in

Terletak di Benua Eropa, Ternyata Bosnia Punya 3 Kemiripan dengan Indonesia

Apakah Sahabat Boombastis semua pernah mendengar nama negara Bosnia dan Herzegovina? Memang sih, namanya kurang familiar di telinga kita karena ia merupakan negara kecil di benua Eropa bagian Tenggara. Jumlah keseluruhan penduduknya hanya 4 juta jiwa saja, tak ada apa-apanya jika dibandingkan negara kita yang punya ratusan juta jiwa.

Bosnia ini bisa disebut sebagai negara yang cukup unik, karena ia punya tiga etnis utama: Serbia, Kroasia, dan Muslim Bosnia, yang masing-masing etnis punya presiden sendiri-sendiri. Tapi,walau nun jauh di benua Eropa, ternyata Bosnia memiliki 3 persamaan dengan Indonesia loh. Penasaran? Yuk, kita bahas bersama dalam ulasan berikut!

Mayoritas warga Bosnia adalah Muslim

Pada abad ke-13, Bosnia adalah negara dengan mayoritas Muslim. Mereka hidup damai dengan kaum minoritas. Pada masa itu, setidaknya ada 45 persen dari 4,7 juta warga Bosnia memeluk agama Islam. Sisanya adalah Kristen Ortodoks, Katolik, Protestan, dan lainnya, seperti dilansir dari republika.co.id. Berbeda dengan kebanyakan negara di Eropa, di Bosnia kamu bisa menemukan masjid dengan sangat mudah.

Muslim Bosnia [Sumber gambar]
Ya, Identitas agama tidak lagi terlihat mencolok karena semua berdampingan dan sangat menghargai toleransi. Sayang, pada tahun 1990-an, Muslim Bosnia dimusnahkan dengan genosida dengan dalih untuk menyatukan kembali Yugoslavia yang ketika itu sudah terpecah. Dari peristiwa pembantaian ini setidaknya ada ratusan ribu nyawa yang melayang sia-sia.

Memakai kopiah sebagai salah satu identitas

Karena dulu Bosnia dihuni oleh mayoritas Muslim, maka tak heran jika cara mereka berpakaian juga mencerminkan identitasnya. Seperti yang terlihat dalam foto di bawah ini, penutup kepala yang digunakan tersebut sangat mirip dengan kopiah yang sering dipakai di Indonesia bukan? Jika dirunut dari sejarah, topi dengan style seperti itu diadopsi dari kebudayaan Ottoman Empire/Kesultanan Utsmaniyah.

Memakai penutup kepala seperti peci [Sumber gambar]

Budaya memakai peci hitam tersebut banyak dijumpai dan dipakai tokoh-tokoh besar Bosnia di tahun 1800-an. Kalau sekarang, dalam budaya modern, mungkin sudah jarang sekali ditemukan orang yang memakai peci seperti gambar.

 Menggunakan bahasa walikan

Faktor lain yang tak kalah menarik dari negara 3 presiden ini adalah bahasanya. Para ABG di Bosnia punya bahasa sendiri untuk berkomunikasi. Di Indonesia –khususnya Malang dan Jogja– mungkin kamu mengenal Asahab Kilab (bahasa walikan), di Bosnia namanya Šatrovački. Šatrovački ini merupakan penukaran suku kata yang digunakan di negara-negara pecahan Yugoslavia. Awalnya Šatrovački digunakan oleh para penjahat, namun seiring waktu ia banyak digunakan oleh para ABG Bosnia.

Bahasa ABG Remaja Bosnia yang memakai walikan [Sumber gambar]
Contohnya nih: Brate, neću da Igram fudbal (Saya tidak ingin bermain sepak bola) menjadi Tebra, cune da Grami dbalfu. Atau untuk kalian yang pernah bisa Bahasa G dulu, di Bosnia juga ada budaya tersebut. Hanya saja, katanya dibalik dulu, lalu diberi sisipan rumus ini: U + bagian terakhir + ZA + bagian pertama + NJE, sehingga untuk vikipedija (Wikipedia) menjadi ukipedijazavinje.

BACA JUGA: Mengenang Bosnia, Negeri yang Hancur Karena Perang Agama

Meski jauh dipisah jarak bermil-mil, Bosnia memiliki 3 kemiripan dengan Indonesia, seperti yang sudah kita ulas di atas. Jika Sahabat Boombastis semua mengetahui lebih banyak hal lain yang bisa ditambahkan, silakan beri saran di kolom komentar ya!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Bukti Keretakan Rumah Tangga Gading Marten-Gisella Anastasia Telah Tercium, Netizen Syok Berat!

Turangga 4X4 APC, Kendaraan Tempur Taktis Dalam Negeri yang Menjadi Kebanggan Indonesia