in

Sengketa Harta Rp672,61 Triliun, 5 Bisnis Ini jadi Sumber Uang Warisan Eka Tjipta Widjaja

Freddy Widjaja mendadak jadi sorotan setelah menggugat hak atas warisan dari almarhum ayahnya, pendiri Sinar Mas Group Eka Tjipta Widjaja, pada kelima kakak tirinya. Jika ditotal secara keseluruhan, nilai aset perusahaan yang disengketakan Freddy tersebut mencapai Rp672,61 triliun.

Semasa hidupnya, sosok Eka Tjipta Widjaja memang dikenal sebagai salah satu konglomerat Indonesia. Mendirikan Sinar Mas sejak 1938, taipan yang memulai usahanya dari bawah itu sukses mencetak perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di sektor industri. Beberapa di antaranya memiliki aset triliunan rupiah. Apa saja? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Bisnis di bidang pulp dan kertas lewat PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia

Kantor PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia [sumber gambar]
Sinar Mas mampu mendulang pundi-pundi rupiah lewat PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM) di Mojokerto, Jawa Timur pada 1972, melalui Asia Pulp & Paper (APP) sebagai salah satu lini usaha. Perusahaan ini juga memiliki usaha PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP), yang mampu mencetak laba bersih $16,51 juta pada 2019. Total, keduanya memiliki aset sebesar $2,96 miliar atau Rp44,47 triliun dan $8,75 miliar atau Rp131,26 triliun.

PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk di sektor agribisnis dan makanan

Pabrik PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk [sumber gambar]
Di sektor agribisnis dan makanan, Sinar Mas juga berjaya lewat PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk yang mampu mencetak laba kotor Rp4,63 triliun pada 2018. Dengan asetnya yang mencapai Rp29,31 triliun, perusahaan ini termasuk pengelola perkebunan kelapa sawit terintegrasi yang terbesar di dunia.

Perusahaan properti Sinar Mas Land

Sinar Mas Land [sumber gambar]
Perusahaan Sinar Mas Land dikenal sebagai kontraktor yang membangun banyak infrastruktur seperti kawasan komersial dan industri, kota mandiri, resor wisata, hotel, hingga perumahan. Asetnya sendiri tercatat sebesar $7,75 miliar atau setara Rp116,36 triliun (saat kurs Rp15 ribu per dolar AS).

PT Sinar Mas Multiartha Tbk yang cetak laba kotor sebesar Rp1,64 triliun

RUPS PT Sinar Mas Multiartha Tbk [sumber gambar]
Selain industri dan manufaktur, Sinar Mas juga masuk ke bisnis keuangan lewat PT Sinar Mas Multiartha Tbk. Perusahaan yang menyediakan layanan perbankan, asuransi, pembiayaan nasabah, dan permodalan ini, memiliki aset sebesar Rp100,66 triliun dan mencetak laba kotor mencapai Rp1,64 triliun.

Aset perusahaan lainnya yang hasilkan puluhan triliun rupiah

Salah satu sudut pabrik PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry [sumber gambar]
Selain keempat perusahaan di atas, Sinar Mas juga punya aset di PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry sebesar $1,99 miliar atau Rp29,96 triliun, Paper Excellence BV Netherlands Rp70 triliun, PT Golden Energy Mines Tbk $780,64 juta atau setara Rp11,7 triliun, Asia Food and Properties Limited sebesar Rp80 triliun, PT Bank China Construction-Bank Indonesia Tbk sebesar Rp16,2 triliun, dan China Renewable Energy Investment Limited senilai 2,79 miliar dolar Hong Kong yang setara Rp5,3 triliun.

BACA JUGA: Eka Tjipta Widjaja, Pendiri Sinarmas Group yang Sempat Jualan Barang Bekas Zaman Penjajahan

Semua kekayaan tersebut membuat nama Eka Tjipta Widjaja masuk sebagai salah satu konglomerat di Indonesia. Berdasarkan catatan Forbes, ia memiliki harta sebesar $9,6 miliar atau sekitar Rp135,14 triliun pada 2019. Semua aset tersebut telah diwariskan kepada keluarganya dan kini jadi sorotan setelah sang anak, Freddy Widjaja yang menggugat harta tersebut.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Alasan Kocak Kenapa Upacara Online itu Malah Bagus untuk Siswa dan Mesti Dilanjutkan

Layak Dicoba! Cara Tanam Pepaya dalam Pot yang Mudah dan Berbuah Lebat