in

Kejahatan di Angkutan Umum Merajalela, Ini 6 Cara Agar Terhindar dari Tindak Kriminal

Kejahatan memang selalu datang kapan dan di mana saja. Tak peduli tempat, asal ada kesempatan, orang-orang yang sedang tidak berpikiran jernih pasti melakukan tindak kriminal tersebut. Contohnya saja nih seperti peristiwa yang terjadi di Jakarta Utara beberapa waktu lalu. Ada seorang wanita yang tewas dikarenakan melompat dari angkutan umum. Wanita tersebut melompat karena ketakutan ditodong oleh penjahat di angkutan umum yang dinaikinya.

Melihat kejadian tersebut, pastinya kita jadi ngeri sendiri. Was-was kalau ada kejadian serupa menimpa diri kita. Tapi, sebenarnya kita tak perlu takut untuk menghadapinya. Sebab, ada beberapa cara supaya kita terhindar dari tindak kriminal saat menaiki transportasi umum.

Sebelum naik angkot, ada yang harus dilakukan

Jangan pakai perhiasan berlebih [Sumber Gambar]
Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah tidak memakai perhiasan berlebihan. Sebab, memakai perhiasan yang mencolok membuat kita menjadi sasaran utama sang penjahat. Kalau kalian memang membutuhkan memakai perhiasan karena ingin pergi ke pesta atau acara penting lainnya, lebih baik disimpan dulu di dalam tas. Jika sudah sampai di tujuan, kalian bisa menggunakannya lagi kok. Dengan cara ini, pasti kalian akan terhindar dari yang namanya tindak kriminal.

Seleksi dulu angkutan yang mau dikendarai

Pilih angkot yang kacanya bening [Sumber Gambar]
Lalu, pemilihan angkutan umum yang akan kita naiki juga harus diperhatikan Sahabat Boombastis. Jadi, sebelum kita menaiki angkot, coba pilih transportasi yang kacanya berwarna bening. Hal ini dilakukan supaya kalau ada tindak kejahatan di dalam transportasi umum, akan terlihat dari sisi luar angkot. Sehingga akan ada banyak orang yang bakal membantu kalian keluar dari tindak kejahatan tersebut.

Di dalam angkot harus pilih tempat duduk aman

Pilih tempat duduk yang aman [Sumber Gambar]
Jika sudah di dalam angkot, pilihlah tempat duduk di pinggir. Lebih amannya adalah duduk di dekat pintu. Lalu sebisa mungkin hindari memilih tempat duduk di posisi paling dalam atau di antara dua orang. Kalau kalian duduk di posisi-posisi tersebut, jika ada tindak kejahatan, pasti akan susah untuk keluar dari sana. Mungkin saja kan semua orang di dalam angkutan tersebut adalah komplotan penjahat yang sedang menyamar menjadi penumpang biasa.

Kalau sudah duduk di angkutan umum jangan lakukan ini

Jangan keluarkan hp [Sumber Gambar]
Kemudian, sebisa mungkin kalian tidak mengeluarkan barang berharga di dalam transportasi. Misalnya saja seperti handphone. Kalau tidak ada hal yang mendesak, lebih baik simpan saja ponsel genggam kalian di dalam tas. Sebab, mengeluarkan handphone di dalam angkot bisa menarik perhatian orang yang ingin bertindak jahat. Meskipun di dalam angkot sangat ramai, tapi tidak menutup kemungkinan kejadian pencopetan atau penjambretan bisa terjadi.

Jangan juga lakukan ini ketika di dalam angkutan umum

Jangan tidur di dalam angkot [Sumber Gambar]
Di angkot biasanya kita sering kali mengantuk. Ini terjadi karena tidak ada teman untuk bicara atau sedang merasa sangat lelah. Nah, sebenarnya kita tidak dianjurkan untuk tidur di dalam angkot Sahabat Boombastis. Usahakan mata selalu terbuka dan tahan kantuknya sampai kita berada di tempat tujuan. Alasannya karena dikhawatirkan tas atau barang bawaan yang kita bawa akan diambil oleh penjahat. Pasti tidak mau kan seperti itu? Jadi, untuk menghindari kantuk yang sering menyerang tiba-tiba, makan permen saja. Cara ini bisa membuat kantuk menjadi hilang untuk beberapa waktu.

Selalu bawa barang ini di tas kalian

Bawa alat penyemprot [Sumber Gambar]
Terakhir, cara yang bisa kita lakukan adalah membawa alat penyemprot. Bukan alat penyemprot serangga ya, tapi cairan biasa kok. Contohnya aja seperti air mineral biasa yang bisa juga dicampur garam. Alat penyemprot ini berfungsi untuk melindungi diri kita dari orang-orang yang ingin bertindak jahat. Jadi, jika ada yang menodong kita, tinggal semprotkan saja cairan tersebut ke wajah atau matanya. Sehingga bisa membuat pelaku menjadi tidak berdaya dan kita dapat segera kabur dari sana. Tapi hal yang perlu diingat adalah jangan menyemprotkan bahan kimia seperti parfum ya. Sebab, itu bisa membahayakan si pelaku.

Dari kejadian yang dijelaskan pada paragraf pertama tadi, kita harus lebih waspada lagi ketika hendak bepergian menggunakan angkutan umum. Supaya lebih aman, sebisa mungkin kita membawa teman. Tapi, kalau tidak memungkinkan, coba tips yang sudah diulas di atas. Semoga cara-cara di atas bisa membantu mencegah kejahatan di angkutan umum. Lalu tetap berhati-hati jika ingin bepergian ke mana saja ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Tasya Kamila Segera Melaju ke Pelaminan, Ini 10 Potret Mesranya Selama 5 Tahun Pacaran

5 Fakta KRI Dewaruci, Kapal Kayu Kuno Asli Indonesia yang Tetap Kokoh Mengarungi Samudera