Membeli motor dengan sistem kredit memang asyik. Sebab, kita tak perlu susah-susah kumpulkan uang banyak untuk kendarai motor impian. Dan hal ini ternyata juga disukai oleh pihak marketing gengs. Pasalnya, kalau pelanggan memilih membayar dengan sistem cicilan, mereka akan mendapatkan cuan lebih banyak daripada pembeli yang menggunakan cash.

Maka dari itu, banyak sales-sales yang lebih menganjurkan pembeli membayar menggunakan sistem kredit. Dan pihak marketing pun biasanya menggunakan kata-kata manis untuk membuat pembeli jatuh kepada pilihan pembayaran cicilan. Nah, pasti malas kan kalau sudah bertemu dengan sales seperti ini. Jadi, bagaimana cara untuk menghindarinya?

Cek harga dulu di website resmi

Cek harga motor di website [Sumber Gambar]
Bagi kalian yang ingin membeli kendaraan roda dua dengan sistem cash, jangan lupa cari dulu harganya di website resmi. Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti menuturkan kalau ini digunakan sebagai patokan berapa uang yang perlu kalian siapkan atau bawa ke dealer. Terkadang, pihak dealer memberikan diskon dari harga resminya lho. Ya sekitar Rp200 hingga Rp500 ribu lah. Kan lumayan bisa menghemat uang kalian.

Pastikan membeli di dealer resmi

Beli motor di dealer resmi [Sumber Gambar]
Setelah kalian memeriksa harga, ada yang perlu kalian lakukan lagi. Adalah memastikan bahwa kalian akan membeli kendaraan roda dua di dealer resmi. Yup, ini perlu benar-benar diperhatikan. Sebab, di dealer resmi tidak akan ada deh yang namanya sales-sales nakal. Salah satunya ya yang akan mempengaruhi kalian untuk membeli motor menggunakan sistem kredit.

Pilih marketing yang menggunakan seragam di sales counter

Pilih sales yang berseragam [Sumber Gambar]
Sudah sampai di dealer resmi? Eits, jangan buru-buru lakukan apapun. Sahabat Boombastis perlu memilih sales mana yang jujur sekaligus amanah. Caranya adalah dengan memilih pihak marketing yang menggunakan seragam di sales counter. Karena itu adalah sales yang asli dari dealer gengs. Jangan pilih yang tidak menggunakan seragam ya. Pasalnya, meskipun kalian berada di dealer resmi, masih ada sales nakal yang juga berkeliaran. Biasanya sales tersebut dinamai dengan istilah calo leasing.

Jika masih dipersulit, laporkan saja ke sini

Melapor ke call centre [Sumber Gambar]
Mungkin tidak semuanya mendapatkan sales yang jujur. Bisa saja meskipun sudah menggunakan seragam, tapi ia tetap bersikukuh untuk menganjurkan membayar melalui sistem cicilan. Nah, kalau sudah begini, jangan gundah atau pun risau kawan. Kalian cukup melaporkannya ke call centre atau email yang sudah tertera di website resmi. Nanti, pihak pusat akan memberikan surat teguran ke dealer dan juga sales itu sendiri.

BACA JUGA : Jangan Tertipu! Kenali Trik-trik Laknat yang Sering Digunakan Penjual Motor Bekas

Sudah tahu kan bagaimana tata caranya? Oke, jadi kalian tidak perlu takut lagi pergi ke dealer untuk membeli motor secara tunai. Lagipula, membeli kendaraan roda dua tersebut dengan sistem cash itu adalah hak kalian. Semoga bermanfaat dan share artikelnya ke kerabat kalian.