in

Bikin Merinding! Bus Hantu Banyuwangi-Surabaya Cuma 5 Menit Antar Penumpang Sampai Tujuan

Cerita tentang hantu tak hanya sebatas makhluk halus saja, seperti pocong, kuntilanak, atau wewe gombel. Alat transportasi yang terbuat dari besi pun juga bisa jadi hantu yang bikin merinding manusia. Bahkan legenda urban tentang bus-bus misterius juga bikin deg-degan.

Di Indonesia sendiri ada beberapa kisah bus hantu. Salah satu yang bikin bulu kuduk berdiri adalah bus hantu jurusan Banyuwangi menuju Surabaya. Mulai dari kecepatan yang luar biasa hingga wujud para penumpangnya, bikin saksi mata tak berdaya. Seperti apa kisahnya?

Kisah lama yang masih bikin masyarakat bergidik

Cerita bus hantu selalu bikin orang takut. [sumber gambar]
Adalah Syafiil Anam, seorang warga yang rumahnya dekat dengan Terminal Bungurasih, Surabaya. Ia mengisahkan bahwa di tahun 1997 silam, ada seorang wanita yang menjadi saksi adanya bus hantu. Baru sampai di tujuan, wanita tersebut menceritakan pengalaman menyeramkan yang bikin heboh orang seluruh terminal.

Kecuali dirinya, semua penumpang bus mengenakan baju putih

Ilustrasi baju putih. [sumber gambar]

Dalam ceritanya, wanita tersebut mengatakan bahwa dirinya akan berangkat ke Surabaya. Waktu menunjukkan pukul 21.00 saat ia memasuki sebuah bus. Tanpa curiga, dirinya memilih kursi yang kosong dan duduk di sana. Saat mengamati sekitar, ia melihat hal yang tak wajar. Kecuali dirinya, para penumpang bus mengenakan baju putih sementara bagian wajah tertutup kain dengan warna yang sama.

Baru saja berangkat, bus sudah sampai tujuan

Cerita bus hantu selalu bikin merinding. [sumber gambar]
Tanpa curiga, wanita ini pun duduk tenang dan meletakkan tas di sampingnya. Ia hanya mengira para penumpang tersebut mungkin satu rombongan, sehingga memakai baju yang sama. Baru saja bus berjalan, tiba-tiba sudah sampai tujuan. Hanya saja bus ini tak sampai masuk Bungurasih. Wanita itu diturunkan di gerbang terminal.

Baru tersadar ketika disapa petugas di Terminal Bungurasih, Surabaya

Saat sampai, wanita tersebut dihampiri petugas karena terlihat bingung. Dirinya menerangkan baru saja berangkat dari Terminal Banyuwangi sebelum tiba-tiba diturunkan. Ia makin terkejut ketika melihat jam tangannya dan menyadari bahwa Banyuwangi – Surabaya hanya ditempuh dalam lima menit saja. Sebagai catatan, waktu perjalanan kedua kota itu biasanya memakan waktu sekitar enam jam.

Misteri bus hantu jadi cerita misteri bagi warga sekitar Terminal Bungurasih. [sumber gambar]
Kehebohan pun terjadi di Terminal Bungurasih. Orang-orang yang penasaran berdatangan, termasuk Syafiil Anam. Wanita itu kemudian menunjukkan tiket yang didapatnya. Rupanya tiket itu adalah buatan tahun 1965.

Kisah mistis ini dihubungkan dengan kecelakaan bus yang merenggut nyawa semua penumpangnya

Bus masuk jurang di kawasan Gunung Lawu. [sumber gambar]
Melihat tahun pembuatan karcis bus tersebut, masyarakat mulai menghubungkan kejadian yang dialami wanita tersebut dengan kecelakaan di tahun 1965. Pada saat itu ada bus yang masuk ke jurang. Malang tak dapat ditolak, semua penumpang meninggal dunia.

BACA JUGA: Heboh Bis Hantu, 4 Hal Mistis Ini Juga Pernah Terjadi Saat Berada di Dalam Kendaraan

Hingga sekarang, kisah bus hantu ini masih menjadi misteri bagi warga di sekitar Terminal Bungurasih. Memang sulit dipercaya, namun dikatakan Syafiil Anam, wanita penumpang tersebut adalah warga Peneleh, Surabaya. Yang pasti, waspadalah sebelum naik angkutan bus. Siapa tahu, dalam lima menit kamu sudah sampai tujuan.

Written by Bayu Yulianto

Kuliah Gratis sampai Dapat Tunjangan, Kisah Latissa Wibowo yang Dapat Beasiswa di Eropa

Gerbang Neraka di Turkmenistan, Misteri Kawah yang Kobarkan Api Selama Lebih dari 40 Tahun