in

Blue Java Banana, Pisang Berwarna Biru yang Punya Rasa Seperti Es Krim

Pernah melihat pisang berwarna biru? Jarang pastinya ya. Yup, karena kebanyakan pisang yang kita temukan dan makan berwarna hijau hingga kekuningan saat matang. Karena selama ini Sahabat semua belum pernah melihat pisang berwarna biru, maka kali ini Boombastis.com akan mengupas tuntas si Blue Java Banana ini.

Meskipun namanya Java, pisang ini tidak berasal dari Jawa loh. Entah apa latarbelakang penamaan tersebut, tetapi tanaman ini memang bisa tumbuh di negara bagian Asia Tenggara. Lebih jauhnya, yuk kita lihat fakta-fakta tentang si pisang.

Sudah ditanam sejak tahun 1920-an

Blue Java Banana [Sumber gambar]
Blue Java Banana ini ternyata bukanlah jenis tanaman yang baru ditemukan. Meskipun langka, ia sudah ditanam oleh para petani pisang di Hawaii sejak tahun 1920-an. Namanya memang Java, tetapi asalnya dari Hawaii dan ia bisa tumbuh di iklim tropis, seperti di Indonesia. Melansir IDNTimes.com, pohon pisang Blue Java ini termasuk jenis tanaman yang cukup toleran dan tahan dengan suhu dingin. Ukuran buah pisang varietas ini cukup besar dan bisa mencapai panjang hingga 18 cm dengan diameter yang juga cukup lebar.

Meskipun bernama Blue Java, bagian dalamnya tidak berwarna biru

Isi dalam seperti pisang pada umumnya [Sumber gambar]

Eits, jangan tertipu dulu dengan penampilan luar. Jika dilihat dari kulitnya, pisang ini memang menggemaskan, sayang banget kalau harus dimakan kan? Sebagian orang juga mungkin akan mengira kalau Blue Java akan memiliki warna biru sesuai namanya. Nyatanya tidak begitu, daging buah pisang sama seperti kebanyakan pisang pada umumnya. Blue Java ini juga punya warna yang cream kekuningan.

Punya banyak nama dan rasanya seperti es krim

Rasanya seperti es krim vanilla [Sumber gambar]
Blue Java tampak familiar karena sekilas mirip dengan pisang kapok. Melansir dari okezone.com, Blue Java yang banyak tumbuh di sisi Selatan Amerika Serikat, Australia, dan Hawaii. Pisang ini juga dikenal dengan Ice Cream Banana (Hawaii), pisang Hawaii (Fiji), Krie (Filipina), dan Cenzio (Amerika Latin). Rasanya? Sesuai nama yang diberikan oleh orang-orang Hawaii, pisang ini memiliki rasa seperti es krim Vanilla. Hal ini terjadi karena saat mencapai umur matang, buah pisang ini akan mengubah pati yang ada di dalamnya menjadi zat gula, sehingga rasa yang dikeluarkan menjadi sangat manis.

Bisa memperbaiki suasana hati dan membantu pencernaan

Pohon dan buah pisang Blue Java [Sumber gambar]
Siapa nih yang suka galau dan hatinya tak menentu? Berbeda dari pisang kebanyakan, Blue Java bisa meningkatkan suasana hati dan memperbaiki mood kamu. Di dalam pisang ini terdapat kandungan vitamin B6, yang diperlukan untuk membantu tubuh mensintesis serotoninnya sendiri. Selain itu, serat yang tidak dapat dicerna seperti selulosa, hemiselulosa dan alfaglukan yang membantu mencegah sembelit dan memulihkan serta mempertahankan fungsi usus yang teratur. Sehingga memakan pisang ini akan membuat lancar sistem pencernaan.

BACA JUGA: Kisah Lasiyo, Petani Pisang Cerdas Indonesia yang Diakui Keahliannya Oleh Ilmuwan Dunia

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menanam pisang ini di halaman rumahmu? Enggak cuma bisa diambil buahnya saat ia menghasilkan, tetapi juga bisa mempercantik halaman loh.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Lama Tak Terdengar, Beginilah Perjalanan Pulau Reklamasi yang Jadi Pro Kontra Sejak Orde Baru

4 Hal Positif yang Bakal Dirasakan Jika Grup WA Dipantau Oleh Pihak Kepolisian