in

Waspadai Bisul Pemakan Daging, Penyakit Mengerikan yang Sudah Mulai Menyebar di Dunia

Akhir-akhir ini, benua tetangga kita yaitu Australia sedang marak dengan adanya suatu penyakit langka. Penyakit tersebut bernama bisul pemakan daging. Di sana yang banyak terserang buruli ulcer ini adalah anak-anak dan remaja. Awalnya itu terlihat seperti bisul biasa, namun lama kelamaan berubah menjadi luka parah dan memakan daging di sekitarnya.

Sungguh menyeramkan ya melihat penyakit yang satu ini. Memang sih bisul ini belum ada di Indonesia, akan tetapi tidak menutup kemungkinan kalau virusnya bisa datang ke negara kita. Jadi kali ini Boombastis.com akan mengulas lebih lanjut apa itu bisul pemakan daging.

Penyakit ini bisa serang tubuh dari hal yang sepele

Bisa berawal dari gigitan serangga [Sumber Gambar]
Pasti kalian penasaran bagaimana bakteri ini bisa menyerang tubuh manusia. Ya, karena baru kali ini ada penyakit yang sejahat itu dan memakan daging manusia secara perlahan. Jadi, penyakit bisul pemakan daging ini bisa menyerang tubuh ketika orang sedang terkena cedera. Nah, dari situlah ia masuk dan mulai menggigiti daging sampai kulit si penderita mengelupas. Bahkan, ia juga bisa menghancurkan otot serta jaringan lemak jika sudah terlalu parah. Selain itu bisul pemakan daging ini bisa saja tersebar melalui gigitan serangga ataupun kulit sedang lecet. Maka, berhati-hatilah kalian yang sedang mengalami luka di tubuh, harus segera diobati.

Gejalanya seperti masuk angin pada umumnya

Gejalanya seperti masuk angin biasa [Sumber Gambar]

Ketika kalian terjangkit pemyakit bisul pemakan daging ini pasti akan merasakan hal yang aneh di tubuh. Biasanya itu berlangsung sekitar beberapa jam setelah terkena penyakit tersebut. Gejalanya mirip dengan masuk angin seperti mual, muntah, pusing, demam, badan terasa panas dingin, dan rasa haus berlebihan karena dehidrasi. Tapi, jika gejala-gejala tersebut dibiarkan, biasanya akan muncul ciri-ciri yang lebih parah. Misalnya rasa sakit yang tidak tertahankan pada luka dan terdapat lepuhan atau bintik hitam di sekitar cedera. Jadi jangan pernah untuk menyepelekan gejala-gejala di atas ya. Segera diperiksakan ke dokter agar bisa ditangani lebih lanjut.

Kalau gejala tetap dibiarkan, maka akan mengalami luka yang sangat parah

Terdapat ruam keunguan [Sumber Gambar]
Biasanya orang-orang akan malas memeriksakan ke dokter kalau lukanya belum terlalu parah. Nah, ini sebaiknya jangan dilakukan ya kalau gejalanya mirip seperti di atas. Karena itu akan menyebabkan bakteri semakin berkembang biak. Ciri-cirinya adalah adanya pembengkakan yang disertai dengan ruam keunguan. Kemudian pada kulit akan menjadi lecet berisi cairan yang baunya sangatlah busuk. Lalu, kalian akan mengalami tekanan darah yang menurun drastis dan kehilangan kesadaran. Cukup parah bukan?

Hampir semua orang bisa terjangkit penyakit ini

Orang yang suka minum miras akan mudah terjangkit [Sumber Gambar]
Walaupun di Australia yang terserang penyakit ini rata-rata adalah anak-anak, tapi ternyata bisul pemakan daging ini dapat menjangkiti siapa saja. Tapi hanya orang yang memiliki ciri-ciri tertentu seperti yang terlalu sering mengonsumsi minuman keras, kekurangan gizi, baru menjalani operasi, daya tahan tubuh lemah dan obesitas. Nah, bisa disimpulkan nih kalau yang terserang penyakit bisul pemakan daging ini tidak akan menyerang orang berpola hidup sehat. Sehingga kalian harus mulai hidup sehat mulai dari sekarang ya.

Tapi tenang, ada pencegahan kok supaya tidak terserang bisul pemakan daging

Harus segera obati luka [Sumber Gambar]
Penyakit yang terlihat menyeramkan ini ternyata bisa dicegah kok. Dilansir dari hellosehat.com, cara terbaik yang harus kita lakukan adalah harus segera mengobati luka dan jangan sampai untuk ditunda. Walaupun itu hanya tergores, segera saja dibersihkan dan diberi perban supaya lukanya tidak menjadi infeksi. Kalau lukanya besar dan cukup dalam, segera diperisakan ke dokter. Karena cedera sepert itulah yang sangat disukai oleh bisul pemakan daging.

Nah, sudah tahu kan apa itu bisul pemakan daging? Dari penjelasan di atas, sudah bisa disimpulkan kalau kita tidak boleh yang namanya menyepelekan luka. Cedera sekecil apapun harus segera diobati supaya tidak terjangkit bisul pemakan daging. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa cara pencegahan yang sudah dijelaskan di atas.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

11 Tweet Kocak Abis Bude Sumiyati yang Membuatmu Pengen Hijrah dari Bumi

Mengenang Azwar Anas, Ketua PSSI yang Paling Berprestasi Meski Kontroversi