in

Jauh-Jauh dari Luar Negeri ke Indonesia, 5 Bule Ini Pilih Jualan Makanan di Pinggir Jalan

Bagi kebanyakan orang luar negeri, Indonesia memiliki daya tarik tersendiri yang sangat memikat. Banyak yang penasaran ingin mengunjungi langsung tempat wisata dan menikmati pemandangan alam, serta kulinernya yang menggoda.

Bahkan saking cintanya dengan Indonesia, ada juga yang sampai menikahi orang asal Indonesia. Ada juga yang rela tinggal dan menetap di pedesaan sambil menjalani kesehariannya. Nah, berikut ini ada daftar orang bule yang tinggal di Indonesia dan berprofesi sebagai pedagang. Simak yuk kisahnya!

Bule jago Bahasa Sunda yang berjualan ikan

Potret kehidupan pria bule asal Swiss ini, menarik perhatian pemilik Channel YouTube Petualangan Alam Desaku. Pria ini bernama Michael yang menikahi wanita asal Pangandaran, Jawa Barat dan berprofesi sebagai penjual ikan.

Bule lagi bakar ikan di warung miliknya [sumber gambar]
Michael mengaku suka dan cinta dengan Indonesia, mulai dari kuliner dan suasana di pedesaan. Dalam kesehariannya, Michael berjualan ikan di warung miliknya. Bahkan, ia terjun langsung mengolah ikan bakar dan membuat sambalnya.

Penjual takoyaki ini adalah orang Jepang asli

Apa jadinya kalau di Indonesia ada yang jualan takoyaki orang Jepang asli? Pasti terlihat unik dan rasanya lebih lezat. Di Pucangsawit, Solo, ada warung takoyaki yang diolah langsung oleh orang Jepang asli, yakni Hada Hiroshi.

Pemiliki kedai ini adalah asli orang Jepang [sumber gambar]
Pria berusia 62 ini bersama istrinya, Nurul Dewi (42) bersama-sama menjalankan usaha warung takoyaki yang laris manis. Semua olahan bumbunya diracik langsung oleh Hiroshi. Selain menjual takoyaki, mereka juga menjual gyouza dan ramen. Rasanya yang khas Jepang, nggak heran deh kalau banyak yang antri.

Bule cantik penjual mie ayam

Kalau kamu berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir ke kedai Bakso Mie Ayam Telolet. Yang bikin unik adalah sang pemilik yang merupakan seorang wanita asal Belanda, Charlotte Peeters (37) yang telah menetap di Indonesia sejak 2009 lalu.

Charlotte sedang melayani pembeli [sumber gambar]
Charlotte bersama sang suami asli Yogyakarta, Arya Andika Widya Dana (37), membuka usaha mie ayam bakso, karena memang keduanya menyukai kuliner ini. Charlotte mengaku meracik sendiri menu mie ayam atau bakso yang dipesan pelanggan. Meski hingga kini ia masih terus meningkatkan cita rasa bumbunya.

Istrinya dokter, tapi bule ini berjualan kebab

Satu lagi pria asal Argentina bernama Umar bin Abdullah (24) yang berjualan kebab dan nasi kebuli di tepi jalan Antasari, Pangkalan Bun, Kab. Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Diketahui jika istri Umar adalah seorang tenaga kesehatan di rumah sakit swasta di Pangkalan Bun.

Di waktu senggangnya, Umar gemar mengaji [sumber gambar]
Sejak Juli 2020, ia mulai berjualan kebab di pinggir jalan dengan menggunakan motor. Ia mulai berjualan sejak pukul 06.00 sampai sore hari. Umar pertama kali datang ke Indonesia pada 2017 silam untuk belajar agama Islam, sebab di Argentina masih sangat sedikit warga muslimnya. Kemudian kini ia berprofesi sebagai penjual kebab.

Bule ganteng jualan kopi keliling

Josh Estey merupakan salah satu bule yang berdagang di Indonesia. Ia berkeliling menjajakan kopi menggunakan sepeda di sekitar kawasan Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat. Profesi sebenarnya adalah seorang fotografer di Jakarta.

Fotografer asal Amerika yang berjualan kopi di Indonesia [sumber gambar]
Ia berjualan untuk mengisi waktu senggangnya. Ada yang menarik dari cara dia berjualan. Tujuan Josh berjualan kopi sebenarnya bukan untuk menambah penghasilan, akan tetapi ia justru merasa prihatin melihat orang Indonesia yang gemar minum kopi instan.

BACA JUGA: Kisah Bule Tinggalkan Kehidupan di Kanada, Pilih Tinggal di Desa Indonesia dan Berkebun

Meski para bule berdagang, tetapi mereka tidak memiliki rasa gengsi sama sekali. Justru ia mencintai apa yang dikerjakannya dan menjalaninya dengan totalitas. Masa sih kita sendiri kalah dengan orang bule yang tidak malu untuk jualan, karena berdagang itu adalah pekerjaan yang mulia dibanding melakukan hal yang melenceng dari hukum.

Written by Hendra Digital

Kotoran Paus sampai Gajah, 5 Kotoran Hewan Ini Dihargai Sangat Mahal Mencapai Puluhan Miliar

Jarang Terekspos, Ini 3 Wanita yang Menjadi Istri Mendampingi Raja Salman dari Arab Saudi