in

Bikin Bangga! Bola Resmi Piala Dunia 2022 Al Rihla Ternyata Diproduksi di Madiun Indonesia

Bola Resmi Piala Dunia Al Rihla

Indonesia memang tidak masuk kejuaraan Piala Dunia 2022 yang dilaksanakan di Qatar. Namun, ada benda buatan Indonesia yang eksis di Piala Dunia 2022.

Bola resmi Piala Dunia 2022 bernama Al Rihla ternyata buatan Madiun. Bukan sekadar bola biasa, Al Rihla ini spesial karena dilengkapi teknologi canggih. Seperti apa kecanggihan Al Rihla? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Dibikin oleh produsen resmi Adidas di Madiun

Al Rihla diproduksi oleh perusahaan bernama PT Global Way Indonesia (GWI) yang berlokasi di Jalan Raya Pilangkenceng, Area Sawah/Kebun, Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Menurut situs resmi perusahaan ini, GWI bermitra dengan Adidas, PUMA, dan merek alat olahraga lainnya untuk memproduksi peralatan olahraga asli berkulitas tinggi.

Bola Resmi Piala Dunia Al Rihla
Messi menggunakan Al Rihla, bola Piala Dunia 2022 produksi Madiun. [Sumber Gambar]
GWI beroperasi sejak 2011 di Sidoarjo, kemudian pindah ke Madiun pada 2019. Pencapaian tertinggi GWI terjadi pada 2021 ketika ditunjuk sebagai rekan resmi Adidas untuk memproduksi suvenir bola Piala Dunia 2022.

Jenis dan harga Al Rihla

Rupanya, jenis Al Rihla ada beberapa dengan harga berbeda-beda pula. Sementara, bola yang digunakan untuk Piala Dunia 2022 merupakan Al Rihla Pro Ball. Menurut situs resmi Adidas, harga Al Rihla Pro Ball 165 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp2,6 juta.

Bola Resmi Piala Dunia Al Rihla
Al Rihla Club Ball seharga Rp 315.000-an. [Sumber Gambar]

Jenis Al Rihla lainnya yaitu Al Rihla Club Ball, Al Rihla Training Ball, Al Rihla League Ball, Al Rihla Pro Sala Ball, dan Al Rihla Pro Winter Ball. Harga Al Rihla paling murah 20 dolar Amerika Serikat, atau kira-kira Rp315.000. Kamu pun dapat membeli Al Rihla melalui situs resmi Adidas.

Kecanggihan Al Rihla

Al Rihla berarti perjalanan dalam Bahasa Arab. Desain Al Rihla terinspirasi dari budaya, arsitektur, kapal ikonik, dan bendera Qatar. Hal tersebut sesuai dengan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Desain bola Al Rihla mengutamakan konsep ramah lingkungan, salah satunya dengan menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air. Selain ramah lingkungan, Al Rihla juga dilengkapi dengan teknologi canggih. Bagian dalam Al Rihla dilengkapi dengan CRT-CORE yang memberikan kecepatan, akurasi, dan konsistensi sehingga geraknya bisa presisi dan cepat.

Bola Resmi Piala Dunia Al Rihla
Al Rihla, bola canggih untuk Piala Dunia 2022. [Sumber Gambar]
Bentuk bola ini juga memungkinkan untuk tahan udara maksimal serta mempunyai daya pantul akurat. Selain itu, kulit bola mempunyai tekstur makro dan mikro serta desain deboss (timbul ke dalam, kebalikan dari emboss). Efeknya yaitu bola punya kemampuan melayang dan membelok yang stabil.

BACA JUGA: 11 Fakta Piala Dunia 2022, Pemerintah Qatar Bangun Stadion dan Kota Baru Sebesar 220 Miliar Dolar

Al Rihla sendiri merupakan bola Piala Dunia produksi Adidas yang ke-14. Kecanggihan bola produksi Madiun ini memang tidak diragukan lagi.

Written by Hayu

Sempat Dielu-elukan, Inilah 5 Skandal yang Pernah Menerpa Ibu Negara Korea Selatan

Arab Saudi Diterjang Banjir Bandang, Jalanan Lumpuh hingga Sekolah Ditutup Sementara