in

Kulon Progo Punya Bupati Hebat yang Tidak Dimiliki oleh Daerah Lain

Dari banyaknya daerah-daerah di Indonesia, nama Kabupaten Kulon Progo mungkin tidak akan pernah terlintas di pikiran banyak orang. Sunyi, senyap, jauh dari pemberitaan, membuat daerah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini seakan tertutupi sebuah tirai besar yang membuat orang noleh pun tidak. Meskipun demikian, bukan berarti daerah ini tidak memiliki prestasi apa pun yang pantas untuk dibanggakan.

Di bawah pimpinan sang bupati bernama Hasto Wardoyo, Kabupaten Kulon Progo menjadi salah satu daerah yang paling maju dan prestisius di Indonesia. Ya, sang Bupati melakukan banyak sekali gebrakan maut yang mampu membuat masyarakat Kulon Progo bersyukur luar biasa dengan keadaannya yang sekarang. Pujian pun terlontar kepada sang bupati sebagai mastermind dari deretan capaian greget Kabupaten Kulon Progo.

Lalu, sebenarnya apa yang sudah dilakukan Bupati 51 tahun ini? Berikut ulasannya.

1. Program Bela dan Beli Kulon Progo Bikin Rakyat Sumringah

Sama seperti kebanyakan daerah di DI Yogyakarta lainnya, Kulon Progo juga punya batik khasnya sendiri yang bernama Geblek Renteng. Sayangnya, kiprah batik unik tersebut tak setenar Yogyakarta dan Solo. Hingga akhirnya Hasto pun putar otak, dan akhirnya terciptalah sebuah program ekonomi kerakyatan bernama Bela dan Beli Kulon Progo.

Program penggunaan batik sendiri membuat para pengrajin makmur [Image Source]
Program penggunaan batik sendiri membuat para pengrajin makmur [Image Source]
Program ini mewajibkan para pegawai negeri dan siswa di Kulon Progo untuk memakai batik Geblek Renteng pada hari-hari tertentu dalam seminggunya. Alhasil, para pembatik pun seperti ketimpahan rejeki luar biasa. Bahkan mereka mulai kewalahan dalam memenuhi pemesanan. Berkat program ini, ratusan miliar pun mengalir deras ke kantong-kantong pengrajin yang kini jumlahnya sudah mencapai puluhan.

2. Hasto Membuat Petani Kulon Progo Makmur

Bagi sebuah kabupaten, sektor pertanian adalah hal utama yang harus dimajukan. Hasto pun juga tak lupa melakukan hal yang sama di daerahnya. Namun ia punya cara unik yang mungkin jadi insipirasi banyak pemimpin lainnya. Lagi-lagi, ia memanfaatkan rakyat sendiri untuk memasarkan padi-padi petani.

Program yang digulirkan sang bupati membuat petani Kulon Progo makin tetap bisa bertahan [Image Source]
Program yang digulirkan sang bupati membuat petani Kulon Progo makin tetap bisa bertahan [Image Source]
Hasto mewajibkan para PNS yang jumlahnya hampir 8 ribu itu untuk membeli padi produksi petani lokal, 10 kilogram dalam sebulannya. Hasilnya mencengangkan, industri pertanian Kabupaten Kulon Progo pun makin hidup dan terus berkesinambungan. Bahkan Hasto juga mengatur Bulog agar ikut berpartisipasi dalam sistem pertanian rakyat ini. Keren!

3. Sang Bupati Ciptakan Kemasan Air Minum Sendiri

Kabupaten Kulon Progo patut bersyukur karena memiliki kondisi geografis yang unik. Namun karunia ini akan jadi sia-sia kalau tidak ada tangan kreatif yang mengolahnya. Salah satu unggulan Kulon Progo adalah sumber air bersihnya yang melimpah. Dan tanpa basa-basi, Harto pun memanfaatkan hal tersebut dengan mendirikan sebuah perusahaan air minum.

"Dari pada beli kenapa nggak bikin sendiri?" Begitu ungkap sang Bupati [Image Source]
“Dari pada beli kenapa nggak bikin sendiri?” Begitu ungkap sang Bupati [Image Source]
Bernama AirKu (Air Kulon Progo) usaha ini berkembang sangat pesat. Tak hanya mampu menyuplai kebutuhan air warga, Airku juga mulai dipasarkan dalam bentuk kemasan air minum ke daerah sendiri dan sekitar yang lebih luas. Saat ini AirKu mulai melakukan ekspansi besar karena permintaannya yang besar. Program ini pun menyumbang banyak sekali bagi pemerintah daerah.

4. Angka Kemiskinan Kabupaten Kulon Progo Mulai Turun Secara Signifikan

Pengentasan kemiskinan juga jadi hal yang harus diprioritaskan. Hasto pun secara perlahan mengupayakan hal ini dan hasilnya sudah sangat kelihatan. Di tahun 2014 kemarin angka kemiskinan di daerahnya turun dari 22, 54 persen menjadi 16, 74 persen saja.

Di tangan Hasto kemiskinan Kabupaten Kulon Progo turun secara signifikan [Image Source]
Di tangan Hasto kemiskinan Kabupaten Kulon Progo turun secara signifikan [Image Source]
Banyak program-programnya yang terbukti ciamik mendorong kemiskinan makin turun tiap tahunnya. Diperkirakan jika kondisinya tetap stabil seperti sekarang ini, maka angka kemiskinan Kabupaten Kulon Progo akan kecil sekali. Hal ini sangat mungkin terjadi karena yang kita bicarakan adalah seorang Hasto Wardoyo yang kiprahnya sudah sangat terbukti.

5. Tak Takut Miskin Dengan Anti Rokok

Tak menampik fakta jika deretan perusahaan rokok di negeri ini menyumbang banyak sekali ke kas daerah. Entah lewat iklan-iklan billboard sampai produksi rokoknya sendiri. Sayangnya, hal ini juga berimbas pada moral serta kesehatan masyarakat. Hasto sendiri bukan tipe orang yang suka melakukan apa pun untuk memperkaya daerahnya. Yang diperhatikannya justru aspek yang lebih fundamental tadi yakni moral dan kesehatan.

Tanpa rokok justru membuat Kabupaten Kulon Progo makin stabil secara ekonomi [Image Source]
Tanpa rokok justru membuat Kabupaten Kulon Progo makin stabil secara ekonomi [Image Source]
Alhasil, ketika kita mampir ke Kabupaten Kulon Progo hampir tak ada yang namanya iklan rokok atau semacamnya. Bahkan sudah berkali-kali perusahaan rokok mendatanginya dengan tujuan numpang ngiklan saja. Namun, lagi-lagi sang Bupati menolak ini dengan alasan rokok akan berpengaruh besar kepada moral dan kesehatan masyarakat.

6. Program Kesehatan untuk Rakyat Kecil Tanpa Pandang Bulu

Untuk urusan kesehatan rakyat, Hasto sudah sejak lama memberlakukan program free of charge bagi siapa pun warga yang sakit, dengan nilai mencapai Rp 5 juta rupiah per orang. Program ini berlaku kepada siapa saja tanpa pandang bulu.

Program kesehatan rakyat jadi salah satu prestasi terbaik Hasto [Image Source]
Program kesehatan rakyat jadi salah satu prestasi terbaik Hasto [Image Source]
Tak hanya bebas biaya, Hasto juga memberikan kebebasan layanan kesehatan tanpa dibedakan menurut kelas. Jadi, rakyat miskin juga bisa diurus di kamar-kamar kelas I dan juga VIP ketika kelas lainnya penuh.

Ibarat pahlawan tanpa nama, Harto terus bekerja membuat Kabupaten Kulon Progo melesat tanpa banyak orang tahu kiprahnya seperti apa. Kalau dilihat dari banyak hal yang sudah dilakukannya di atas, sebenarnya sang Bupati sendiri juga tak kalah keren dan jumawa jika dibandingkan Ahok, Risma atau kang Emil sekalipun. Salut kepada sang Bupati, dan tetaplah melakukan inovasi sangar lainnya meskipun mata kamera tak pernah menyentuh Kabupaten Kulon Progo.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Kehancuran ini Akan Terjadi Jika Suhu Bumi Terus Meningkat Tak Terkendali

5 Muslim Ini Prestasinya Diakui Amerika, Bahkan Dunia!