in

Inilah 4 Cara Jitu Berkendara Aman dengan GPS yang Enggak Bakal Dicyduk oleh Polisi

Peraturan baru tentang lalu lintas banyak menuai pro dan kontra oleh masyarakat. Dari yang merokok sampai mendengarkan musik. Tapi ada lagi nih satu aturan yang juga bikin semua pengendara sedikit geram. Yap, itu adalah tentang tidak bolehnya menggunakan peta online atau yang biasa disebut dengan GPS.

Hal itu tentu saja mengundang kekecewaan banyak pihak. Khususnya para driver ojek online yang sangat membutuhkan teknologi satu itu. Selain itu juga banyak orang yang perlu sekali memakai GPS ketika mereka hendak bepergian supaya tidak salah jalan. Hmm.. tapi tenang aja Sahabat Boom, kita bisa kok melihat GPS dengan aman dan dijamin tidak ditilang oleh polisi.

1. Jangan lupa sebelum berkendara cek ke arah mana kalian akan pergi

Cek GPS sebelum berkendara [Sumber Gambar]
Ini diperuntukkan bagi yang berkendara tidak tau arah tujuannya. Nah, biasanya mereka yang seperti ini pasti hanya mengandalkan yang namanya GPS. Karena menurut mereka, GPS adalah penyelamat di saat tidak tau arah dan tujuannya. Tapi karena sekarang tidak diperbolehkan untuk mengoperasikan GPS di jalan, jadi harus memakai cara lain nih Sahabat Boom. Caranya adalah dengan mengecek GPS sebelum kita berkendara. Kemudian hafalkan jalan yang hendak kita lewati nanti. Selain itu perhatikan patokan-patokan besar yang akan kita lalui seperti patung, rumah sakit atau pom bensin. Dengan begitu, kita tidak akan membuka GPS terlalu sering.

2. Pakai mode suara untuk penunjuk jalan

Pakai mode suara GPS [Sumber Gambar]

Manusia memang enggak pernah luput dengan yang namanya lupa. Seperti kita yang sudah menghafalkan jalan dengan seksama, tapi nyatanya otak berkata lain. Di tengah jalan kita lupa harus lewat jalur yang mana. Kalau begini, mau tak mau harus mengeluarkan GPS di tengah jalan. Tapi berkat teknologi GPS yang sudah mutakhir ini, ada fitur untuk memudahkan pengguna supaya enggak perlu repot mengeluarkan hp. Fitur tersebut adalah mode suara yang ada pada GPS. Melalui fitur yang satu ini, kita bisa berkendara dengan aman dan hanya perlu mengikuti arahan dari suara GPS tersebut.

3. Lebih baik menepi jika ingin lihat GPS

Menepi jika ingin melihat GPS [Sumber Gambar]
Ketika kita menggunakan mode suara untuk GPS, biasanya bunyi dari fitur tersebut tidak begitu terdengar. Itu disebabkan suara bising yang berasal dari lalu lintas. Kalau sudah seperti itu, sudah waktunya untuk melihat GPS. Eitss.. tapi tunggu dulu, jangan buru-buru untuk mengeluarkan ponsel. Karena bisa aja ada polisi yang mengintaimu dari kejauhan. Jadi, lebih baik kita harus menepi terlebih dahulu. Kemudian baru kita mengeluarkan ponsel dan menengok GPS.

4. Kalau bawa teman, boleh banget dimanfaatkan

Usahakan bawa teman saat berkendara [Sumber Gambar]
Kalau berkendara bawa teman itu ada gunanya lho. Selain jadi teman ngobrol, juga bisa membantu kita sebagai pengarah jalan. Ya, bisa dibilang ini adalah sebagai pengganti dari mode suara pada GPS. Cara ini terbukti aman dari tilangan polisi karena kita tidak memegang hp selama perjalanan. Jadi, sebisa mungkin bawa teman ya kalau tidak tau jalan.

Dengan 4 cara di atas, pengemudi bisa berkendara dengan aman. Selain itu pengendara juga enggak perlu lagi melihat ke arah ponsel terus menerus sehingga bisa memperkecil yang namanya kecelakaan. Selain itu, kalian juga enggak akan ditilang oleh polisi karena mengoperasikan GPS di tengah jalan. Cukup aman dan nyaman bukan?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Ngeri! 6 Artis Tanah Air Ini Hampir Tewas Saat Syuting, No. 5 Kisahnya Paling Tragis

5 Fakta Sejarah Mengejutkan Ini Buktikan Nazi Jerman Bersahabat dengan Orang Indonesia