in

Bukit Gombel, Wisata Semarang yang Disinyalir Sebagai Istananya Wewe Gombel

Setiap daerah pasti punya urban legend masing-masing yang terkenal di masyarakat sekitar. Kalau kamu ke Semarang, ada satu nama tempat yang harus kamu kunjungi. Adalah Tanjakan Gombel atau Bukit Gombel yang dikenal sebagai salah satu tempat angker.

Meski dari tanjakan ini kamu bisa melihat lanskap kota Semarang, ada banyak hal yang masih menjadi misteri. Salah satunya adalah banyaknya hotel yang terbengkalai karena banyak orang merasa takut bermalam. Kira-kira apa lagi ya hal yang pernah terjadi di sini. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Asal muasal pemberian nama ‘Gombel’

Kalau kamu bertanya dari mana asal nama ‘Gombel’ yang disematkan kepada daerah perbukitan ini. Konon, nama ini muncul karena seorang peziarah bernama Kiai Pandan Aran akan mengunjungi makam di Gunung Jabalkat. Saat melalui tanjakan ini, sang kiai merasa jalan tersebut sangat curam dan terjal. Saat itulah namanya disebut sebagai Tanjakan Gombel.

Tanjakan Gombel [sumber gambar]
Selain nama yang tidak tau didapatkan dari mana, di daerah ini juga ternyata banyak kuburan. Saat pemerintah Belanda, muncul gagasan untuk pembangunan jalan. Namun, penduduk asli yang dulunya merupakan orang Tionghoa menolak pemindahan kuburan. Sehingga, area tersebut hanya dikhususkan untuk tempat pemakaman keluarga penduduk setempat saja.

Tempat ini dikaitkan dengan ‘gudang’ makhluk astral, termasuk Wewe Gombel

Menurut pengakuan masyarakat sekitar, tempat tersebut merupakan rumah bagi para makhluk gaib berbagai jenis, salah satunya adalah Wewe Gombel. Sebabnya, di tanjakan ini sering sekali terjadi kecelakaan, yang merenggut korban jiwa ataupun hanya luka-luka.

Bekas hotel di bukit gombel [sumber gambar]
Masyarakat mengatakan bahwa, saat sudah ada kecelakaan atau bencana lain seperti longsor, maka dipastikan makhluk yang tinggal di sana marah karena diganggu pertapaannya. Cerita yang beredar, banyak pengendara yang sering digoda oleh sosok Wewe Gombel atau perempuan berbaju serba putih.

Cerita dari para pengguna jalan

Mengenai cerita ini kamu boleh percaya atau tidak. Tetapi alangkah lebih baiknya jika kita mendengarkan pengalaman dari mereka yang pernah mengalaminya. Melansir Hipwee.com, seorang pengendara menceritakan bahwa dirinya pernah melewati tanjakan gombel ini. Ia berkendara dari Banyumanik, mau pulang menuju ke Semarang. Ketika berada di perjalanan, ia melihat ada wanita tinggi, mengenakan baju putih gading.

Kecelakaan yang sering terjadi [sumber gambar]
Rambut panjang matanya membelalak, serta melambaikan tangan sambil berdiri di bibir sungai jalan. Ia yang merinding langsung saya tancap gas dan wanita itu malah nekat nyebrang. Sayang, ketika pria tersebut berhenti, wanita itu menghilang. Hmm, siapa dia?

Sebuah hotel di daerah bukit ini yang kemudian tutup

Berkat cerita tentang Wewe Gombel, kecelakaan yang sering terjadi, dan hal-hal menyeramkan lainnya, ada sebuah hotel yang berlokasi di atas bukit gulung tikar karena sepi pelanggan. Hotel bernama Sky Garden ini terbengkalai dan tak terurus hingga sekarang.

Bekas hotel Sky Garden [sumber gambar]
Tempat tersebut malah digunakan untuk hal-hal yang enggak baik, seperti pembunuhan, bunuh diri, hingga pemerkosaan. Yah, tambah menyeramkan dan membuat semakin angker kan?

BACA JUGA: 7 Tanjakan di Indonesia yang Sering Banget Menelan Korban Jiwa, Ada Unsur Mistis?

Tetapi, terlepas dari mitos bahwa tempat tersebut berpenghuni, keindahan kota Semarang terbentang indah saat dilihat dari atas bukit ini. Kadang digunakan oleh muda-mudi sebagai tempat pacaran, yang berakhir dengan melihat berbagai penampakan. Ya, kalau pacaran mending cari tempat lain ya, gaes.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Mengenal Sirkuit Bung Tomo, Lintasan Balap Internasional yang Dianggap Masih Berbahaya

Karena John Mayer, Bottle Cap Challenge Menjadi Tantangan Viral di Berbagai Penjuru Dunia