in

4 Cara ‘Buas’ Pemerintah China Agar Pejabatnya Anti Korupsi, Indonesia Wajib Tiru!

eksekusi mati [image source}

Sampai saat ini, China menjadi salah satu negara dengan tingkat korupsi paling rendah di dunia. Semua itu tidak terlepas dari usaha pemerintahnya dalam memberantas pengurasan uang negara oleh para pejabat. Oleh sebab itu dibuat aturan-aturan super nyeleneh oleh negara ini agar pejabatnya tidak korup semua.

Masih soal kebijakan milik China itu, aneh memang tapi berkat aturan tersebut bisa dijamin kalau pejabat bakal takut setengah mati mengambil uang negara. Soalnya bukan hanya hukuman mati, penderitaan hidup juga bakal mereka terima nantinya. Lalu bagaimana cara China menakut-nakuti para pejabatnya itu? Simak ulasan berikut.

Malas datang, jabatan melayang

Sangat berbeda dengan negeri ini, di negara komunis itu bisa dibilang peraturannya sangat ketat dan mengikat. Jangan harap bisa santai-santai atau tiduran saat sidang, di sana tidak ada istilahnya pejabat melakukan “korupsi waktu” seperti itu. Ancaman pemecatan di negara itu bisa dibilang sangat tinggi ketimbang yang lain, pasalnya bakal ada pengawasan ketat secara berkala yang dilakukan.

Malas rawan copot jabatan [image source]
Sampai ditemukan adanya kinerja yang menurun atau kedapatan bermalas-malasan, maka pemecatan bisa dengan mudah dilakukan. Sangat berbeda ya dengan negara ini, para pejabat yang ketahuan bermalas-malasan bukannya dipecat, malah makin kaya dibuatnya. Mestinya hal seperti ini patut dicontoh Indonesia.

Studi tour ke penjara buat mereka yang masih minat korupsi

Satu hal yang unik dari negeri tirai bambu ini, setiap calon pejabat bakal mendapatkan “kunjungan” sebelum mereka menjabat. Jangan dibayangkan kalau bakal seperti yang ada di Indonesia, keluar negeri atau ke tempat-tempat wisata, yang ada para calon pejabat itu harus melakukan safari ke penjara.

Safari penjara [image source]
Aturan tersebut diberlakukan wajib agar para calon pejabat itu tahu bagaimana keadaan para koruptor yang menderita di penjara. Tidak ada fasilitas mewah sama sekali, bahkan perlakuan untuk pelaku korupsi ini sudah seperti narapidana kelas kakap. Dijamin mereka bakal menyesal mengambil uang negara.

Menjadi seorang pejabat sama dengan jadi melarat

Aturan unik lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah China ini bisa dibilang perlu diacungi jempol. Potret perlakuan pada para pejabat di Indonesia dan China benar-benar berbeda. Jika di sini para pejabatnya diberikan fasilitas super mewah dan kelas lima, kalau di sana malah bagaikan neraka dunia. Ya, aturan wajibnya adalah para pejabat dilarang untuk hidup mewah.

hidup sederhana [image source]
Mulai dari pemakaman yang serba seadanya, hingga anggaran dan fasilitas yang serba dibatasi. Bahkan para pejabat sangat dilarang untuk bermain golf, karena olah raga tersebut identik dengan gaya hidup hedonis. Sampai seperti itu usaha China untuk menekan jumlah korupsi yang tinggi. Namun terbukti sekarang negara menjadi jajaran negara paling tidak korup di dunia.

Berani korupsi nyawa taruhannya

Sudah bukan lagi rahasia kalau negara ini mempunyai hukuman paling kejam di dunia bagai para koruptor. Ternyata tiga aturan di atas kadang tidak membuat jera para pelaku korupsi, oleh sebab itu hukum seperti ini harus dilakukan. Memang sih tampak sangat tidak manusiawi dan melanggar HAM, akan tetapi hukuman ini ternyata benar-benar bikin kapok para pengeruk uang negara.

eksekusi mati [image source}
Sudah sangat banyak para koruptor yang mengalami eksekusi ini, mulai dari ditembak, digantung hingga disuntik mati. Bahkan menurut Amnesty International ada 4 ribu orang mengalami eksekusi setiap tahunnya. Sampai saat ini negara ini menjadi algojo paling banyak di dunia. Ngeri bukan main deh buat para pejabat yang ketahuan korupsi di negara ini.

Memang hukuman mati sangat tidak relevan kalau diterapkan di Indonesia, namun beberapa aturan lainnya sangat bisa digunakan di negeri ini. Paling tidak hal tersebut akan membuat efek jera, salah satunya aturan para pejabat yang haram bermewah-mewahan. Kalau hal itu benar diterapkan, dijamin deh pengeluaran negara bisa sangat sedikit.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

10 Sitkom Terlaris Indonesia yang Kehadirannya Pernah Membawa Keceriaan Luar Biasa

5 Perempuan Hebat Nan Membanggakan Indonesia yang Namanya Dikenal Sangat Harum di Dunia Internasional