in

Bagikan Cara Pangkas Harga Tiket di Twitter, Begini Komentar Para Netizen

Kabar kenaikan tiket pesawat akhir-akhir ini memang sempat menjadi trending topic. Bagaimana tidak, harga yang awalnya terjangkau menjadi mahal dua kali lipat. Hal ini sempat membuat netizen membuat petisi meminta diturunkan harga ke sedia kala. Karena berbagai protes dan tuntutan, pihak berwenang akhirnya menurunkan semua tiket yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carrier Association/INACA)20-60 persen.

Namun, hal tersebut rupanya masih dirasa mahal jika dibanding harga tiket sebelum kenaikan. Tapi, bukan netizen Indonesia namanya jika tak bisa putar otak. Alhasil, melalui Twitter, seorang cowok bernama Andri Adi Nugroho membagikan cara cerdas memangkas harga tiket, sehingga jauh lebih murah.

Tips agar dapat tiket murah [Sumber gambar]
Melalui akun Twitternya @Andriadinugroho, ia memperlihatkan sebuah screenshoot status seseorang yang memesan penerbangan dengan rute berbeda tetapi tujuannya ke Jakarta. Gambar yang pertama, rute Jakarta ditempuh dengan penerbangan langsung yang biayanya 6 juta. Sedangkan rute kedua, tiket yang dibeli adalah perjalanan menuju Kuala Lumpur, Malaysia, yang transit terlebih dahulu di Jakarta. Nah, rute perjalanan kedua ini biayanya lebih murah hampir 2 juta rupiah. Andri juga mengatakan bahwa ketika di Jakarta langsung saja turun tanpa harus meneruskan perjalanan.

Tak hanya itu, ia juga membagikan penerbangan tujuan Jakarta-Pekanbaru yang ditempuh dengan transit di Malaysia. Penerbangan ini lebih murah 400 ribu jika dibandingkan dengan Jakarta-Pekanbaru langsung.

Perbedaan harganya kalau langsung dan transit [Sumber gambar]

Cuitannya ini ternyata banyak dikomentari oleh warganet. Ada yang berterimakasih karena telah diberikan tips hemat uang yang nominalnya lumayan besar, ada pula yang mengatakan bahwa cara ini merepotkan, terutama bagi mereka yang membawa bagasi 20 kg. Uniknya, netizen Twitter memang dipenuhi ide-ide segar dan luar biasa. Menanggapi ini, akun @okkiardiant menjawab bahwa bagasi juga bisa diakali. Hanya, penumpang memang harus melapor ke Transfer Deck sesaat setelah landing di Jakarta. Bisa mengutarakan alasan sehingga bagasi bisa di-offload, dengan begitu maskapai tak akan punya hak untuk tetap memaksa terbang.

Ternyata, cara ini memang sudah banyak diterapkan oleh para pemburu tiket murah. Terlihat dari beberapa komentar lain netizen yang punya pengalaman serupa. Tweet balasan dari @ayurmnda misalnya. Ia menceritakan bahwa temannya yang pulang Pontianak dengan mengambil jalur Bandung-Batam yang transit ke Pontianak lebih murah daripada Bandung-Pontianak langsung. Bagasi juga bisa diakali dengan cara yang sebelumnya, punya alasan untuk keperluan mendadak dan melapor ke Transfer Deck.

Solusi untuk bagasinya [Sumber gambar]
Tips lain agar bagasi tetap bisa diambil juga dibagikan oleh akun @MarcelinoRenAld. Ia mengatakan bahwa bisa request penurunan bagasi di terminal transit ketika proses check in. Jadi nantinya bagasi tidak terbawa ke tujuan akhir penerbangan.

BACA JUGA: Ini Dampak dari Naik Turunnya Harga Tiket Pesawat Terbang, Netizen Sampai Bikin Petisi

Lifehack ini sangat bermanfaat dan bisa nih diterapkan buat berhemat saat perjalanan jauh. Netizen yang ikut berkomentar juga sudah merasakan sendiri manjurnya trik ini. Jadi, apakah kamu berniat untuk mencoba?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

F-16 Turunkan Pesawat Ethiopia, Inilah Sangarnya 5 Alutsista TNI AU yang Jaga Langit NKRI

Ramai Diskriminasi Agama, Ternyata Kota-kota di Indonesia Ini Punya Toleransi Tinggi