tak peduli dengan bom di depan matanya. Lucu memang, tapi di sisi lain ini jadi bukti kredibilitas para pedagang ini. Ya, apa pun yang terjadi mereka seolah tak mempedulikannya dan tetap berjualan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

khasiat weton jawa

6 Kebudayaan Jawa yang Turun-temurun Diwariskan Hingga Sekarang

5 Fakta Mencengangkan Suku Tarahumara, The Flash Dunia Nyata yang Kemampuannya Menggemparkan