in

Sering Tampil Sederhana, Inilah 4 Bukti Kalau BJ Habibie Sejatinya Kaya Raya

Nama BJ Habibie sudah tak asing lagi di telinga kita. Sejak keberhasilannya menemukan teori retakan pesawat, popularitas beliau kian melambung. Ya, meskipun Eyang menjabat jadi presiden Indonesia dengan waktu yang relatif singkat, namun jasanya pada Indonesia akan terkenang sepanjang zaman.

Masih soal BJ Habibie, siapa sangka di balik penampilan beliau yang bersahaja ternyata dirinya juga dianggap kaya. Buktinya garasi mobilnya sudah seperti parkiran di mall karena saking banyaknya kuda besi yang dimiliki. Itu hanya satu contoh, masih ada hal lain yang membuktikan BJ Habibie memang orang berada. Berikut ulasan lengkapnya.

BJ Habibie punya segudang koleksi mobil, salah satunya ada yang miliaran rupiah

Hobi mengoleksi mobil memang bukan diperuntukkan untuk masyarakat biasa, hanya orang berduit saja yang bisa melakukannya. Namun siapa sangka salah satu mantan presiden kita juga punya hobi yang serupa, dialah BJ Habibie. Meskipun penampilan “Eyang” selalu nampak sederhana, namun di kediamannya tersimpan sebuah bagasi super luas untuk menyimpan koleksi mobil-mobil mewahnya.

Beberapa youtuber Indonesia sempat berkunjung ke rumah BJ Habibie untuk melihat koleksi mobil-mobil miliknya itu. Namun saat sampai di sana semua dibuat terkejut, pasalnya tidak nampak seperti bagasi, namun lebih mirip sebuah parkiran di mall. Kebanyakan koleksi dari “Eyang” ini di dominasi oleh jenis Mercedez Benz, salah satunya ada yang seharga 6 Miliar.

Koleksi motor BJ Habibie juga sampai setengah Miliar

Tidak hanya mobil, ternyata mantan presiden kita tercinta ini juga memiliki dua motor Harley Davidson yang tak kalah mahalnya. Awalnya jarang orang yang percaya kalau eyang ini suka motor gede, namun saat dipamerkan banyak orang tertengun melihatnya. Ya, pasalnya BJ Habibie memiliki Harley Davidson pabrikan Softail Springer dan Badboy yang dijadikan koleksinya.

habibie dan motornya [image source]
Moge Softail Springer ini sendiri saat ini bisa laku sekitar 380 juta, sedangkan Badboy bisa sampai setengah Miliar. Beliau jarang sekali menggunakan moge ini, hanya waktu-waktu khusus saja, seperti saat beliau disuruh pak Harto pergi bertugas keluar kota.

Dari sejak menjabat pun sudah punya harta ratusan miliar

Kalau melihat koleksi-koleksi mewah milik eyang, nampaknya seolah tidak masuk diakal apalagi melihat penampilan beliau yang selalu sederhana. Namun jika kita runtut ke belakang, ternyata sejak menjabat jadi presiden pun BJ Habibie masuk dalam kategori kaya. Menurut majalah Majalah Fat Eastern Economic Review, saat itu beliau memiliki harta sekitar 60 juta dollar atau setara dengan 815 Miliar.

bj habibie [image source]
Dari jumlah nominal yang luar biasa itu, alhasil beliau sempat dijadikan presiden terkaya ke empat di Indonesia. Lalu dari mana saja uang itu? Ternyata beliau dulu menggeluti banyak bidang, mulai dari teknologi pertanian, pekebunan dan berapa bisnis di Batam, dari sanalah hartanya berasal.

Jangan lupa kalau beliau juga banyak memegang hak paten

Selama terjun dalam bidang teknologi terutama Aeronautika, mantan presiden BJ Habibie sudah menghasilkan banyak penemuan. Bahkan saat ini, eyang sudah mengantongi sekitar 46 hak paten dan yang paling terkenal adalah teori keretakan sayap.

banyak hak paten [image source]
Nah dari hak paten itulah eyang bisa mendapatkan royalti, apalagi mengingat kalau temuan di dunia teknologi dan science luar biasa banyak. Jadi jangan pernah kaget kalau di masa tua beliau, tidak nampak kekurangan sama sekali. Namun demikian, eyang tetap bersahaja dan sederhana.

Itulah beberapa bukti kalau memang mantan presiden kita sebenarnya juga orang yang tajir. Namun yang patut dicontoh dari beliau adalah keinginan untuk tetap membangun bangsa. Bahkan di usia tuanya itu tetap mengajak rakyat Indonesia untuk patungan membuat pesawat sendiri. Salut dengan eyang, dan semoga panjang umur.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

8 Band Ini Ditinggal Pergi Sang Vokalis, Ada yang Nasibnya Memilukan

Diputusin karena Gendut, Perubahan Pria Ini Bikin Mantannya Mewek Minta Balikan