in

Bakal Buat Negaranya Tajir Melintir, Ini 4 Fakta Cadangan Emas Turki yang Baru Ditemukan

Nama Turki sampai saat ini masih disegani oleh banyak negara. Baik itu dari kehebatan militernya, keindahan alamnya, kemajuan teknologinya, hingga budayanya yang diakui oleh dunia. Bisa dibilang kalau Turki tidak hanya jaya di masa lalu namun juga disegani hingga masa kini.

Bicara soal Turki, beberapa waktu yang lalu negara ini sedang jadi buah bibir dunia. Hal itu terjadi karena Turki dianggap akan jadi tajir seperti di Dubai hingga Arab Saudi. Pendapatan bakal meroket dan kesejahteraan banyak ditemui untuk rakyatnya. Lalu kenapa sih bisa diramalkan begitu, biar gak penasaran simak ulasan berikut.

Penemuan emas, pundi kekayaan baru Turki

Turki saat ini sedang dipandang oleh banyak negara besar karena penemuan sumber daya alam terbarunya. Bagaimana tidak, pasalnya beberapa waktu yang lalu di provinsi Agri Timur, Turki mengklaim menemukan tambang emas yang melimpah. Diperkirakan ada sekitar 20 ton kandungan emas yang ada di sana atau setara dengan Rp1,700 trilun.

Tambang emas [sumber gambar]
Ini bukan kali pertama, dilansir dari laman Kompas, pada akhir tahun 2020 yang lalu, negara ini justru menemukan potensi tambang emas yang lebih banyak yaitu sekitar 99 ton. Adanya penemuan SDA emas ini diperkirakan dapat meringankan beban negara sebesar USD2,4 miliar per tahunnya.

Banyak saham perusahaan yang melonjak naik

Adanya temuan dari tambang emas ini tentunya berdampak besar pada perekonomian Turki. Namun salah satu yang paling terlihat adalah naiknya saham perusahaan yang berhubungan dengan penemuan tambang emas ini. Dilansir dari laman Kompas, perusahaan Gubretas yang notabennya berfokus mengolah pupuk, nilai sahamnya naik 10 persen setelah menemukan tambang emas di lahannya.

Ilustrasi emas [sumber gambar]
Hal ini jadi bukti meskipun tak terjun langsung dalam pengolahannya, namun terkena imbas positifnya yang luar biasa. Memang, semua itu tidak terlepas dari fokus Turki saat ini dalam mengembangkan SDA dalam penambangan emas. Hal itu dibuktikan dengan rekor Turki yang berhasil mengolah 38 ton emas sejak tahun lalu.

Dulunya emas Turki jadi komoditi yang tak dianggap

Adanya penemuan-penemuan ini mulai membuat dunia jadi memandang Turki ternyata punya potensi emas yang bagus dan melimpah. Sebelumnya, Turki tak pernah dianggap karena memang komoditi emas tidak terlalu digarap. Dilansir dari laman Turkinesia, pada tahun 2000-an hampir tak ada produksi emas di negara itu.

Mulai fokus emas [sumber gambar]
Bukan karena tak ada kadungan emas, namun tak mampunya teknologi dan kurangnya visi dalam mengolahnya. Padahal negara ini berada dalam urutan ke-12 masalah cadangan emasnya di dunia. Baru akhir-akhir ini teknologi yang sudah maju dan melihat potensi, yang ada membuat Turki bisa lebih baik dalam memanfaatkan komiditi emasnya. Dilansir dari laman Kompas, target Turki adalah produksi emas 100 ton per tahun.

Sebelum emas, gas alam juga ditemukan

Sebelum SDA berupa emas Turki ini mulai diperhitungkan dunia, sebelumnya gas alam ramai dibicarakan. Dilansir dari laman Republika, negara ini punya deposit gas alam sebesar 540 miliar meter kubik. Kebanyakan gas alam tersebut ditemukan di areal laut hitam dan sedang dipersiapkan produksinya.

Gas alam Turki [sumber gambar]
Rencananya, pemerintah Turki baru akan memulai  produksi pada tahun 2023 karena  saat ini, baik alat dan tenaga yang masih belum siap. Adanya cadangan gas alam ini diharap meningkat pendapatan negara dan mengurangi biaya impor 50 miliar meter kubik gas dari luar negeri.

BACA JUGA: Kisah Para Pemuda Indonesia yang Diapresiasi Turki karena Bantu Temukan Cadangan Gas Alam

Sebenarnya kalau masalah sumber daya alam, maka negara kita pun bisa diadu dengan Turki. Namun masalah yang sama dihadapi, yaitu kurangnya teknologi yang memadai membuatnya butuh bantuan negara lain. Diharap kelak, baik Indonesia atau Turki bisa mandiri sehingga hasil SDA-nya tidak dipotong lagi.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Warga di Desa Ini Dilarang Berjualan Nasi, Kalau Melanggar Bisa Kena Musibah

Move To Heaven, Drama Korea Baru Paling Sedih yang Terinspirasi dari Kisah Nyata