in

Bekas Luka Sayat Adalah Bukti Kecantikan di 3 Negara Ini, Tanda Bahwa Cantik Itu Relatif

Apa definisi cantik menurutmu? Kalau di Indonesia, kita semua tau bahwa mereka yang punya kulit putih mulus, langsing, plus kaki jenjang adalah perempuan yang banyak disukai kaum adam. Meskipun sebagian juga tak masalah dengan para wanita berisi pemilik kulit sawo matang. Tak heran, jika kemudian ada banyak perempuan yang berbondong membeli skincare agar kulitnya mulus.

Nyatanya, tak semua negara punya standar seperti itu. Beberapa di antaranya bahkan terlihat tidak masuk akal. Berikut ini ada 3 negara yang menerapkan standar kecantikan dengan melukai sekujur tubuh mereka. Di mana saja sih? Yuk, simak ulasan Boombastis.com berikut ini.

Perempuan Afrika yang melukai tubuhnya seperti di film Black Panther

Kalau kamu sudah menyaksikan film Black Panther, kamu pasti enggak asing kan dengan luka sayatan yang ada di badan Erik Killmonger. Ya, tidak hanya berlaku untuk kaum lelaki saja, beberapa negara di Afrika juga memberlakukan ini untuk kaum perempuan. Para perempuan dengan luka-luka seperti ini justru dianggap sebagai wanita cantik.

Tato tubuh dan lip plate [sumber gambar]
Tidak sebatas melukai tubuh agar berbentuk seperti tato abadi saja, para perempuan dari suku Mursi dan Surma bahkan sering menggunakan ‘lip plate’ untuk memperlebar bibir mereka. Lip plate ini juga ada di dalam film Black Panther. Ya, kita yang melihat mungkin akan merasa sedikit terganggu bahkan merasa ngilu. Tapi bagi mereka, hal tersebut adalah kebanggaan tersendiri.

Ethiopia, beauty is pain

Melansir dari detik.com, ada sekelompok orang dari Suku Kara atau biasa disebut Suku Karo, tinggal di sekitar Sungai Omo, bagian selatan Ethiopia dan punya standar kecantikan dengan melukai tubuh mereka juga. Suku ini hidup dengan berburu dan beternak. Jangan tanya kehidupan mereka seperti apa? Layaknya kebanyakan suku primitive, Suku Karo ini pun hidup sederhana tanpa teknologi dan jauh dari nuansa modernitas. Baik pria ataupun wanita akan punya sayatan yang sama.

Peremouan yang melukai kulit mereka [sumber gambar]

Untuk pria, sayatan ini adalah bukti kejantanan mereka, sedangkan wanita sayatan ini lambang kecantikan –semakin banyak sayatan, semakin dianggap cantik dan seksi. Uniknya lagi, saat disayat di bagian tubuh tertentu, seorang perempuan sekalipun tak boleh terlihat lemah dan kesakitan. Mereka harus menunggu dengan sabar hingga proses sayat menyayat selesai. Jika mereka berteriak atau menjerit, maka mereka dinyatakan gagal. Duh, ngeri juga yess, gengs?

Wanita cantik di Papua Nugini dengan scarifikasi sepik

Seperti di Ethiopia, suku di Papua Nugini ini juga punya tradisi membuat bekas luka di sekujur tubuhnya. Tradisi ini sebenarnya khusus untuk lelaki yang sudah menjelang dewasa, sebagai tanda bahwa mereka akan segera punya kehormatan sempurna. Namun, tidak menutup kemungkinan para perempuan pun bisa mendapat luka yang sama.

Melukai kulit di Papua Nugini [sumber gambar]
Skarifikasi ini dilakukan dengan menggunakan senjata tajam, puluhan bahkan ratusan kali pada tempat tertentu di kulit sehingga membentuk motif layaknya kulit buaya. Prosenya tentu butuh waktu yang lama dan menyakitkan, tapi budaya seperti ini sudah dilangsungkan sedari zaman nenek moyang mereka terdahulu.

BACA JUGA: 5 Tradisi Aneh Suku Di Afrika, Ada Yang Memotong Tenggorokan Jenazah!

Ternyata di mana-mana ingin menjadi cantik itu menyakitkan. Kalau di Indonesia, mungkin dompet dan kantong yang sakit karena setiap bulan harus membeli skincare, di negara-negara Afrika dan Papua Nugini, cantik juga harus rela menahan sakit di badan. Tetapi kembali lagi, setiap negara punya standar kecantikan masing-masing, berbeda satu sama lain.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

11 Potret Toilet Paling Aneh dan Malah Ngelawak, Niat Awal Poop Pupus Sudah

Kawin Kontrak Hingga Penipuan, 3 Kontroversi WN China Ini Hebohkan Masyarakat Indonesia