in

Berkaca dari Insiden Ibu Hamil Tertabrak, Begini Cara Aman Saat Belajar Setir Mobil

Seorang ibu muda dikabarkan meninggal dunia setelah tertabrak oleh mobil di Palmerah, Jakarta Barat. Peristiwa itu terjadi setelah seorang wanita yang tengah belajar mengemudikan mobilnya lalai dan tak mampu mengendalikan. Kisah miris ini pun sempat ramai di media sosial.

Belajar mengendarai mobil memang tak bisa dilakukan secara sembarangan. Selain ukurannya yang lebih besar dibandingkan kendaraan roda dua, para pemula setidaknya melibatkan mereka yang telah berpengalaman mengemudikan mobil. Penasaran seperti apa caranya, simak ulasan Boombastis berikut ini.

Siapkan mental saat hendak memulai belajar mengendarai mobil

Ilustrasi persiapan mengendarai mobil [sumber gambar]
Mempersiapkan mental menjadi hal utama yang bisa dilakukan sebelum memulai berkendara. Hal ini dilakukan agar kita bisa berkonsentrasi selama berkendara dalam waktu yang cukup lama. Caranya bisa dilakukan dengan memberikan sugesti positif pada pikiran, bahwa pelajaran menyetir mobil pada hari itu berjalan baik dan lancar. Bisa juga mempersiapkan diri dengan sarapan agar perut tidak lapar.

Kenali fungsi dari instrumen dan alat yang ada pada mobil

Kenali instrumen dan komponen dalam mobil [sumber gambar]

Selain mempersiapkan mental, ada baiknya jika kita membekali diri dengan pengetahuan dasar soal mobil dan bagian-bagiannya. Terutama instrumen dan panel-panel yang ada di bagian pengemudi. Bukan apa-apa, hal ini dapat membantu driver pemula agar lebih mudah dalam belajar saat berkendara nanti. Hal semacam ini biasanya dijelaskan oleh pendamping jika menggunakan jasa pelatihan menyetir mobil profesional.

Sebaiknya libatkan profesional atau mereka yang ahli sebagai pendamping

Ilustrasi melibatkan profesional saat belajar setir mobil [sumber gambar]
Melibatkan profesional atau mereka yang ahli soal berkendara dengan mobil juga bisa menjadi pilihan bagi para pemula. Jelas, ada banyak manfaat yang didapat dibandingkan dengan belajar menyetir seorang diri. Salah satunya seperti adanya bimbingan yang terstruktur lewat program mengemudi yang ada. Keberadaan mereka juga bisa sebagai sarana mengevaluasi kemampuan diri kita.

Siapkan konsentrasi selama berkendara

Ilustrasi berkonsentrasi selama berkendara [sumber gambar]
Sebagai pemula saat berkendara, usahakan agar konsentrasi tetap terjaga selama berada di perjalanan. Terkadang, hal semacam ini kerap disepelekan dan seringkali ditinggalkan tanpa sadar. Konsentrasi sendiri memiliki banyak manfaat saat digunakan untuk berkendara, seperti fokus terhadap situasi yang ada di jalanan, hingga mencegah kita untuk lalai saat mengemudikan kendaraan. Sikap ini juga menjadi salah satu kunci dari keselamatan pengemudi.

Cek kesiapan dan kenyamanan sebelum berkendara

Ilustrasi posisi saat mengendarai mobil [sumber gambar]
Salah satu hal lainnya yang tak kalah penting bagi pemula yang akan belajar menyetir adalah, melihat kembali persiapannya sedari awal. Baik itu secara mental, hingga kendaraan yang akan digunakan seperti menentukan posisi duduk yang sesuai, jarak pandang, letak kaca spion, hingga jarak jok untuk menjangkau pedal gas, rem dan kopling.

BACA JUGA: Di Tempat Ini Kamu Bisa Belajar Nyetir Mobil di Atas Gedung Setinggi 20 Meter, Berani Coba?

Melakukan persiapan sebelum memulai belajar menyetir mobil memang sangat penting bagi para pemula. Selain meminimalisir adanya masalah pada kendaraan, hal tersebut juga sebagai upaya untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan misalnya.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

5 Hal Berbahaya yang Akan Dirasakan oleh Mereka yang Mengaku Indigo

Punya Banyak Penggemar, 4 Hal Ini Membuat Nama Jefri Nichol ‘Tercoreng’ dan Dihujat Netizen